Silaturrahmi Bersama Ratusan Insan Pers, Kapolda NTB Ungkap Makna dari Kisah Pengorbanan "Putri Mandilika"

Foto : Repro BidikNews
Silaturahmi adalah mengikat persahabatan atau persaudaraan. Silaturrahmi juga diartikan dengan menjaga hubungan baik dengan sesama, menyambung kebaikan dan menolak sesuatu yang merugikan. Demikian halnya  yang dilakukan Kapolda NTB, Irjen Djoko Poerwanto bersama para awak media.

BidikNews,Mataram,NTB - Ditengah kesibukannya Kapolda NTB sempatkan diri untuk bersilaturrahmi dengan ratusan insan pers dari berbagai media masa baik cetak maupun elektronik dan media online yang diwilayah hukum Provinsi NTB.

Silaturrahmi yang berlangsung di Tribun Lapangan Bhara Daksa Polda NTB pada Rabu, 15 Maret 2023 itu dipandu Polwan cantik Bripka Atun dan diawali dengan pembacaan do`a oleh Aipda Lalu Azwin. Usai do`a dilanjutkan dengan santap siang bersama.

Turut hadir mendampingi Kapolda NTB antara lain, Plh, Kabid Humas Polda NTB, Kombes Polisi Lalu Muhammad Iwa, S.I.K beserta sejumlah Pejabat Utama Polda NTB.

Usai santap siang, acara Silaturrahmi Kapolda NTB bersama sejumlah awak media tersebut diawali sambutan Kabid Humas Polda NTB, Kombes Polisi Lalu Muh. Iwan. S.I.K. 

Dalam sambutannya Kabid Humas Polda NTB menyampaikan terimakasih yang mendalam atas kesediaan para awak media yang telah hadir atas undangan Kapolda NTB untk besilaturrahmi dalam rangka menciptakansituasi Kamtibmas yang kondusif. Semoga dengan silaturrahmi ini hubungan baik yang terjalin baik selama ini dapat dijaga bersama. 

Pada kesempatan itu pula Lalu Muh. Iwan menyampaikan bahwa Bidang Humas Polda NTB bermitra dengan sejumlah media masa yang mempublikasikan berbagai kegiatan yang dilakukan Jajaran Kepolisian Daerah maupun Polres di seluruh wilayah Hukum NTB.

“ Kehadiran wartawan ditengah masyarakat dan banyaknya kegiatan yang dilakukan Polda NTB sangat berarti karena suksesnya kegiatan selama ini tidak akan berarti kalau tidak dipublikasikan oleh media. Ini semua berkat kerjasama yang baik antara Bidang Humas Polda NTB dengan seluruh wartawan dari berbagai media masa,” ujar Kombes Polisi Lalu Muhammad Iwan, S.I.K.,


Diakhir sambutannya, Kabid Humas Polda NTB menyampaikan rasa senang para wartawan karena dapat bersilaturrahmi dengan Bapak Kapolda NTB, dan Ia berharap semoga kemitraan ini dapat dijaga dan dirawat dengan baik agar harapan bersama untuk menjaga situasi keamanan Kambtibmas yang kondusif dapat terwujud sehingga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

Diakhir sambutannya, Kabid Humas Polda NTB menyampaikan rasa senang para wartawan karena dapat bersilaturrahmi dengan Bapak Kapolda NTB, dan Ia berharap semoga kemitraan ini dapat dijaga dan dirawat dengan baik agar harapan bersama untuk menjaga situasi keamanan Kambtibmas yang kondusif dapat terwujud sehingga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

Kesempatan berikutnya adalah diskusi dan tanya jawab Kapolda, Irjen Djoko Poerwanto dengan para wartawan. Dalam suasana hangat itu Kapolda NTB menjawab dan menanggapi sejumlah pertanyaan yang diajukan para awak media.

Sejumlah wartawan menyampaikan berberapa hal terkait dengan tugas dan kewenangan Kepolisian dalam menjamin hak-hak hukum masyarakat. Dari beberapa pertanyaan yang disampaikan wartawan, Kapolda NTB  menaggapinya dengan baik sambil merangkaikan kata kata canda yang dismbut senag dan bahagia para wartawan.

