Serah Terima Jabatan Kadis PUPR Berlangsung Haru, Ridwan Syah Ingatkan Muh.Rum di PUPR NTB Banyak “Binatang Buas”

Foto: Repro BidikNews

BidikNews,Mataram,NTB
– Setelah dipercaya menjadi Kadis PUPR NTB oleh Gubernur NTB Senin 3 Juli 2023 menggantikan H.Ridwan Syah yang berakhir masa tugasnya sebagai PNS pada 1 Juli 2023 lalu, H. Muhammad Rum langsung tancap gas.  

H.Muhammad Rum,ST, MTN usai dilantik kepada wartawaqn menfgungkapkan tekadnya untuk melanjutkan program memantapkan infrastruktur yang langsung berdampak kepada masyarakat serta infrastruktur yang dapat menggaet daya tarik para investor untuk terus masuk di NTB.

H. Muhammad Rum menjelaskan, investor akan merasa nyaman berinvestasi di NTB jika infrastrukturnya memadai yang pada gilirannya berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD),” katanya.

Selain itu kata Muhammad Rum, sebagai mantan kepala BPBD, tentu harus memikirkan bagaimana pencegahan dan kesiapsiagaan kebencanaan yang mengancam rusaknya infrastruktur seperti ada tanggap darurat, antisipasi daerah proteksi longsor.

Dalam ketarangannya kepada wartawan usai dilantik sebagai Kadis PUPR NTB pada Senin, 3 Juli kemarin, H. Muhammad Rum menjelaskan salah satu infrastruktur yang perlu diperhatikan yakni projek kereta gantung menuju Gunung Rinjani. 

“Ini merupakan investasi besar dan unik yang dapat mendatangkan keuntungan, Akses jalan harus diperluas. Tentunya Pemerintah Provinsi harus harus bekerjasama dengan Pemkab setempat untuk membahas bagaimana penanganan supaya tidak jalan sendiri.” Papar Muh. Rum.

Termasuk di Pulau Sumbawa akan menjadi perhatian, dan difokuskan di wilayah Lunyuk sebagai lokasi penanaman Singkong dasn pembangunan Pabrik Tapioka, yang terletak di sekitar Pelabuan Badas dan Teluk Santong dengan luas sekitar 200 hektare yang merupakan lahan milik Pemda setempat. 

Mengingat diwilayah itu sangat rawan longsor maka kondisi ini harus dituntaskan agar  pembangunan infrastrukturnya benar-benar siap,” kata Muh.Rum.

Disinggung apakah bisa direalisasikan karena daerah defisit anggaran? Kepada awak media Muhammad Rum, mengaskan bahwa membangun infrastruktur itu tidak harus mengandalkan APBD, harus ada inisiatif seperti menyiapkan proposal untuk dijaukan ke Kementerian PUPR dan  Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) kaitan investasi.” Terang Muh. Rum.

“Selain di Kemen PUPR, bisa juga Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Kita juga bisa cari stimulan di DPR RI, ada perwakilan disana,” lanjut Muh. Rum.

Pisah Sambut berlangsung haru

Pisah Sambut sekaligus serah terima jabatan Kepala Dinas PUPR NTB dari H. Ridwan Syah kepada H.Muhammad Rum bertempat di Halaman kantor Dinas PUPR NTB  Jalan Majapahit Mataram

Pergantian Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Nusa Tenggara Barat (PUPR NTB) ditandai dengan acara serah terima jabatan sekaligus pisah sambut dari  H.Ridwan Syah yang purna tugas per 1 Juli 2023 kepada H.Muhammad Rum yang dilaksanakan pada Selasa,4 Juli 2023 yang bertempat di Kantor Dinas PUPR NTB Jalan Majapahit Mataram.

Dalam acara yang penuh haru tersebut Ridwan Syah dalam sambutnyaa menyampaikan ucapan selamat datang kepada Kepala Dinas yang baru. 

Pada kesempatan itu Ridwan Syah mengungkapkan bahwa Dinas PUPR diibaratjkan hutan, yang kelihatan hijau dari luar namun diisi oleh sejumlah “hewan jinak hingga hewan buas”. Welcome to the jungle (Selamat datang di hutan),” kata Dae Iwan yang akrab di sapa.

Dalam sambutannya Dae Iwan juga menyebutkan bahwa banyak Orang melihat PUPR itu hijau dan biru dari luar. Ketika masuk banyak durinya, ada binatang buasnya, ada juga binatang-binatang yang jinak tapi itu peliharaan.” Katanya mengibaratkan.

Yang banyak itu “binatang buas” dan kalau kita tidak hati-hati kita akan diterkam,” kata Dae Iwan yang juga calon kuat Bupati Dompu 2024 mendatang.

Pada acara serah terima sekaligus pisah sambut yang penuh khidmat itu Dae Iwan berpesan kepada penggantinya H. Muh.Rum untuk bersabar karena menjadi Kadis PUPR itu disibukkan dengan banyak hal,” Kata Dae Iwan.

“Jadi pesan saya kepada teman-teman terutama kepada Haji Rum selamat datang dan banyak-banyaklah bersabar. Menjadi Kadis itu gak perlu pintar-pintar, gak perlu kaya-kaya amat, menjadi kadis PU itu yang penting pintar bergaul,” pesan Dae Iwan yang diasmbut senyum oleh Muh.Rum mantan Kadis DPMPTSP NTB itu.

Kepala Dinas PUPR NTB yang baru Muhammad Rum dalam sambutannya berjanji akan menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada dengan kondisi apapun. Pihaknya menegaskan bahwa dirinya bukan orang baru di PUPR.

Tentu sebagai orang yang mengenal PUPR sejak lama, H.Muhammad Rum faham apa yang harus dilakukannya di lingkup PUPR NTB.

“Insya Allah kita bisa menyesuaikan diri dengan kondisi apapun. Orang PU itu dimana saja ditempatkan dia selalu survive,” katanya meyakinkan.

H.Muhammad Rum juga mengajak semua pihak di PUPR NTB untuk berkolaborasi membangun NTB Gemilang. “Saya mengajak kita semua bekerjasama berkolaborasi,” ajaknya.

Pada kesempatan itu jugaH.Muhammad Rum mendoakan mantan Kepala Dinas Ridwan Syah agar niat tulusnya untuk menjadi Pemimpin di Kabupaten Dompu diijabahh oleh Allah SWT. Bahkan menjadi Gubernur Pulau Sumbawanantinya.

“Insya Allah Do`a kami semua semoga Bapak H.Ridwan Syah menjadi bupati Dompu bahkan menjadi Gubernur Pulau Sumbawa,” tutur H.Rum dengan nada tulus. 

Insya Allah jadi. Barusan saya dapat kabar dari ketua panitia pemekeran Provinsi Pulau Sumbawa bahwa pulau Sumbawa dengan dibahas di DPR RI di Komisi II dan kandidatnya adalah Dae Iwan,” Tutup H.Rum.

Pewarta: Dae Ompu




0 Komentar