Kapolri : Jaga Kehormatan serta Wibawa Institusi dan Berikan Rasa Keadilan kepada Masyarakat.


Dalam setiap kesempatan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo senantiasa mengingatkan kepada Seluruh Personil Kepolisian di Republik ini agar dalam menjalankan tugasnya agar tidak melupakan tugas pokoknya untuk selalu melayani, melindungi dan mengayomi serta menjaga Kehormatan dan Wibawa Institusi dan berikan Rasa Keadilan kepada masyarakat.


BidikNews, Jakarta – Pesan penting dan skaral seperti itu kerap disampaikan para Kepala Kepolisian ketika menjabat sebagai Kapolri termasuk Kapolri Jenderal Listyo Polisi Sigit Prabowo ketika memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) Pejabat Utama di Markas Besar Kepolisian RI maupun para Kapolda yang dipercaya di masing masing Mapolda di seluruh tanah air.

"Ingatkan, ingatkan, ingatkan, bahwa tugas kita adalah memberikan pelayanan, terhadap tugas pokok yaitu melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Hal ini sebenarnya adalah doktrin dan tugas kita dari dulu," tegas Jenderal Polisi Listyo Sigit.

Ditegaskan Listyo Sigi bahwa tugas dasar sebagai aparat penegak hukum itu harus selalu ditanamkan setiap hari. Mengingat, belakangan ini masih muncul tagar di media sosial (medsos) akan persepsi publik terhadap Polri.


Menurut Sigit, kemunculan Hastag tersebut harus disikapi dengan langkah-langkah yang konkret untuk melakukan perbaikan di institusi Korps Bhayangkara. Sehingga pelanggaran tidak kembali terjadi.

"Tanamkan itu setiap hari. Berikan contoh, turun ke lapangan, cek apakah semua berjalan dengan baik. Kalau ada kekurangan lakukan koreksi," Listyo Sigi

Polri dewasa ini, bukanlah institusi yang anti-kritik. Melainkan, menjadi masukan dari masyarakat sebagai bahan evaluasi dan perbaikan untuk menuju Polri yang semakin baik dan dicintai oleh masyarakat.

Jenderal Listyo Sigit Parabowo juga mangatakan bahwa jika ada kritik dari masyarakat harus diterima sebagai bagian dari evaluasi Polri untuk membawa institusi menjadi jauh lebih baik.

Kapolri juga senantiasa mengingatkan agar personil Polri terus pertahankan Polri tidak anti-kritik, tapi harus terus berbenah menjadi organisasi yang modern dan organisasi yang selalu berubah menjadi organisasi yang lebih baik.

Kapolresta Mataram, Kombes Polisi Mustofa, S.IK, bersama sejumlah tokoh masyarakat.

Dikatakan Sigit perbaikan harus terus dilakukan kedepannya. Hal itu untuk mempertahankan tren positif dari beberapa lembaga survei yang merilis soal tingkat kepercayaan dan kinerja Polri yang mengalami peningkatan jauh lebih baik.

Ia juga meminta seluruh personel polri tak terlena dengan hasil survei yang sudah baik. Menurutnya, hal itu harus dijadikan motivasi untuk terus mempertahankan yang baik dan memperbaiki segala bentuk kekurangan yang ada.

Sigit juga memberikan apresiasi kepada anggota kepolisian yang memang bekerja keras, berprestasi dan bersungguh-sungguh dalam menjalani tugas melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat. Sebaliknya, Sigit tak akan segan memberikan sanksi tegas kepada anggota polisi yang melakukan pelanggaran atau bekerja tak sesuai dengan aturan.

Hasil survei yang menempatkan Polri di urutan yang baik, kata Sigit Prabowo agar  dijadikan sebagai motivasi agar kedepan untuk terus melakukan perbaikan dan ditingkatkan. Karena itu menjadi tugas seluruh anggota Polisi di Republik ini agar terus menjaga wibawa hukum dan institusi Polri.

Oleh karena itu, Jenderal Sigit menginstruksikan untuk memberikan pelayanan yang prima dan terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan peran Polri untuk tidak pandang bulu dalam melakukan proses penegakan hukum untuk memenuhi rasa keadilan.


Jenderal Sigit juga mengingatkan seluruh jajaran Kerpolisian agar selalu menjaga wibawa institusi, tegakkan hukum dan berikan rasa keadilan dan perhatikan masyarakat kecil yang selama ini merindukan rasa keadilan.

Jenderal Sigit mengajak seluruh anggota Polisi di negeri ini agar warga masyarakat mendapatkan pelayanan yang sama. Karena itu Jenderal sigit  agar tidak mengabaikan hal-hal yang sensitive yang menjadi perhatian public agar dilaksanakan dengan cepat.

Sigit juga meminta kepada Kapolda jajaran untuk mengantisipasi dan mempersiapkan diri dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan terburuk yang dialami warga masyarakat seperti terjadinya bencana alam. Jenderal sigit mengingatkan agar Personel Polri harus hadir dan bertindak cepat membantu masyarakat sebagai representasi hadirnya Negara ditengah masyarakat yang ditimpa bencana.

Jenderal sigit Prabowo juga mengingatkan agar seluruh anggota Polisi  di masing-masing daerah baik Polda Resor maupun Sektor – sektor untuk selalu hadir dalam rangka koordinasi dan kerjsama yang baik dengan tokoh agama, atau tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda serta organisasi-organisasi kegamaan, sosial dan organisasi  masyarakat lainnya lain untuk bersama-sama menjaga dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada wara masyarakat.

Pewarta : Dae Ompu
Editor  : BN-007
.

0 Komentar