PT STM Temukan Tembaga Terkemuka Dunia, Tambang Hu`u Miliki Cadangan Emas Berlimpah

Aktfitas Eksplorasi PT STM di lokasi wilayah proyek Tambang Hu`u. Foto : Repro BidikNews.

Kemakmuran menjadi idaman seluruh rakyat termasuk rakyat kabupaten Dompu. Kehadiran PT Sumbawa Timur Maining (STM) di Proyek Tambang Hu`u Kabupaten Dompu menjadi inspirasi dan motivasi masyarakat untuk melihat jauh kedepan menatap kemajuan daerah yang lebih baik.


BidikNews - Temuan Tembaga terkemuka dunia serta cadangan emas yang berlimpah oleh PT. STM di Tambang Hu`u telah memberikan sejuta harapan dan mimpi mimpi indah rakyat di daerah dompu, untuk menghantarkan rakyat yang makmur dan sejahtera.

Tak heran jika nantinya hasil tambang Hu`u akan menjadi “surga” bagi seluruh rakyat diwilayah itu. Tentunya PT. STM juga akan memastikan bahwa sikap adil dan bijaksana akan dikedepankan.

Salah satu alasan mengapa pertambangan tembaga menjadi sumber kemakmuran rakyat, karena didalam kandungan tembaga terdapat emas memiliki nilai yang sangat tinggi.  Sudah bukan rahasia lagi bahwa wilayah kecamatan Hu`u Kabupaten Dompu adalah salah satu wilayah dengan cadangan emas yang melimpah.

Memang tak bisa juga dipungkiri aktivitas pertambangan akan memberikan keuntungan yang lebih banyak kepada perusahaan pengelolaan, akan tetapi harus tetap digaris bawahi bahwa prinsip kegiatan pertambangan tembaga dan emas semata mata yang menjadi prioritas utama dihajatkan untuk kemakmuran rakyat.

Communications Manager PT STM Agus Hermawan bersama awak media dalam suasana yang penuh keakraban. Foto : Repro BidikNews

Temuan sumber daya mineral pada Proyek Tambang Hu`u oleh PT. STM ini merupakan temuan paling penting dalam sejarah industri pertambangan nasional selama 10-15 tahun terakhir.  Hal tersebut disampaikan oleh PT STM ke publik pada 19 Februari 2020 oleh laman www.sumbawatimurmining.co.id.

Tentunya apa yang disampaikan pihak STM ini merupakan kabar bagus bagi daerah, khususnya dan Indonesia umumnya. Bagaimana tidak, jika potensi tambang di Hu’u dieksploitasi akan memberikan pemasukan besar bagi masyarakat sekitar, daerah dan juga negara.

Hal tersebut juga di ungkapkan Communications Manager PT STM Agus Hermawan. Dijelaskannya, Proyek Hu`u adalah tambang Tembaga. Sebagian besar kandungan mineral di Hu`u adalah tembaga, emas biasanya ada dalam jumlah kecil. Sudah sifat alam kalau ada tembaga biasanya ada mineral ikutannya yaitu emas.

Terkait pembagian royalty dari hasil kegiatan proyek tambang Hu`u ini, Agus Hermawan mengungkapkan, apabila sampai ke tahap produksi, pemerintah akan mengatur mengenai pembagian royalti pemerintah pusat dan daerah. Ini berarti  bahwa PT STM akan mengikuti aturan yang ada tersebut. Selain royalti dan pajak kepada pemerintah yang nantinya akan menjadi pendapatan pemerintah untuk biaya pembangunan.

Kehadiran PT STM juga akan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat berupa lapangan kerja, kesempatan bisnis (dengan PT STM maupun usaha sendiri) dan kegiatan pengembangan masyarakat yg langsung dilakukan PT STM, bahkan dari saat ini meskipun masih dalam tahap eksplorasi.” Jelas Agus Hermawan.

Oleh karena itu, Agus Hermawan mengharapkan dukungan semua pihak baik itu pemerintah pusat, daerah, dan masyarakat khususnya masyarakat Kab Dompu untuk menciptakan iklim investasi yg kondusif.

Agus Hermawan juga mengatakan bahwa Komitmen PT STM untuk menjadikan proyek Huu sebagai aset penting nasional yang akan menjadikan Indonesia sebagai salah satu produsen tembaga terkemuka dunia dan memberikan manfaat ekonomi bagi seluruh rakyat Indonesia dan kemakmuran untu masyarakat Dompu khususnya.

Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT

Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST, MT memberikan apresiasinya kepada PT STM yang telah hadir untuk berinvestasi besar di kabupaten Dompu. Tentunya, investasi yang besar ditanamkan PT STM dalam melakukan kegiatan eksplorasi tambang mineral ini dapat memberi dampak maksimal bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah.

Syarul juga menghaparkan agar PT STM terus  melanjutkan program pemberdayaan dan pendampingan kepada masyarakat sebagaimana yang sudah dilakukan selama ini bagi masyarakat lingkar tambang.

Ia juga mendorong PT STM untuk bisa bersama pemerintah daerah (Pemda) Dompu menyiapkan SDM yang memiliki skil dengan kehadiran BLK di Kabupaten Dompu dan pemberian beasiswa bagi masyarakat, sehingga masyarakat dompu tidak menjadi penonton di daerahnya sendiri,” harapnya.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc saat melakukan kunjungan kerja ke PT. Sumbawa Timur Mining (STM), Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, NTB  menyatakan bahwa salah satu kecamatan di Kabupaten Dompu, yaitu Kecamatan Hu'u memiliki potensi daerah yang luar biasa untuk dikembangkan.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, M.Sc. Foto : Repro BidikNes

"PT STM ini bukan hanya akan terlibat pada penambangan tembaga dan emas tetapi juga akan mengembangkan Project Geothermal yg luar biasa. Hu'u ini luar biasa potensinya," ungkap Bang Zul.

Ia berharap agar PT STM terus melakukan sosialisasi ke masyarakat sehingga dapat meminimalisir terjadinya miskomunikasi dan sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan partisipasi pekerja dan kontraktor lokal.

Pada kesempatan terpisah Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah meminta kepada pihak PT. Sumbawa Timur Mining (STM) agar memperhatikan standar lingkungan yang baik di sekitar wilayah tambang. Terutama menjaga  kelestarian hutan lindung, karena menjaga kelestarian hutan adalah salah satu program unggulan pemerintah Provinsi NTB yang terus didorong hingga saat ini.

Selain itu Wagub NTB juga menegaskan kepada pihak PT STM untuk memperdayakan segala potensi yang dimiliki oleh SDM dan tenaga lokal. Jangan sampai mereka hanya jadi penonton di tanah sendiri, beri mereka kesempatan untuk mengasah kemampuan. Hal itu tentu harus didukung dengan berbagai program latihan yang difasilitasi oleh pihak PT STM.

Wagub NTB ketika menerima jajaran direksi PT STM di di Mataram

Menanggapi hal itu, Principal Government Release PT. STM, Yuyud Indrayudi  menyambut baik harapan itu. Karena menurutnya, keterlibatan SDM lokal menjadi salah satu konsen perusahaan selama menjalankan kegiatan eksplorasi atau penelitian.

Menjaga kelestarian alam dan hutan lindung di sekitar wilayah Tambang merupakan komitmen pihak perusahaan, termasuk melakukan penanaman kembali sejumlah tanaman/pohon di lokasi yang telah digunakan untuk eksplorasi.” Ujar Yuyud.


Pewarta : Tim BidikNews
Editor    : BN-007


0 Komentar