Pasca Kerusuhan Mereje, Pemerintah Bantu Warga yang Kehilangan Tempat Tinggal


BidikNews
– Pasca Kericuhan yang terjadi di Desa Mareje, Kabupaten Lombok yang menyebabkan sejumlah warga kehilangan tempat tinggal membuat Ketua DPRD Kabupaten Lombok Barat Hj Nurhidayah angkat bicara. Ia mengatakan, akan berkomunikasi dengan pemda untuk memberikan dukungan untuk membangun kembali rumha-rumah yang telah habis dilalap api itu.

Rencana pembiayaannya akan diambil dari anggaran APBD. “Itu nanti bisa diambilkan dari anggaran di APBD ataupun donator,” kata Hj. Nurhidayah kepada wartawan, Kamis (5/5/2022).

Politisi Partai Gerindra ini mengatakan, anggaran dapat diambilkan dari dana di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Barat ataupun dari dana tak terduga lainnya. Yang diutamakan, perbaikan rumah itu dapat segera dilakukan, agar warga yang kehilangan tempat tinggal segera memiliki kembali ke rumah masing-masing,” jelas Politisi Gerindra itu..

Selain itu kata Hj. Nurhidayah adalah, mengintensifkan pendampingan sosial bagi warga terdampak konflik. Termasuk warga dan anak-anak yang mengalami trauma akibat peristiwa tersebut. Selain fisik, yang juga harus kita perhatikan adalah psikologis,” kata Hj. Nurhidayah.


Sebelumnya, Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol Artanto menjelaskan, berdasarkan hasil koordinasi pembicaraan Kapolda NTB bersama Gubernur dan Bupati Lombok Barat, bahwa direncanakan membantu warga yang terdampak dan membantu membangun kembali bangunan yang terbakar akibat aksi massa.

“Rumah - rumah yang rusak akibat konflik tersebut akan dibantu pembiayaan perbaikannya oleh pemerintah daerah.” Kata Artanto.

Pewarta : Tim BidikNews
Editor  : BN-007

0 Komentar