Semen Beku Sapi Bali Prospek yang Menjanjikan Penyumbang PAD NTB

Gubernur NTB, DR. H. Zulkieflimanysah dengan bangga menyaksikan Sapi Bali di yang terus berkembang di NTB

Balai Inseminasi Buatan Daerah (BIBD) NTB merupakan salah satu BIB Daerah yang turut mengambil bagian dalam menyediakan Semen Beku di samping BIB Nasional seperti BBIB Singosari dan BIB Lembang. Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mengatakan bahwa plasma Nutfah sapi Bali ini akan terus dikembangkan oleh pemerintah sehingga akan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.


BidikNews - Produk Semen Beku yg dihasilkan oleh BIBD NTB telah melalui proses Sertifikasi sehingga memperoleh sertifikat SNI 9001 - 2015 dan layak didistribusikan ke masyarakat sesuai dengan amanat UU 41/2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan serta sejumlah regulasi turunan lainnya yang mengatur syarat peredaran Semen Beku bagi usaha peningkatan populasi dan produksi sapi dan kerbau di Indonesia. Hal itu dijelaskan Kepala Balai Inseminasi Buatan (BIB) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB Muhammad Nur, S.Pt, M. Si di Mataram.

Diungkapkan Muhammad Nur, Dalam upaya tersebut peran BIBD NTB sebagai Produsen Semen Beku Sapi Bali telah melakukan distribusi produk ke semua Kabupaten/ Kota se NTB guna mendukung pelaksanaan Program Nasional Sikomandan.” Jelasnya.

Sinergitas Program antara Pusat dan Daerah khususnya di NTB, BIBD NTB sebagai Produsen Semen beku tentunya memiliki implikasi terhadap Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari penjualan semen beku.” Lanjutnya.

Kepala BIBD NTB, Muhammad Nur, S.Pt, M. Si Ketika melakukan uji petik pada Kelompok Beriuk Berajak Desa Murbaya Kabupaten Lombok Tengah bersama Petugas Inseminator dan peternak

Muhammad Nur juga menjelaskan, bahwa Kontrak Pengadaan semen beku antara Ditjen PKH dengan BIBD NTB sebagai Produsen Semen beku sebanyak 27 ribu dosis telah dilakukan uji petik oleh Tim Dari Direktorat Perbibitan Ditjen PKH pada beberapa kelompok ternak di Kabupaten Lombok Tengah untuk melihat distribusi produk dan kegiatan pelayanan IB pada sejumlah akseptor.

Hasil  Uji Petik di Kelompok Beriuk Berajak Desa Murbaya Kabupaten Lombok Tengah dengan Petugas Inseminator maupun peternak Rabu, 16 Maret 2022 kemarin, didapatkan bahwa rata2 Service per Conseption untuk Sapi Bali yg telah dilakukan IB adalah 1.’ Katanya.

Ia memastikan bahwa, Upaya mempertahankan kualitas produk akan tetap dilakukan oleh BIBD NTB sehingga mampu meningkatkan kualitas genetik sapi Bali di NTB dalam mempertahankan plasma Nutfah yg sesuai dengan kearifan local” ujar Muhammad Nur

Muhammad Nur berketyakinan bahwa usaha bersama akan mempercepat terwujudnya peternakan yang Maju, Mandir dan modern.

“Insha Allah semangat dan usaha kita bersama akan mempercepat terwujud nya harapan kearah peternakan MAJU, Mandiri dan Modern” kata M. Nur dengan nada yakin.


M. Nur juga menjelaskan bahwa saat ini untuk Produk BIBD NTB adalah sapi Bali, sebab Potensi khas produksi BIBD NTB semen beku Sapi bali sebagai unggulan tentunya dengan kualita. Sementara untuk sapi jenis eksotik dan Simental tetap akan dilaksanakan seiring berjalannya waktu. Upaya tersebut berjalan simultan untuk Pejantan Simental hasil TE, namun saat ini dalam proses Sertifikasi sehingga siap diedarkan ke masyarakat.

Keunggulan Sapi Bali kata M. Nur, harus dapat dipertahankan melalui upaya peningkatan kualitas produk, karena itu plasma Nutfah sapi Bali harus tetap dilestarikan walaupun disisi lain permintaan terhadap semen beku eksotik semakin meningkat, perlu upaya Pewilayahan dan pemetaan lokasi pengembangannya,” ujar M. Nur.

Ia berharap dukungan semua pihak sehingga semen beku Sapi Bali menjadi prospek bagus sebagai penyumbang PAD NTB kedepannya. Semoga.


Pewarta : Tim BidikNews
Editor : BN-007

0 Komentar