100 Dosen Peneliti UIN Mataram dan Malaysia Hadiri Seminar Internasional yang Diselenggarakan LP2M


BidikNews,Mataram,NTB
- Rektor UIN Mataram Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag. membuka seminar Internasional Research Kolaborasi UIN Mataram dengan Pasca Siswa ZAH Faculty dan Mu’amalah Selangor Malaysia dan FDG Penguatan Hak Kekayaan Intelektual (HAK-PATEN) hasil penelitian dosen UIN Mataram. 

Kegiatan yang diinisiasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Mataram menghadirkan 100 dosen peneliti dari UIN Mataram dan Malaysia. Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada ketua LP2M Prof. Atun Wardatun, M.Ag. MA. Ph.D. berserta jajaran yang terus menerus melakukan berbagai terobosan dalam mempublikasi dan mendesiminasi hasil-hasil riset dosen. 

Lebih jauh dikatakan, UIN Mataram sebagai institusi pendidikan tinggi secara terus menerus meningkatkan peran sertanya di tengah-tengah masyarakat, dan desiminasi hasil-hasil penelitian maupun penerbitan hak kekayaan intelektual dosen baik dalam bentuk HAKI maupun PATEN sebagai bentuk kontribusi nyata untuk bangsa dan negara.

Sementera itu, Prof. Atun Wardatun, M.Ag. MA. Ph.D.dalam laporannya menyampaikan bahwa kolaborasi yang bangun LP2M dengan berbagai perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri dan pengusulan hak atas kekayaan intelektual (HAKI-PATEN) untuk menstimulus dan motivasi bagi seluruh dosen dan tenaga kependidikan agar geliat publikasi hasil-hasil penelitian semakin tinggi.


Sementara itu Dr. Emawati, M.Ag. Kepala Pusat Penelitian dan Publikasi Ilmiah UIN Mataram secara terpisah menyebutkan ada empat  hasil penelitian dosen yang telah diajukan patennya antara lain; 

1. Komposisi  Produk  Nata Yang  Mengandung  Fermentat  Limbah Cair  Tahu Yang  Diperkaya  Antioksidan  Ekstrak  Kulit  Buah Naga. Inventor: Sulistiyana, M.Si, Baiq Dewi Ratnasari, Yahdi, M.Si, 

2. Formula  Lulur Herbal  Kaya  Antioksidan Dari Kulit Buah Naga (Hylocereus Polyrhizus) Dan Kulit Buah Jeruk Manis  (Citrus X sinensis). Inventor: Sulistiyana, M.Si, Nurul Iswani, Baiq Ayu Aprilia Mustariani, M.Si. 

3. Formula Lulur Bubuk Kaya Antioksidan Dari Beras Ketan Hitam(Oryza sativa l var glutinosa), Kulit Buah Manggis (Garcinia mangosta), Dan Ampas buah Kelapa (Cocos nucifera). Inventor: Baiq Ayu Aprilia Mustariani, M.Si, Novia Astiwi, Yuli Kusuma Dewi, M.Si. 

4. Sistem  Penentuan  Kualitatif  Protein  Secara  In  Silico. Inventor : Devi Qurniati, M.Pd.

Demikian disampaikan Kepala Bagian Humas dan Kerjasama UIN Mataram, H.Sapardi, SE MM kepadsa media di Mataram

Pewarta: Tim BidikNews

0 Komentar