RA Darul Achwan Mataram NTB Adakan Acara Halal Bihalal, Hadirkan Prof. DR. H. Ahmad Amir Aziz, M.Ag, Sebagai Penceramah

 


Halal Bihalal adalah tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat Muslim di Indonesia setelah merayakan Idul Fitri. Kata "Halal Bihalal" berasal dari bahasa Arab yang berarti "suci dengan suci" atau "halal dengan halal". 

BidikNews.net, Mataram,NTB - Halal Bihalal menjadi momen penting dalam mempererat hubungan sosial dan memperbaiki ikatan persaudaraan antar manusia. Salah satu esensi dari halal bihalal adalah adanya sikap saling memaafkan dan menyembuhkan luka hati. 

Melalui tradisi ini, orang-orang diharapkan untuk melupakan kesalahpahaman masa lalu, memaafkan kesalahan orang lain, dan memulai hubungan yang baru dengan hati yang bersih dan tulus.

Halal bi Halal juga menjadi waktu untuk memperkuat ikatan keluarga dan membangun kebersamaan di tengah-tengah keramaian. Momen ini menjadi ajang untuk berbagi cerita, kebahagiaan, dan memberikan dukungan satu sama lain.

Selain itu, halal bi Halal juga merupakan kesempatan untuk saling memberikan nasihat, berbagi pengalaman, dan berdiskusi tentang berbagai isu penting dalam kehidupan. Melalui interaksi yang akrab dan penuh kehangatan, halal bi Halal mendorong pembentukan komunitas yang kuat dan saling mendukung.


Momen Halal Bihalal ini dimanfaatkan juga oleh RA Darul Achwan yang dikepalai oleh Amiatun, S.Hi., S.Pd. dengan menghadirkan Prof. DR. H. Ahmad Amir Aziz, M.Ag selaku ketua Yayasan Darul Achwan Pagutan sebagai penceramah.

Turut hadir Sekretaris Yayasan Darul Achwan Pagutan, Kasman, S.Pd, M.Pd dan Bendahara H.Budi Raharjo beserta pengurus dan tokoh  agama serta tokoh masyarakat, Kepala Lingkungan dan Ketua-ketua RT se Lingkungan Griya Pagutan Indah.

Halal bihalal yang berlangsung hikmat itu, dimanfaatkan oleh Kepala RA Darul Achwan, Amiatun, S.Hi., S.Pd beserta guru-guru untuk berbagi cerita tentang perkembangan RA Darul Achwan yang bernaung dibawah Panji Yayasan darul Achwan Pagutan itu.

Ketua Yayasan Darul Achwan Pagutan, Prof. DR. H. Ahmad Amir Aziz, M.Ag dalam ceramah singkatnya menyambut baik kegiatan yang digagas RA Darul Achwan ini. 

Prof. DR. H. Ahmad Amir Azis, M.Ag, selaku ketua Yayasan Darul Achwan Pagutan Mataram ketika memberikan ceramah acara Halal Bihalal di RA Darul Achwan Mataram

Dikatakannya, kegiatan yang diinisiasi oleh Ibu Kepala RA Darul Achwan ini tentu harus disambut dengan baik, karena halal bihalal ini merupakan kegiatan yang sangat manusiawi. Bagaimana pun katanya tidak ada manusia yang lepas dari salah dan khilaf, baik kepada Allah maupun kepada sesama manusia.

"Mengingat kesempatan ini masih dalam suasana syawal, mari kita semua sama-sama saling memaafkan dengan cara bersalaman secara fisik maupun bersalaman secara bathin sehingga salah dan khilaf yang telah koita diperbuat baik disengaja maupun tidak disengaja dapat terhapus.”Kata Prof. DR. H. Ahmad Amir Aziz, M.Ag

Dalam uraian singkatnya, Prof. DR. H. Ahmad Amir Azis, M.Ag yang juga Ketua Yayasan Darul Achwan Pagutan mengungkapkan bahwa Allah sangat menyukai hamba-hambanya yang saling memaafkan satu sama lain. 

Jika kita sudah saling memaafkan maka tidak ada lagi perasaan bersalah diantara kita yang membuat kita merasa terganggu satu sama lain.” Lanjut Guru Besar UIN Mataram itu.

Semoga berkah Syawal ini menjadikan kita sebagai hamba-hamba yang bertaqwa yang selalu berserah diri pada Allah SWT.”ujarnya.

Para Pengajar RA Darul Achwan dan Pengurus Yayasan Darul Achwan Pagutan

Pada kesempata itu pula Prof.DR. H. Ahmad Amir Azis, M.Ag, mengajak seluruh warga Griya Pagutan Indah Mataram untuk mendukung langkah-langkah RA Darul Achwan ini dalam rangka membangun generasi usia belia yang islami.

Kita juga harus bangga dan bersyukur, karena RA Darul Achwan ini berada pada lokasi Masjid Al Achwan, sehingga tempat suci ummat islam ini dapat menularkan keberkahan bagi RA Darul Achwan.

"Tentunya, keberadaan RA Darul Achwan ini masih membutuhkan dukungan dan partisipasi seluruh warga maupun pemerintah, baik dukungan perbaikan sarana maupun prasarana dan lain-lain sehingga proses belajar mengajar di RA Darul Achwan ini dapat berlangsung dengan aman dan lancar.”Ujar Prof.DR. H. Ahmad Amir Azis, M.Ag menghakhiri ceramah sekaligus kata sambutannya.

Acara halal bihalal yang dipandu Ibu Guru Windy Rahmania Octaviani ini dilanjutkan dengan salam salaman antara guru, orang tua siswa maupun siswa RA Darul Achwan, pengurus yayasan serta para undangan yang hadir dalam acara halal bihalal tersebut.

Kepala RA Darul Achwan, Amiatun, S.Hi., S.Pd bersama Ibu Guru Windy Rahmania Octaviani

Pada kesempatan yang sama Kepala RA Darul Achwan, Amiatun, S.Hi., S.Pd mengaku bangga dan haru dalam suasana halal bihalal ini, semoga niat baik dalam kegiatan ini senantiasa diijabah oleh Allah SWT. 

Terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, baik dukungan moral maupun materil semoga perkembangan pendidikan untuk-anak-anak kita dapat berjalan dengan baik bersama RA Darul Achwan ini. 

Melalui halal bihalal ini pula saya pribadi dan guru-guru RA Darul Achwan mengucapkan mohon maaf lahir dan bathin, semoga semangat halal bihalal ini tetap terjaga dengan penuh kebaikan dan ketulusan.”tutpup Amiatun, S.Hi., S.Pd.

Pewarta : Nia


0 Komentar