Umat Budha Terharu Campur Bahagia, Perayaan Waisak di NTB Berlangsung Aman dan Lancar,


BidikNews
- Di tahun 2022 ini, umat Buddha di NTB memperingati Hari Raya Waisak yang jatuh pada Senin (16/5/2022). Hari Raya Waisak sendiri dirayakan setiap satu tahun sekali setiap bulan Mei dan saat terjadi bulan purnama.Waisak memiliki nama lain yakni Vesak atau Vaishakha yang diambil dari bahasa Sanskerta.

Hari Raya ini dirayakan oleh semua umat Buddha dengan berbagai perayaan khusus. Di antaranya ada yang memberikan makan kepada para biksu, hingga melakukan pelepasan burung.

Makna Trisuci Waisak ini, Yang pertama ialah soal lahirnya Siddharta Gautama, kemudian Siddharta Gautama mendapat penerangan, dan terakhir wafatnya Sang Buddha.

Pantauan BidikNews di Kota Mataram dan Lombok Barat Provinsi NTB perayaan waisak yang jatuh pada Senin (16/5/2022) itu berlangsung lancar aman dan sukses.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto SIK M.Si, kepada wartawan mengatakan, seperti perayaan keagamaan yang lain, seperti lebaran, Kuningan, Kenaikan Isa Al-Masih dan lain sebagainya menjadi tugas Polisi untuk memastikan perayaan tersebut berjalan lancar.

“Mengingat kegiatan waisak sangat sakral bagi umat Budha di NTB, tentunya kelancaran dan keamanan perayaan tersebut menjadi tugas bagi Polisi, tak terkecuali Polda NTB.” Kata Kombes Pol Artanto SIK M.Si.

Perayaan Waisak ini, berbagai cara di lakukan untuk memberikan rasa aman bagi umat yang merayakannya.

"Usai kegiatan Dharmasanti Trisuci Waisak yang diawali dengan puja Bhakti Waisak / sembayang dan meditasi Waisak masyarakat sekitar Vihara tersebut mendapat bingkisan berupa paket sembako dari pengurus Vihara," ujarnya.

Kapolsek Sandubaya Kompol Moh Nasrullah SIK bersama Ketua pengurus Vihara Dhamma Susena Erik Kang Prabowo membagi sejumlah paket sembako yang diperuntukan kepada masyarakat yang tinggal di sekitar Vihara.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto SIK M.Si, menggambarkan seluruh rangkaian ibadah Trisuci Waisak berlangsung aman serta menerapkan protokol kesehatan.

"Di Sandubaya, sekitar 60 orang umat Budha yang di pimpin pandita Hema Putri melakukan perayaan dan ibadah di Vihara Dhamma Susena, pengamanan dari kepolisian, Polsek Sandubaya menempatkan 7 personil untuk mengamankan jalannya ibadah Trisuci Waisak tersebut, begitu juga di tempat lain," kata Artanto.

"Alhamdulillah perayaan Waisak di NTB berjalan lancar dan aman, mudah-mud koahan kondisi ini tetap terjaga, agar suasana Kamtibmas dapat dirasaka oleh semua orang," ujar Kombes Pol Artanto SIK M.Si.


Ditempat terpisah, Pelaksanaan Ibadah Waisak di Desa Mareje Lombok Barat Senin (16/5/2022) mendapat pengamanan dari personel Polres Lombok Barat Polda NTB dan TNI.  Forkopimda Lombok Barat juga ikut turun langsung melakukan peninjauan di Desa Mareje, untuk memastikan kegiatan ibadah berjalan aman dan lancar.

Kapolres Lombok Barat, AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK menegaskan menyiapkan personel untuk pengamanan dengan dibackup dari TNI dan Polda NTB.

Dijelaskan Kapolres AKBP Wirasto Adi Nugroho, SIK bahwa, Pelaksanaan Ibadah Waisak di wilayah Lombok Barat berlangsung aman dan lancar, pihaknya menyiapkan personel Untuk pengamanan guna memberikan kenyamanan dan keamanan.

Sejumlah umat Budha yang merayakan hari suci dihubungi BidikNews, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Aparat Kepolisian Polda NTB beserta seluruh jajaran di wilayah hukum Polres se NTB atas perhatian dan penagamana yang diberikan sehingga pelaksanaan kegiatan waisak di wilayah NTb berjalan aman dan sukses.

Selain itu, ucapan terima kasih umat Budha kepada seluruh masyarakat NTB karena telah memberikan yang terbaik sehingga di hari yang suci bagi umat Budha ini dapat dilaksanakan dengan nyama.

Terharu dan bahagia yang dirasakan umat Budha atas Kebersamaan dan toleransi yang tinggi ini sehingga menjadikan NTB sebagai simbol keharmonisan dalam kerukunan beragama bagi seluruh masyarakat. 
 

Pewarta : Tim BidikNews
Editor  : BN-007

0 Komentar