Hujan Deras Mengguyur Kec Bolo Bima, Desa Nggembe Dilanda Banjir


BidikNews,Bima,NTB
- Hujan deras yg mengguyur wilayah Bolo dan sekitarnya pada Kamis, 19/1/22 membawa dapampak yg Positif bagi para petani jagung. Tapi di balik itu juga hujan yg sejak pukul 15.30 hingga jelang mahgrib itu membawa dampak buruk bagi warga desa Nggembe kecamatan Bolo kab.bima.

Pasalnya, sungai yg berada di sekitar pemukiman warga meluap dan masuk dalam perkampungan warga setempat menyebabkan ratusan rumah terendam banjir .

Air yg meluap setinggi lutut orang dewasa tersebut sempat membuat warga panik dan berusaha menyelamatkan diri.

Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa termasuk  harta benda milik warga masih dalam keadaan aman .


Kades Nggembe, Yusuf Azis turut menyaksikan dan sibuk mengurus warganya di landa banjir dan berusaha untuk menenangkan warga sekaligus menghimbau agar warga tetap tenang dan hari mengerahkan seluruh aparat pemdes dan RT/ Rw agar tetap membantu warga yg sewaktu waktu banjir meluap ke jalan raya .

Hingga menjelang pukul 07.30 banjir pun perlahan lahan muali surut .

Dalam keterangannya, kades Nggembe Yusuf mengungkapkan, Banjir meluap diakibatkan tidak ada tanggul kali atau Bronjongnisasi sehingga air mudah meluap ke rumah warga, dan beruntung dari kejadian ini tidak korban jiwa maupun harta benda.

 
"Alhamdulillah dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa," katanya Yusuf Azis kepada media ini


Kades juga menambahkan, dengan peristiwa ini kita berharap kiranya pemerintah Daerah Kabupaten Bima melalui OPD setempat dapat mengambil langkah langkah untuk bisa turun ke lapangan secara langsung untuk bisa melihat kondisi sungai sekitar pemukiman warga." Tuturnya.

Pada kesempatan yg sama , sejumlah tokoh masyarakat maupun RT dan RW yg berada di lokasi kejadian , juga berharap pada pemerintah Daerah agar sungai yg berada di desa tersebut di harapkan dapat dilakukan bronjonisasi guna menghindari luapan banjir berikutnya, karena  kita prediksikan curah hujan di bulan dua nanti sangat tinggi" tutur mereka.

Hingga berita ini di turunkan  berdasarkan pantauan langsung BidikNews dilokasi kejadian warga sudah mulai kembali ke rumah masing masing meskipun masih ada warga yg berjaga mengantisipasi banjir yang sewaktu-waktu datang tiba2 .

Pewarta: Ami Husen



0 Komentar