Pemerintah Alokasikan Pengadaan 1.289.824 ASN 2024, Kota Bima Dapat Kuota 829 Formasi

Foto : Repro BidikNews.net

BidikNews.net,Jakarta
- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2024 di Jakarta, Kamis (14/03). 

Pada kesempatan itu, Menteri Anas menyampaikan bahwa rekrutmen ASN kali ini sangat penting dengan prioritas pemenuhan pada talenta digital, Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), serta SDM ASN untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dalam sambutannya, Menteri Anas mengatakan pemerintah melalui Kementerian PANRB telah menetapkan sebanyak 1.289.824 kebutuhan ASN nasional tahun 2024. Jumlah tersebut merupakan total dari penetapan kebutuhan untuk 75 kementerian/lembaga sebanyak 427.850 dan 524 pemerintah daerah sebanyak 862.174.

Dalam kesempatan ini juga Menteri Anas memberikan penghargaan atas Komitmen dalam Pemenuhan Kebutuhan ASN dan Penataan Tenaga Non-ASN Berdasarkan UU No. 20/2023 kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN); Provinsi Aceh; Kabupaten Bandung; Kabupaten Banyuwangi; dan Kota Bekasi. Selain itu, juga diberikan izin prinsip kepada gubernur, wali kota, dan bupati yang hadir.

Kegiatan ini juga diisi dengan pemaparan kebijakan terkait pengadaan pegawai ASN T.A 2024 oleh Plt. Kepala BKN Haryomo Dwi Putranto; Dirjen Tenaga Kesehatan Kemenkes Arianti Anaya; serta Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Nunuk Suryani.

Hadir dalam kesempatan ini Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim; Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono; Kepala LKPP Hendrar Prihadi; Plt. Kepala LAN M. Taufiq; Kepala ANRI Imam Gunarto; para kepala daerah, serta perwakilan dari kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Kota Bima Dapat Kuota 829 Formasi

Turut hadiri Pada Rakor yang diadakan di Birawa Assembly Hall, Bidakara Hotel, Jakarta Selatan, tersebut, Pj.Walikota Bima HM.Rum.  

Hasil Rakor tersebut Pj. Walikota menjelaskan bahwa dalam rapat koordinasi tersebut dibahas tentang penyampaian dokumen persetujuan prinsip kebutuhan pegawai ASN di lingkungan pemerintah kabupaten/ kota Tahun 2024. Alhasil Pemkot Bima mendapat kuota 829 formasi untuk pengadaan ASN tahun 2024.” Sebut HM.Rum.

"Pemkot Bima mendapatkan alokasi rekrutmen ASN 2024 sesuai dengan jumlah usulan yang diajukan yaitu sebesar 829 personel. Terdiri atas 148 orang CPNS Fresh graduate dan 681 orang tenaga PPPK," sebut Rum.

Harapan atas proyeksi rekrutmen CPNS dan PPPK ini, kata HM Rum, guna meningkatkan jumlah dan kualitas tenaga kerja di sektor pelayanan publik.

"Ini merupakan langkah penting dalam persiapan pengadaan ASN yang akan berperan dalam memajukan pelayanan publik di Kota Bima," kata Rum, 

"Dengan adanya rekrutmen ini, diharapkan akan terjadi peningkatan efisiensi, efektivitas, dan profesionalisme dalam penyelenggaraan pelayanan publik bagi masyarakat Kota Bima," harapnya.


Selain itu, rekrutmen CPNS dan PPPK diharapkan juga terjadi peningkatan jumlah tenaga kerja yang berkualitas di berbagai bidang, seperti kesehatan, pendidikan, kebersihan, dan administrasi. 

Hal ini diharapkan akan berdampak positif pada peningkatan kualitas layanan publik serta percepatan pembangunan di Kota Bima," ujarnya.

Selain meningkatkan kualitas dan jumlah tenaga kerja, dia menginginkan terciptanya stabilitas dan keberlanjutan dalam penyelenggaraan pelayanan publik di Kota Bima.” sambung HM.Rum.

Dengan memiliki jumlah pegawai yang memadai dan berkualitas, diharapkan akan memperkuat pondasi pemerintahan daerah untuk menghadapi berbagai tantangan dan memenuhi kebutuhan masyarakat secara lebih baik.” Lanjut HM.Rum.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BKPSDM Kota Bima H.Abdul Wahid mengatakan seperti di Rilis LombokPos, Sabtu, 16 Maret 2024. bahwa seleksi ASN Kota Bima nantinya akan disesuaikan dengan rencana pengadaan ASN nasional. 

Abdul Wahid menjelaskan, seleksi ASN 2024 akan dilaksanakan secara bertahap melalui tiga periode, yakni Periode 1 (Bulan April, Mei dan Juni), Periode 2 (Bulan Juli, Agustus, September), Periode 3 (Bulan Oktober, November, Desember),” kata H. Abdul Wahid. 

"Saya harap agar segenap calon pelamar yang akan mengisi formasi CPNS dan PPPK lingkup Pemerintah Kota Bima agar segera fokus menyiapkan diri secara maksimal guna menghadapi ujian seleksi pengadaan ASN 2024," ujar H. Abdul Wahid. 

Pewarta: Tim BidikNews.net

0 Komentar