Wk Ketua Fraksi PKB DPR RI H.Yanuar Prihatin,M.Si Beberkan Lima Kunci Keberhasilan Desa

 


Ada lima kunci kesuksesan pemerintaha desa. Lima kunci tersebut sebagai tips dasar keberhasilan suatu desa kata Wakil Ketua Komisi Dua DPR RI dan juga menjabat sebagai wakil Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), H.Yanuar Prihatin,M.Si yang akrab disapa Yanuar. 

Apa saja tips dasar untuk keberhasilan desa tersebut.  Berikut Wartawan BidikNews melaporkan dari Gedung DPR RI Senayan Jakarta

BidikNews,Jakarta - Hal tersebut terungkap dalam acara diskusi Dialektika yang gelar Koodinatoriat Warta Parlemen ( KWP ), bekerja sama dengan Biro Pemberitaan DPR RI, di ruang Media Center DPR RI, Kamis, 2/2/23. 

Hadir dalam acara tersebut, antara lain, anggota Komisi V DPR RI  dari Fraksi PDIP Sadaretuwati dan beberapa tokoh penting lain seperti, Direktur Jenderal Bina Desa Kementrian Dalam Negeri Eko Prasetyanto Purnomo Putra, Ketua Umum Persatuan Perangkat Desa Indonesia ( PPDI ) Moh. Tahril, Dir Eksekutif Komite pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah ( KPPOD ) Armand Suparman dan sejumlah anggota wartawan parlemen.

Acara diskusi yang di pandu John Andhi Oktaveri, anggota KWP tersebut, berlangsung di ruang Media Canter DPR RI 2/2-2023. 

Menurut wakil ketua ( WK ) Fraksi PKB tesebut, lima kunci keberhasila desa antara lain sebagai berikut,

Pertama faktor kepemimpinan, faktor leadership itu adalah hal utama, selaku pemicu maju atau tidaknya sesuatu desa, bila seorang kepala desa beserta seluruh perangkat dan kelengkapan desa, memiliki kecerdasan, intelektualitas mumpuni dan akhlak yang baik, tentu saja desa tersebut, akan maju dengan pesat. Akan tetapi bila sebaliknya, maka kemajuan desa, akan mengalami kemandulan.

Kedua adalah masalah pemanfaatan terhadap sumberdaya lokal, terkadang perangkat desa kurang percaya diri dengan sumberdaya yang terdapat dalam desanya sendiri. Selain itu intervensi pemerintah pusat untuk memajukan pikiran para perangkat dan sumberdaya lokal, perlu terjalin secara berkesinambungan.

Faktor ketiga adalah management pembangunan desa, cara atau tehnik  untuk merencanaka atau mengelola sesuatu pembangunan di desa juga merupakan hal penting dikuasai oleh segenap unsur apatur desa. Yanuar memberikan salah satu contoh kepala desa memberikan laporan kepada atasannya seperti bupati/wali kota serta pihak terkait lainnya dan juga kepada rakyat di desanya. 

Ke Empat unsur partisipasi dan pemberdayaan masyarakat desa. Hal itu menurut Yanuar dapat di lihat dari seberapa besar kepala desa dan perangkatnya melibatkan dan memberdayakan masyarakat dalam pembangunan. Atau seberapa kesungguhan pemerintah mulai dari tingkat, desa, kabupaten, Provinsi bahkan pusat, memberdayakan masyarakat Indonesia, hal itu menjadi tolak ukur kemajuan bangsa.

Unsur ke lima adalah terkait masalah keuangan desa, kebanyakan selama ini menset berpikir perangkat desa masih menggantungkan harapan terhadap dana dari pemerintah tingat atas, mulai dari kabupaten, provinsi bahkan sampai ke pusat. 

Padahal bila pihak aparat di desa benar benar memiliki ke lima unsur yang sangat mendasar tadi, sudah barang tentu, kita optimis desa tersebut akan mengalami kemajuan signifikan. Bila segenap desa, terdapat lima unsur dasar tersebut, secara otomatis negara dan rakyat Indonesia akan  sejahtera, sebagaimana yang tercetus dalam tujuan bernegara, sebagaimana yang dicita citakan oleh para pendiri bangsa yang termuat dalam pembukaan UUD 1945 " Desa Maju Indonesia Jaya " kata Yanuar.

Pewarta : M.Saleh  Z - Jakarta


0 Komentar