Suasana Mudik di Terminal Mandalika Mataram Mulai Menggeliat, Ratusan Bus Siap Beroperasi, Harga Tiket Terjangkau


BidikNews.net,Mataram,NTB
– Rahmawati (21) seorang penumpang nampak menyodorkan sejumlah uang pecahan lima puluh ribu rupiah ke agen PO Bus antar kota Jurusan Mataram-Bima di Terminal Mandalika Mataram,NTB. Wajahnya terlihat senang dengan mata berbinar ketika selembar tiket sudah di tangan.

Mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi din Kota Mataram itu jadi satu di antara ribuan orang orang yang akan berangkat ke Bima menjelang lebarang Idul Fitri 2024. 

Penumpang Bus yang menuju Bima di terminal Mandalika udah mulai ramai sejak kemarin,” kata seorang Karyawan PO Bus, Ilyas akrab disapa Leon di terminal Mandalika Mataram, Sabtu, 30/3/24.

Harga tiket juga masih terjangkau, ujar Leon. Sebagai karyawan PO Bus Kami tidak menjual tiket yang membuat warga terbebani, kami di perintahkan oleh Bos kami agar harga tiket sesuai aturan yang berlaku,” Kata Ilyas yang akrab disapa Dae Leo itu.

Kami dianjurkan agar tidak merugikan warga masyarakat (Penumpang), kami juga diperintahkan unrtuk melayani penumpang dengan baik hingga sampai ke tempat tujuan dengan selamat,” ujar Dae Leo.


Hasil penelusuran media ini menemukan sejumlah armada Bus Nampak berjejer rapi diarea Terminal Mandalika dengan kondisi mantap dan laik jalan untuk melayani penumpang yang mudik lebaran idul Fitri tahun 2024 ini.

Beberapa sumber yang dihubungi media ini diterminal Mandalika menyebutkan bahwa masing-masing PO.Bus menyiapkan sejumlah armada untuk melayani masyarakat yang mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Po.Bus Surya Kencana dikhabarkan akan mengoperasikan sekitar 20 armada, Po.Bus Langsung Indah sekitar 10 armada, Po.Bus Prima Jaya lebih dari 10 Armada, Po.Bus Tiara Mas juga menyiapkan sejumlah Armada.

Sedangkan Po. Bus Dunia Mas diperkiarakan paling banyak armadanya yang beropreasi melayani penumpang yang mudik Mataram-Dompu-Bima sekitar 30 armada. 

Sementara Po. Bus Surabaya Indah dengan armada barunya akan memanjakan penumpang dengan tempat duduk/tidur bersusun. Belum diketahui pasti berapa jumlah arama dengan tempat dudk bersusun akan beroperasi di musim mudik lebaran 2024 ini. 


Namun yang jelas kehadiran Armada Baru Po. Bus Surabaya Indah dengan model yang aduhai ini akan menjadi rebutan penumpang yang ingin menikmati sensasi serta layanan istimewa Bus Surabaya Indan dari Mataram menuju Bima dan sebaliknya.

Pada bagian lain penelusuran media ini menyebutkan bahwa warga masyarakat mengaku selalu mudik menggunakan moda transportasi bus, karena dianggap bisa lebih fleksibel dan harga tiketnya masih terjangkau.

Hampir setiap kali momen mudik, Terminal Mandalika Mataram selalu padat pemudik dari kalangan mahasiswa terutama untuk rute Mataram- Sumbawa-Dompu dan Bima.

"Kebanyakan dari mahasiswa yang mau mudik ke Pulau Sumbawa (Dompu dan Bima) dan peningkatan penumpangmulai terlihat hari ini.” Kata Petugas Dishub Ahmad Yanuar, E di Terminal Mandalika ketika ditemui wartawan hari ini (Sabtu,30/3/24).


Terkait dengan harga tiket kata, Ahmad Yanuar hingga hari ini terpantau masih normal seperti biasa sekitar 250 Ribu/penumpang, karena sampai saat ini surat keputusan resmi dari pemerintah belum ada sehubungan dengan harga tiket pada hari raya idul Fitri ini. 

Mungkin Tanggal 1 April 20214 baru diketahui berapa harga tiket yang ditetepkan pwemerintah musim Lebaran Idul Fitri,” Kata Ahmad Yanuar yang mewakili Kepala Terminal  Mandalika, Martin Tanone.

Terkait keamanan para penumpang kata Ahmad Yanuar, hingga saat ini terpantau masih dalam keadaan aman terkendali. Mengingat sejumlah aparat keamanan tetap siap siaga di seputaran terminal untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.” Katanya.

Tim gabungan terus berjaga-jaga diseputar Terminal Mandalika sekaligus untuk memberikan jaminan rasa aman dan nyaman kepada masyarakay yang mudik baik menju wilayah Timur Indonesia maupun menuju wilayah barat.” Ujar Ahmad Yanuar.

Pewarta: Dae Ompu


0 Komentar