Kepala BIBD Disnakeswan Provinsi NTB Wakili Pj. Gubernur Hadiri Seminar Nasional Peternakan


BidikNews,Mataram,NTB
- Seminar Nasional Peternakan yang mengusung  Tema " Strategi Peningkatan Produktifitas Peternakan Menuju Indonesia Emas 2045 " dilaksanakan pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Seminar Nasional yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa BEM Fakultas Peternakan Universitas Mataram itu dihadiri oleh perwakilan Mahasiswa Peternakan se Indonesia. 

Pj. Gubernur NTB dalam sambutannya yang disampaikan Kepala BIBD Disnakeswan NTB, Muhammad Nur, S.Pt., M.Si. mengatakan bahwa sub sektor Peternakan memiliki peran strategis dalam pembangunan Nasional maupun kewilayahan yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat yg berimplikasi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Namun lebih dari itu strategi yg dijalankan pemerintah Provinsi NTB adalah terus melakukan pengembangan pembangunan peternakan melalui 

1. Meningkatkan kualitas genetik ternak melalui Bioteknologi Reproduksi Inseminasi Buatan dan Transfer Embrio. 

2. Mengembangkan pakan berkualitas dalam mendukung sistem produksi Peternakan. 

3. Meningkatkan pelayanan kesehatan hewan. 

4. Optimalisasi dan pemanfaatan limbah kotoran ternak sebagai alternatif dalam mengurangi ketergantungan pada pupuk kimia. 

5. Meningkatkan peran kelembagaan Peternakan dalam rangka mewujudkan Peternakan berkelanjutan dimasa yang akan datang.

Pada kesempatan itu pula Muhammad Nur, S.Pt., M.Si. mengatakan bahwa Pembangunan peternakan merupakan rangkaian kegiatan yang berkesinambungan untuk mengembangkan kemampuan masyarakat petani khususnya masyarakat petani peternak agar mampu melaksanakan usaha produktif dibidang peternakan secara mandiri.

Selain itu, dalam rangka menyiapkan strategi pembangunan peternakan yang berkelanjutan kata Muhammad Nur tentu dengan memanfaatkan ketersediaan sumber daya lokal. 

Dalam hal ini, kata Muhammad Nur selain mengeksplorasi sumber daya genetik ternak yang efisien dalam penggunaan pakan, juga harus dapat memanfaatkan bahan pakan berupa produk samping tanaman maupun industri pertanian yang tidak bersaing dengan bahan pangan. 

Pewarta: Dae Ompu


0 Komentar