DLHK Provinsi NTB dan Pemda Dompu Satukan Persepsi Penanganan Kehutanan

Pengelolaan hutan di Indonesia diarahkan secara kelembagaan melalui Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dan Program Perhutanan Sosial sebagai upaya pelestarian hutan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan hutan. Bagaimana pengelolaan hutan sebagai bagian dari ekosistem global ? Mengapa pengelolaan hutan belum mampu mencegah terjadinya kerusakan hutan di berbagai wilayah termasuk di Provinsi NTB ? Berikut DLHK NTB dan Pemkab Dompu membahas hal itu.

BidikNews,Domp,NTB – Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Nusa Tenggara Barat, Zulmansyah, S.Hut dan jajarannya bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu menggelar pertemuan.

Kehadiran Kadis Zulmansyah bersama rombongan secara resmi diterima Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT didampingi Sekda Dompu, Gatot Gunawan Perantauan Putra, ST., MT dan Kadis Lingkungan Hidup, Jufri, ST., MT, Selasa (07/02/23) sekira pukul 13.30 Wita – Selesai di Ruang Kerja Wabup Dompu.

Keterangan Kadis LH, Jufri, ST., MT, menyebut kehadiran Kadis Zulmansyah bersama rombongan untuk menyatukan persepsi dengan Pemda Dompu terkait penanganan masalah kehutanan.

“Kadis Zulmansyah hadir di Dompu berbicara dari hati ke hati dengan Pemda Dompu terkait dengan penanganan masalah kehutanan dan secara resmi diterima Wabup Dompu”, ucap Bang Jeff sapaan akrab Kadis LH Kabupaten Dompu.

Menurutnya dari pertemuan tersebut akan ada kegiatan yang mempertemukan Pemerintah Provinsi NTB dengan Pemerintah Kabupaten Dompu dengan unsur terkait untuk membahas lebih labih lanjut penanganan hutan agar tetap lestari.

Dalam hal ini Kadis Jufri mengungkapkan kegiatan yang direncanakan untuk dilaksanakan secara bersama tersebut adalah sebagai berikut;

1. Pemerintah Provinsi NTB dalam hal ini Dinas LHK dan Pemerintah Kabupaten Dompu akan merumuskan bersama langkah-langkah penanganan hutan;

2. Pihak-pihak perusahaan terutama yang bergerak dalam sektor pertanian khusus jagung harus duduk bersama untuk merumuskan masalah penambahan hutan;

3. Akan diseminarkan bersama LSM, Media dan Stockholder apa yang menjadi rumusan dimaksud; dan

4. Pembicaraan pra kegiatan akan dilakukan bersama antara Kadis LHK Provinsi NTB dan Kadis LH Kabupaten Dompu.

Berikutnya Bang Jeff kembali menegaskan bahwa apa yang sudah direncanakan tersebut dengan segera akan dimantapkan kedua belah pihak sehingga dapat dilakukan dalam waktu dekat.

“Berbagai kegiatan yang berupaya menyatukan persepsi dalam penanganan hutan ini dengan segera dimantapkan oleh kedua belah pihak”, tegasnya.

Pertemuan antara Wabup Dompu dan Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB, berlangsung aman, tertib dan lancar dan dalam suasana akrab dan penuh kekeluargaan. Demikian disampikan Prokopim Kabupaten dompu.

Pewarta: Iwan Westom

0 Komentar