Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri Pimpin Upacara Hari Guru Nasional 2023


Guru adalah pahlawan sejati di balik keberhasilan setiap generasi. Guru juga telah mempersembahkan jiwa dan raga untuk mencerdaskan anak-anak bangsa. Karena jasanya yang begitu mulia maka setiap tanggal 25 November di peringatan sebagai Hari Guru Nasional. Tahun 2023 Hari Guru Nasional mengusung Tema “Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar”.

BidikNews.net,Bima,NTB - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Ke-78 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional  yang mengangkat tema, Transformasi Guru Mewujudkan Indonesia Maju Tingkat Kabupaten Bima dipusatkan di Lapangan Kara Kecamatan Bolo   Sabtu (25/11) diikuti Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala OPD,  Kabag Setda, Camat dan seluruh jajaran Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga.

Bupati Bima yang membacakan amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan pada tahun pertama Merdeka Belajar, kita menghapus ujian nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya. Kita menerapkan asesmen nasional agar semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman inklusif dan menyenangkan. Lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid.

Lebih lanjut Bupati IDP yang merilis amanat Menteri Nadiem mengungkapkan, kurikulum Merdeka belajar adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru karena tidak hanya meringankan beban murid terkait pengurangan pada jumlah materi dan penekanan pada pemahaman yang mendalam tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan siswa kebutuhan murid".


Masih terkait Merdeka belajar, menurut Menteri Nadiem, ruang untuk belajar dan berbagi diantara sesama guru juga kini semakin luas dengan adanya platform Merdeka mengajar. Jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung, saling belajar dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan kurikulum merdeka". Imbuhnya. 

Setelah seluruh rangkaian upacara, acara kemudian dulanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang menandai berakhirnya  kegiatan peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI tingkat Kabupaten Bima tahun 2023.

Guru kerap disebut sebagai 'pahlawan tanpa tanda jasa'. Peran guru sangat signifikan untuk mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan yang bermutu di sekolah. Untuk merayakan jasa-jasa guru, setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Peringatan tersebut dibentuk oleh organisasi yang menaungi guru se-Indonesia yakni Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Perayaan Hari Guru Nasional mendapat banyak ucapan selamat untuk mengenang jasa-jasa mereka selama ini yang dihimpun BidikNews.netdari berbagai sumber. 

Hari Guru adalah saat untuk mengakui bahwa tanpa Bapak/Ibu guru, kita tidak akan tahu arah. Terima kasih telah membimbing kami dengan penuh kesabaran dan cinta.

Guruku telah menjadi penyala api pengetahuan di dalam hati kami, menerangi jalan menuju masa depan yang lebih cerah.


Dalam setiap cerita keberhasilan, ada nama Bapak/Ibu guru yang bersinar, terima kasih telah menjadi pencerah dalam kisah hidup kami.  Dalam buku kehidupan kami, Bapak/Ibu guru adalah bab yang penuh warna dan inspirasi,dan menjadikan setiap halaman berharga serta sebagai payung pelindung kami.

Guru adalah pencerah dalam kegelapan, seperti cahaya ilmu yang diberikan oleh Allah SWT. Semoga Allah memberkahi setiap langkahmu, guruku. Semoga ilmu yang guru tebar menjelma amal yang terus mengalir.

Kepada para guru yang telah menjadi pelita dalam kegelapan, semoga Allah senantiasa memberi petunjuk dan perlindungan padamu.

Guruku, Tak ada ABCD, tak ada matematika ataupun sejarah. Jasamu tak terbaca, tak terhitung, dan tak terlupakan.

Jika pengetahuan adalah cahaya bagi kehidupan, maka kau adalah bintang yang senantiasa menyebarkan cahaya hingga ke penjuru Negeri. Terima kasih guruku, akan kuingat selalu dirimu sebagai guru terbaik dalam hidupku.


Terima kasih Bapak dan Ibu Guru, karena selama ini telah menjadi pemandu dan mengajari saya banyak pelajaran hidup. Guruku ibarat lilin, energinya dihabiskan untuk menerangi jalan bagi siswa dan murid-muridnya.

Guruku, Setiap kata yang Bapak/Ibu guru sampaikan adalah melodi yang indah dalam perjalanan belajar kami. Terima kasih atas harmoni yang Bapak/Ibu guru ciptakan. Guruku, kalian telah memberikan kami sayap untuk terbang dan mimpi untuk dikejar, kalian adalah sumber inspirasi yang tak pernah kering. 

Pewarta: Dae Ompu

0 Komentar