Pemprov NTB Laksanakan “Sholat Istisqa” di Halaman Kantor Gubernur


Sholat Istisqa adalah sholat yang sangat dianjurkan dalam rangka memohon kepada Allah ketika kita menghadapi kekeringan atau sumber mata air sudah lama mengering, apalagi saat ini Indonesia tengah dilanda kemarau dan kekeringan di sejumlah daerah.

BidikNews, Mataram,NTB – Zaman dulu, Rasulullah SAW juga pernah melaksanakan salat istisqa. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis yang berbunyi:

Artinya: Nabi Muhammad SAW keluar rumah pada suatu hari untuk memohon diturunkan hujan, lalu beliau salat dua rakaat bersama kita tanpa azan dan ikamah, kemudian beliau berdiri untuk khotbah dan memanjatkan doa kepada Allah SWT dan seketika itu beliau mengalihkan wajahnya (dari semula menghadap ke arah hadirin) menghadap ke kiblat serta mengangkat kedua tangannya, serta membalikkan selendang sorbannya, dari pundak kanan ke pundak kiri, begitupun ujung sorbannya (HR. Imam Ahmad).

Shalat istisqa dilakukan sebanyak dua rakaat dengan adanya khotbah. Seperti namanya, salat istisqa dilaksanakan pada saat terjadi kekeringan panjang, dan hujan lama tidak tercurah.

Pemerintah Provinsi NTB  melaksanakan Shalat Istisqa'/Shalat Minta Hujan yang berlangsung di Halaman Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, Senin (16/10/2023).

Pada kesempatan itu Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Drs. H. Fathurrahman, M.Si mengatakan, kegiatan sholat istisqa' sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT agar diturunkan hujan. 

Drs. H. Fathurrahman, M.Si berharap agar kegiatan yang dilaksanakan pemerintah Provinsi dapat diikuti oleh pemerintah kabupaten kota dan seluruh masyarakat sampai ke desa. 

"Semoga Allah SWT menghindarkan kita dari seluruh bencana termasuk bencana kekeringan dan sebagainya," ucapnya.

Drs. H. Fathurrahman, M.Si juga menjelaskan dampak musim kemarau terus diantisipasi salah satunya melakukan pembagian air pada beberapa titik. 

Sebagai Khatib dalam kegiatan ibadah sholat istisqa' yakni Dr. TGH. Salimul Jihad, MA dan Imam yakni TGH. Ibrahim Luqman, yang diikuti oleh seluruh jajaran ASN Pemprov NTB, Siswa siswi SMA/SMK/MAN se - NTB dan Pemerintah Kota Mataram.

Pewarta: Tim BidikNews

0 Komentar