Terkait situasi serta kondisi di wilayah hukum Polda NTB, Irjen Joko Poerwanto mengungkapkan bahwa rasa aman dan nyaman menjadi idaman seluruh masyarakat dan itu menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga NTB,” tutur Kapolda.

Pada momentum silaturrahmi dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Irjen Joko Poerwanto menyinggung tentang nama Mandalika.

Mandalika kata salah satu wartawan adalah nama putri seorang raja yang cantik jelita, kecantikannya dikenal hingga ke pelosok negeri. Putri Mandalika tidak hanya cantik melainkan tutur katanya lembut dan bahasanya sopan, Ia juga senang menolong. Banyak pemuda yang ingin melamarnya namun Raja menyerahkan keputusan pada putri Mandalika. Demi tanggung jawabnya, putri yang berparas cantik itu pun bertapa disebuah bukit dipinggir laut untuk meminta petunjuk. 

Dari hasil pertapaanya, kemudian, Putri Mandalika mengambil keputusan untuk menghilang dengan cara menyeburkan diri ke laut supaya ketentraman dan kedamaian pulau tidak rusak karena persaingan memperebutkan dirinya. Sebab, kalau ia menerima pinangan salah satu orang saja maka perselisihan akan terjadi.

Ada Hikmah yang harus diambil dari kisah Mandalika ini kata Irjen Joko Poerwanto, bahwa putri Mandalika rela berkorban menceburkan diri ke laut semata-mata untuk menjaga situasi aman dan nyaman bagi negeri dan masyarakat. Dan kisah ini dapat mengilhami kita semua bahwa situasi aman dan nyaman tidak hanya pengorbanan fisik semata tetapi harus dalam bentuk pemikiran- pemikiran bersama.” katanya.

Pada kesempatan itu juga Kapolda menjelaskan tentang mekanisme Restorasi Justice (RJ) dalam penanganan kasus di Kepolisian. Dijelaskannya, RJ merupakan penyelesaian sengketa dua pihak diluar proses persidangan perkara pidana yang diujungnya penghentian. Tetapi tidak semua perkara pidana dapat diselesaikan melalui RJ. 


Kaitannya dengan masalah korupsi, Polda NTB kata Joko Poerwanto secara universal isu nya ada dua dengan tidak mengenyampingkan penindakan, yang pertama adalah pencegahan dan yang kedua adalah bagaimana pemulihan kerugian Negara.

Ia juga mengaskan bahwa penanganan korupsi Kapolda akan mempercayakan kepada Direktur Reskrimsus dan jajarannya. Sehingga dalam proses penyelidikan serta penyidikannya dipastikan ada atau tidaknya unsur pidana yang timbulkannya, karena penyidik sudah dinberikan kewenangan undang-undang yang menjadi kewajibannya.

Hal-hal lain juga ditanyakan para wartawan mampu dijawab dengan jelas dan terang benderang oleh Kapolda Irjen Polisi Joko Poerwanto.

Pada kesempatan yang sama Kapolda NTB juga mengajak para wartawan untuk membantu pihaknya memberikan informasi terkait kesulitan-kesulitan yang dialami warga masyarakat. 

Informasi tersebut dibutuhkan sebagai bentuk kepedulian dalam rangka kegiatan sosial dan kemanusiaan agar dapat dibantu ketika mereka kesulitan air bersih, alat transportasi, sarana dan rasarana pendidikan serta rumah tidak layak huni serta kursi roda bagi oarng tua yang tidak bisa berjalan.

Bantuan informasi ini diperlukan agar Jajarannya dapat berbuat yang terbaik sesuai dengan panggilan nurani korps Kepolisian untuk masyarakat yang mengalami kesusahan dan kesulitan kebutuhan hidup sehari-hari.

Diakhir silaturrahmi, Kapolda NTB, Irjen Polisi Joko Poerwanto menyampaikan terima kasih atas kehadiran para wartawan, semoga silaturrahmi yang dilaksanakan ini menjadikan kita semua untuk selalu bersama menjadikan provinsi NTB yang kondusif aman dan nyaman.

Pewarta: Dae Ompu.





0 Komentar