Komunitas "Mafia Hijrah" Gelar Sosialisasi dan Diskusi, Usung Tema Pemuda Rawan Sosial Dan Kesehatan Mental


BidikNews,net,Mataram
– Komunitas pemuda yang tergabung dalam “Mafia Hijtah” bekerjasama dengan Anxiety Care Lombok terus berinovasi dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. 

Kegiatan kali ini yakni diskusi sekaligus sosialisasi dengan mengangkat tema “Pemuda Rawan Sosial Dan Kesehatan Mental” yang dihadiri oleh puluhan peserta dari berbagai elemen masyarakat termasuk Toma, Toga, Pemuda.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kelurahan Sayang-sayang Kecamatan Cakranegara Kota Mataram itu menghadirkan pembicara antara lain, Ketua “Mafia Hijrah” yang juga Ketua Anxiety Care Lombok, Julian Kartasasmita serta DR. Dzulkifli Dosen Universitas Muhammadiyah (UMMAT) Mataram bertempat di aula Kantor Camat Cakranegara Kota Mataram.

Dalam pemaparannya Julian Kartasasmita mengangkat permaslahan apa yang menyebabkan kesehatan mental terganggu?


Ada banyak faktor yang bisa memicu terjadinya gangguan mental, kata Ketua Mafia Hijrah, Julian Kartasasmita, mulai dari menderita penyakit tertentu sampai mengalami stres akibat peristiwa traumatis, seperti ditinggal mati orang yang disayang, kehilangan pekerjaan, atau terisolasi untuk waktu yang lama.” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Julian Kartasasmita juga mengungkap timbulnya gejala Gerd anxiety. 

Dalam pemaparannya, Julian menjelaskan Gerd anxiety adalah keluhan yang cukup sering dialami oleh orang muda. Kondisi ini ditandai dengan munculnya gejala asam lambung naik, seperti nyeri ulu hati, saat merasa cemas atau stres

Dikatakannya, terdapat Ciri-ciri anxiety dan gerd antara lain, kesulitan menelan makanan, keluarnya sedikit cairan atau makanan ketika bersendawa, merasa gelisah dan gugup, ketakutan seperti ada sesuatu berbahaya yang akan terjadi, detak jantung yang meningkat, hiperventilasi, kesulitan mengendalikan pikiran, hingga, Terasa sesak napas.


Mengingat hal itu dianggap dapat membahayakan kesehatan pemuda yang menuju kedewasaan, maka sangat Penting menjaga Kesehatan mental.

Pentingnya Kesehatan Mental kata Julian, karena Kesehatan mental memainkan peran kunci dalam kualitas hidup pemuda. Serta Menjaga keseimbangan emosional untuk mengatasi tekanan  dan tuntutan sehari-hari.

Bagaimana Cara menjaga kesehatan mental itu kata Julian, Pertama, Menghargai diri sendiri. Menghargai diri sendiri berarti menghargai kesejahteraan dan kebahagiaan Anda secara keseluruhan. 

Kedua, Kelola stress, karena  Tidak semua stres itu buruk. Kata Julian. Ketiga, Bersosialisasi. Empat, tetapkan tujuan yang realistis. Dan yang ke Lima, Jangan malu berkonsultasi dengan profesional.

Acara berlangsung lancar dan ditutup dengan do`a dan dialkhiri dengan foto bersama.

Pewarta: Dani Sadana

0 Komentar