Pemkab Dompu Kirim 550 Ekor Sapi Lewat Tol Laut Calabai Menuju Jakarta


BidikNews,Dompu,NTB
- Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Dompu Muhamad Abduh, SE. M.Si atas Nama pemerintah Kab. Dompu melepas 550 ekor ternak potong /sapi menggunakan armada Tol Laut berlangsung didermaga tol Laut calabay, kec Pekat Kabupaten Dompu.


Ternak Sapi tersebut diberangkatkan menuju dermaga tol laut tanjung Periuk dengan tujuan DKI Jakarta, untuk keperluan Kurban Hari Raya Idul Adha.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pertenakan dan Kesehatan Hewan kab. Dompu, didermaga tol Laut calabay, kec Pekat Kab Dompu, saat diwawancarai langsung oleh awak media Selasa, 23/05/2023.

Dalam sambutanya menyampaikan bahwa pengiriman ternak lewat tol laut ini merupakan implementasi dari program Jarapasaka sektor Peternakan sebagai salah satu program prioritas Jarapasaka.


Melalui Kadis Peternakan kab. Dompu Muhammad Abduh, SE,.MSi, Bupati Dompu menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peternak dan pengusaha yang telah bekerja sama dalam mendukung proses pengiriman ternak tahun ini.

" Sangat mengharapkan kepada seluruh petani ternak agar tetap semangat meningkatkan terus usaha sektor peternakan sebagai salah satu andalan program Jarapasaka," kata Muhammad Abduh menyampaikan pesan Bupati Dompu.

Kemudian Pemerintah kab. Dompu akan tetap mendukung penuh program sektor peternakan demi mewujudkan peningkatan ekonomi masyarakat petani ternak yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Pada pesan selanjutnya Bapak Bupati mendorong para petani ternak agar tetap berusaha dan beternak dan tahun 2024 nanti Pemda Dompu akan mengupayakan peningkatan jumlah kuota pengiriman ternak sebanyak 10.000 ekor.

Ditambahkannya dalam 3 tahun terakhir kabupaten Dompu mendapat kuota pengiriman ternak :
1. Tahun 2021  sebanyak 500 ekor.
2. Tahun 2022 sebanyak 1.500 ekor.
3. Tahun 2023 sebanyak 6.000 ekor.
 

Pengiriman terakhir ternak melalui 2 jalur, yaitu melalui jalur darat dengan menggunakan Tronton dan jalur tol laut menggunakan kapal  khusus angkutan ternak Camara Nusantara.

" Oleh salah seorang peternak didapati gambaran bahwa harga setiap ekor sapi yg dijual di DKI Jakarta dan sekitarnya untuk kebutuhan qurban biasanya dapat mencapai harga diatas 20 juta per ekor." paparnya.

Dalam estimasi jika dengan jumlah kuota sebanyak 6000 ekor dapat terkirim dalam periode idul qurban maka dapat diperkirakan uang yg beredar kembali di kabupaten Dompu dari hasil usaha penggemukan sapi sekitar 120 milyar rupiah.

Diakhir sambutannya kepala dinas peternakan dan kesehatan hewan Dompu Muhammad Abduh, turut memberikan doa semoga perjalanan pengiriman ternak tersebut selamat sampai tujuan dan kembali dengan bahagia dan membawa berkah buat daerah kita kabupaten Dompu." Ujar Kadis dikenal memiliki ide cemerlang itu.

Pewarta: Iwan Westom

0 Komentar