Tanggulangi Kemiskinan Ektrim Sektor Pertanian, Bappeda NTB Adakan Seminar Nasional


DR. Ketut Budastra ( Akademisi Unram ) dan DR.H.Iwan Harsono ( Tim Ahli TKPK )  NTB dipercaya sebagai Pembahas

BidikNews – Dalam rangka percepatan penurunan jumlah penduduk miskin di NTB, maka prioritas intervensi dilakukan terhadap penanggulangan kelompok miskin ekstrim. Untukmeningkatkan kapasitas dalam penanggulangan kemiskinan ektrim sector pertanian dalam hal ini TKPK Provinsi NTB bersama BPS akanmenyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “ Kemiskinan Ekstrim di Sektor Pertanian” melalui kolaborasi dengan TNP2K. Seminar tesebut rencananya akan dilaksanakan pada, Selasa, 19 Juli 2022 bertempat di Hotel Lombok Astoria Selaparang Mataram. NTB.

Hal tersebut diungkapkan DR. H. Iwan Harsono selaku Tim Ahli TKPK NTB sekaligus dipercaya sebagai pembahas dalam seminar terseut bersama DR. DR. Ketut Budastra Akademisi Universitas Mataram.

Dijelaskan DR. H.Iwan Harsono,Sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan yang memuat komitmen global untuk menghapuskan kemiskinan ektrim pada tahun 2030 mendatang, maka Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) ditugaskan untuk memimpin upaya percepatan penanggulangan kemiskinan ektrim menjadi nol porsen pada tahun 2024. Ini berarti enam tahun lebih cepat dari pada sasaran global dalam SDGs yang menargetkan penghapusan kemiskinan ektrem secara global pada tahun 2030.

Tujuan diadakannya seminar Nasional ini jelas Iwan Harsono antara lain, mengupas isu kemiskinan ekstrim yang terjadi di sector pertanian khususnya petani klonvensional dan petani gurem, selain itu juga bertujuan untuk mensosialisasikan persiapan kegiatan sensus pertanian 2023 sekaligus sebagai rangkaian hari statistic Nasional tahun 2022.” jelasnya.


Dari tujuan tersebut kata Dosen senior Universitas Mataram ini, maka output yang diaharapkan dari seminar nasional ini adalah terwujudnya penyelesaian isu kemiskinan ekstrim yang terjadi di sector pertanian khusnya petani koinvesnsional dan petani gurem serta terlaksananya kegiatan sensus pertanian yang akan dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang.

Dalam seminar Nasional ini juga hadir sebagai nara sumber antara lain, Kepala Bappeda NTB, DR. Ir. H. Iswandi, M.Si, dan DR. Ardi Adji, M.Si serta Dr. Meindra Sabri, S.Si, M.SE masing-masing sebagai pemateri TNP2K dan BPS RI.

Sedangkan Keynote Speech pembukaan seminar nasional ini dipercaya kepada Deputi Bidang Statistik Sosial BPS RI, DR. Ateng Hartono SE, M.S

Pewarta : dae Ompu
Editor  : BN-007

0 Komentar