Dahsyatnya Sedekah, Ladang Amal dan Sumber Kebahagiaan

Ustadz. Drs. H. Muhammad Nasikhin, MA ketika menyampaikan ceraha di masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah Mataram pada Rabu, 27 Maret 2024, bertepatan dengan hari ke 16 Puasa Ramadhan 1445 Hijriyah.

Sedekah merupakan kata yang sangat familiar di kalangan umat Islam. Sedekah diambil dari kata bahasa Arab yaitu
“shadaqah”, berasal dari kata sidq (sidiq) yang berarti “kebenaran”.

BidikNews.net,Mataram - Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat Al-Qur’an yang menyebutkan tentang sedekah, sehingga orang yang telah meninggal pun memohon kepada Allah untuk dikembalikan ke dunia meski sekejap semata-mata hanya ingin bersedekah.

Allah Berfirman dalam Surah Al-Munafiqun Ayat 10 :

وَاَنْفِقُوْا مِنْ مَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ اَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُوْلَ رَبِّ لَوْلَآ اَخَّرْتَنِيْٓ اِلٰٓى اَجَلٍ قَرِيْبٍۚ فَاَصَّدَّقَ وَاَكُنْ مِّنَ الصّٰلِحِيْنَ (10)

Artinya,” Dia lalu berkata (sambil menyesal), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)-ku sedikit waktu lagi, aku akan dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang saleh.” 

Ayat ini mengajak orang-orang beriman untuk memfungsikan harta dengan benar. Sedekah mengisyaratkan betapa luasnya ladang amal kebajikan bagi seorang muslim karena Islam mengajarkan bahwa sedekah (memberi) adalah sumber kebahagiaan. 

Demikian intisari ceramah subuh yang disampaikan Ustadz. Drs. H. Muhammad Nasikhin, MA di masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah Mataram pada Rabu, 27 Maret 2024, bertepatan dengan hari ke 16 Puasa Ramadhan 1445 Hijriyah.

Dari sejumlah sumber yang dihimpun media ini menyebutkan bahwa, Nabi Muhammad SAW menjelaskan; “Sesungguhnya pintu kebajikan itu banyak. Setiap orang dapat melakukannya. Sedekah tidak dibatasi dalam bentuk materi yang hanya orang-orang mampu dan kaya bisa melakukannya. 

Ucapan yang menyejukkan hati atau senyum simpatik kepada orang lain juga merupakan sedekah. Tidak dipersoalkan sedekah itu banyak atau sedikit, berupa materi atau bukan, tapi yang penting ialah hasrat dan niat suci untuk mengukir jasa baik sepanjang hidup.

Keutamaan Infaq, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosanya, Akan didoakan malaikat Meringankan beban orang lain, Bekal menuju akhirat. Urutan pertama dalam memberikan infaq menurut Islam adalah orang tua

Pewarta: Dae Ompu

0 Komentar