Dilanda Banjir, Rakyat Taliwang Sumbawa Barat Berduka, Gubernur NTB Turun Langsung ke Lokasi


BidikNews, Sumbawa,NTB
- Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Hingga pukul 02.00 wita, menyebabkan hampir seluruh wilayah kota Taliwang terendam banjir dengan ketinggian antara 70 centimeter hingga 120 centimeter.

Bahkan sebagian wilayah pinggir sungai, di kelurahan Sampir, Kelurahan Bugis dan Menala, ketinggian air sudah mencapai 100 centimeter dan sebagian setinggi leher orang dewasa.

Pantauan BidikNews dilkasi menemukan, saat ini selain rumah warga dan kendaraan, kantor pemerintah, rumah ibadah dan sekolah ikut terendam banjir.

Sementara linstrik sudah dilakukan pemadaman merata di semua wilayah terdampak untuk mitigasi risiko bahaya apabila ada gardu yang terendam banjir.

Sejumlah warga yang sempat dihubungi media ini, mengaku air masuk ke rumahnya sejak tadi malam pukul 02.00 wita dengan ketinggian 70 centimeter. Akibat banjir tesebut sejumlah keluarga diungsikan di tempat yang agak tinggi,

salah satu wilayah perumahan dan sekitar digenangi banjir di Taliwang KSB

Pada bagian lain PLN ULP Taliwang, mengambil tindakan cepat kondisi darurat untuk mitigasi risiko bahaya dengan mematiokan aliran listrik. Mengingat kondisi emergency guna memitigasi resiko karena air sudah masuk wilayah kota merata di semua kelurahan di Kecamatan taliwang.

Menyikapi hal tersebut, hari ini, selasa 14 Pebruari 2023 Gubernur NTB beserta romobngan bertolak ke Taliwang guna memenatua langsung kondisi banjir yang telah melanda seluruh wilayah Taliwang tersebut.

Kehadiran Gubernur NTB didamping sejumlah pejabat pemprov seperti Kadis PUPR Ir. Ridwan Syah. “ Alhamdulillah, airnya sudash mulai surut dan semoga tidak ada lagi banjir susulan,” ujar Ridwan Syah dalam akun fb nya.

Kunjungan Gubernur NTB DR. Zulkieflimansyah beserta rombongan tersebut sekaligus melihat langsung kondisi banjir serta warga masyarakat Taliwang KSB yang terkena banjir.

Laporan media ini dilokasi menyebutkan, bahwa sampai saat ini 14 Pembruari 2023 pukul 12.000 wita air masih tergenang di sejumlah kelurahan seperti, kelurahan Sampir, Brang rea, Menala dan lainnya. 

M. Tauhid warga taliwang ketika berada ditengah banjir yang menggenangi wilayah tempat tinggalnya 

M.Tauhid warga Taliwang KSB kepada BidikNews mengungkapkan, kondisi kami saat ini masih diselimuti air yang tergenang, entah sampai kapan air ini surut mengingat posisi wilayah tempai klami domisili berada pada posisi yang agak dalam sehingga kami harus menanti surutnya air ini dengan penuh kesabaran.” Katanya dengan nada sendu.

Selain itu M Tauhid yang akrab disapa Dae To`I itu mengungkapkan banyak anak-anak menangis dan tak sedikit pula warga masyarakat yang khawatir akan penyakit yang mengancam,” tutur Tauhid dengan mata berkaca-kaca. 

Tauhid juga mengharapkan do`a seluruh masyarakat NTb agar musibah yang diderita warga taliwang KSB dapat segera berakhir.” Ujarnya 

Selain itu, kehadiran Gubernur beserta romobngan ditengan masyarakat yang dilanda banjir ini, kata Tauhid diharapkan dapat memberikan solusi agar banjir yang masih menggenangi wilayah Taliwang kabupaten sumbawa Barat ini segera diatasi.

Tak hanya itu kata M. Tauhid, guna mengantisipasi serangan penyakit yang dapat mengancam kesehatan warga juga perlu diperhatikan oleh pemerintah." hatrapnya.

Pewarta: Suherman

0 Komentar