Kadis PUPR dan Kabid Bina Marga Dampingi Komisi IV DPRD NTB Monitoring Proyek Ruas Jalan Lembar – Gili Mas Senilai Rp85 Miliar


BidikNews, Mataram,NTB
- Untuk memastikan kualitas pengerjaan jalan nasional tersebut tidak asal-asalan, Komisi IV DPRD Provinsi NTB yang membidangi urusan infrastruktur itu turun melakukan pengecekan terhadap progres pengerjaan perbaikan jalan nasional di Kabupaten Lombok Barat senilai Rp85 miliar lebih di tahun 2023 ini. 

Rombongan Komisi IV DPRD Provinsi NTB yang membidangi urusan infrastruktur itu dipimpin langsung oleh Ketua Komisi, H. Puaddi dan Wakil Ketua Komisi, Hasbulah Muis beserta anggota. 

Kunjungan itu Komisi IV DPRD NTB pada pada Jumat, 25 Agustus 2023 lalu untuk meninjau perbaikan jalan ruas Sigenter Lembar Selatan ke pelabuhan Gili Mas, Labuan Tereng dengan panjang sekitar 7,4 Kilometer yang bersumber dari anggaran Inpres pusat.

Komisi IV DPRD NTB menilai bahwa ruas jalan tersebut sangat strategis bagi daerah. Terutama untuk mengungkit pertumbuhan pembangunan ekonomi daerah NTB.

Ruas Jalan ini sangat strategis dan vital dan menjadi pintu gerbang masuk dan keluarnya aktifitas perekonomian NTB. Karena itu Komisi IV DPRD NTB mengingatkan agarn perbaikan jalan ini bisa lebih mendongkrak perekonomian daerah kita ke depan.

“Mengingat begitu setarategis dan vitalnya jalan tersebut untuk masyarakat dan daerah. Komisi IV DPRD NTB menekankan kepada rekanan proyek agar mengerjakan dengan sebaik-baiknya.” Kata Hasbullah anggota Komisi IV DPRD NTB. 

Pada kesempatan yang sama Ir. H. Mohammad Rum, M.T mengajak seluruh pihak terkait rekonstruksi ruas Sigenter Lembar Selatan ke pelabuhan Gili Mas, Labuan Tereng agar pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan dapat selesai tepat waktu.

Sebelumnya, Pada Kamis, 3 Agustus 2023, Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB, H.Muhammad Rum didampingi Kabid Bina Marga Hj. Lies Komalasari mengadakan rapat pembahasan terkait percepatan pembangunan di wilayah Kabupaten Lombok Barat, meliputi pekerjaan rekonstruksi ruas Jalan Lembar - Gili Mas dan penggantian Jembatan Medas. 

Rapat berlangsung di Ruang Rapat Pengga Dinas PUPR Provinsi NTB, yang dihadiri oleh Ir. H. Mohammad Rum, M.T (Kepala Dinas PUPR Prov. NTB) beserta jajarannya, serta unsur Balai Pelaksanaan Jalan Nasional NTB, pemerintah daerah Kabupaten Lombok Barat, rekanan (kontraktor dan konsultan supervisi) serta stake holder terkait (PLN, PDAM, Telkom, fiber optik, dan lainnya). 

Pemerintah dan masyarakat Lombok Barat menilai bahwa salah satu faktor pendukung perbaikan jalan ini dikarenakan Pelabuhan Gili Mas merupakan Pelabuhan Internasional yang menjadi tempat bersandarnya kapal-kapal besar pesiar (cruise) yang akan berkunjung ke Lombok.


Pantauan media ini menyebutkan, setiap tahun ribuan wisatawan asing yang menumpangi kapal pesiar dari berbagai negara berkunjung ke pulau Lombok, namun akses kenyamanan dan keamanan jalan yang berada di pelabuhan tidak terjamin.

Jalanan yang bergelombang dan berlubang kerap kali memicu terjadinya kecelakan lalu lintas dan juga menyebabkan kematian, dan juga membuat pengguna jalan tidak nyaman ketika berada di dalam kendaraan.

Masyarakat sekitar kerap kali membantu menandai jalanan yang rusak dengan menanam pohon pisang, namun hal tersebut tidak dapat mengatasi permasalahan kenyamanan jalan yang dilalui oleh wisatawan.

Ir. H. Mohammad Rum, M.T mengajak seluruh pihak terkait dapat mendukung rekonstruksi ruas Jalan Lembar - Gili Mas  dan berharap dengan diperbaikinya jalan ini dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Diharapkan masyarakat sekitar dapat bekerjasama dan berkontribusi dalam penanganan jalan tersebut, sehingga pekerjaan konstruksi jalan dan jembatan dapat selesai sesuai rencana dan tepat waktu". harap H.Muh.Rum

Pewarta: Tim BidikNews


0 Komentar