7 (Tujuh) Hafidz Qur`an Jadi Imam Sholat Taraweh di Masji Al Achwan Mataram, Dua Diantaranya Hafidz Muda Asal GPI

Al Hafidz Dodi Nurirfan (peci putih) dan Al Hafidz Mujaddid Al Qayyim (peci Hitam)

BidikNews.net – Mataram,NTB
- Dua Hafidz muda dari 7 (tujuh) Hafidz itu merupakan hafidz muda kelahiran Griya Pagutan Indah (GPI) Mataram NTB yang ditunjuk Pengurus Takmir dan panitia untuk menjadi imam sholat tarawih selama bulan Ramadhan 1445 H/2024 M berlangsung. Keduanya diberi kepercayaan sebagai imam sholat taraweh sebagai bagian dari program regenerasi imam yang dicanangkan Takmir Masjid Al Achwan.

7 (tujuh) Hafidz yang akan mengimami shoplat taraweh di masjid Al Achwan Lingkungan Griya Pagutan Indah(GPI) Keluarahan Pagutan Barat Kecamatan Mataram Kota Mataram NTB itu antara lain,: 

1. Al Hafidz Mujaddid Al Qayyim

2. Al Hafidz Dodi Nurirfan 

(kedua Al Hafidz diatas merupakan putra-putra kelahiran Lingkungan Griya Pagutan Indah –GPI Mataram) 

3. Al Hafidz Ustadz Al Amin,

4. Al Hafidz Ustadz Muhammad Adnan, 

5. Alhafidz Ustadz Mulyadi, 

6. Al Hafidz Ustadz Fawaid, serta 

7. Al Hafidz ustadz HL. Ibrahim Lukman.

Penunjukkan para Hafidz sebagai imam sholat teraweh di Masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah Mataram sudah berlangsung sejak 5 tahun lalu disetiap bulan Ramadhan dan akan terus berlanjut seiring dengan hadirnya para calon hafidz muda di Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Para generasi islam yang berasal dari Lingkungan Griya Pagutan Indah sendiri berdasarkan informasi yang dihimpun media ini menyebutkan terdapat sejumlah calon Hafidz muda yang tengah menyelesaikan studi Quran sebagai Al Hafidz di berbagai pondok pesantren disejumlah daerah. 

Dengan bertambah para hafidz muda saat ini harus dihormati sebagai wujud semangat para generasi islam untuk belajar menghafal sekaligus memahami akan ayat-ayat suci Al Qur`an sebagai bekal untuk kemaslahatan ummat.

Ada Keutamaan dan Kebaikan bagi penghafal Al Qur`an, Kata Imam Besar Masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah, Ustadz Drs. H.Muhammad Nasikhin, MA.

Keterangan Foto: dari kiri : Prof. DR. H. Maimun Zubair, M.Pd, Ustadz Drs. H. Zaenal (tengah) dan Ustadz Drs, H.Muhammad Nasikhin, MA. Foto kanan :  Al Hafidz Dodi Nurirfan (peci putih) dan Al Hafidz Mujaddid Al Qayyim (peci Hitam)

Keutamaannya, karena penghafal Al- Qur'an adalah orang yang dipilih oleh Allah SWT sebagai salah satu hambanya di dunia untuk menjaga keaslian Al-Qur'an. Sedangkan Kebaikannya, karena menghafal Al-Qur'an akan mendapat pahala yang besar di akhirat kelak.

Dijelaskan Ustadz Drs, H.Muhammad Nasikhin, MA. bahwa Penghafal Al Quran dijanjikan oleh Allah SWT mendapatkan derajat yang tinggi, pahala yang besar karena telah membaca dan menghafalnya, serta mendapatkan penghormatan diantara sesama umat manusia di dunia. Menjadi seorang penghafal Al Quran sungguh spesial dan banyak syafaat yang bisa diraih,” Ujar Dosen senior UIN Mataram itu.

Media ini juga menghimpun sejumlah informasi, bahwa animo umat Islam di NTB untuk menghafalkan Al-Qur’an saat ini mengalami tren positif yang cukup signifikan. Seiring dengan peningkatan tren ini, banyak organisasi dan komunitas yang membuat lembaga tahfidzul Qur’an untuk menampung keinginan masyarakat serta orang tua yang menginginkan anaknya menjadi hafiz ataupun hafizah.  

Terkait dengan fenomena ini, Ketua Takmir Masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah Mataram, Prof. DR. H. Maimun Zubair, M.Pd mengharapkan agar para penghafal Quran berbahagia karena Alla Ta`ala telah memilih para Hafidz dan hafidzah menjadi ahli Al Quran yang setiap hurufnya mengandung keberkahan, siapapun yang mengkajinya maka Al Quran akan memantulkan kemilau hidayah indah kepadanya sebagai pedoman kehidupan.

Prof. DR. H. Maimun Zubair, M.Pd juga berharap agar para Hafidz Qur`an yang akan menjadi imam sholat taraweh di masjid Al Achwan GPI Mataram juga harus berbahagia karena telah diberikan kemampuan membacanya dan menghafalnya serta telah mendapatkan kesempatan emas serta kenangan indah bersama Al Quran, karena sejatinya Qalam Allah ini adalah teman setia selaman lamanya.

“Saya dan seluruh jamaah muslim merasa bangga dengan hadirnya para hafidz Qur`an untuk berpartisipasi dalam mengisi kegiatan ibadah tarawih di masjid Al Achwan pada bulan Ramadhan 1445 H/2024 M ini. " ujar Prof. DR. H. Maimun Zubair, M.Pd.

Dikahir, Ketua Takmir Masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah Mataram, Prof. DR. H. Maimun Zubair, M.Pd mengungkapkan bahwa pada Minggu,10 Maret 2024 warga muslim GPI bergotong royong membersihkan area masjid dan sekitarnya, sebagai wujud kegemberiraan menyambut datangnya bulan suci Ranadhan 1445 H/2024 M.” ujar Guru Besar UIN Mataram itu.

Pewarta: Dae Ompu.


0 Komentar