Ribuan Warga Rukun Keluarga Bima Pulau Lombok (RKBPL) Hadiri Acara Halal Bihalal 2024 di Mataram

 


Semangat persaudaraan menyelimuti kebersamaan Rukun Keluarga Bima Pulau Lombok (RKBPL) dalam acara Halal Bihalal untuk merayakan kemenangan di Hari yang Fitri. Ribuan warga Bima yang berdomisili di Pulau Lombok itu menghadirkan suasana yang penuh kehangatan dan kegembiraan.

BidikNews.net,Mataram,NTB - Acara Halal Bihalal RKPL yang bertempat di secretariat RKBPL Pagesangan Mataram itu berlangsung dengan lancar. Ribuan warga Bima tampak bersemangat untuk bertemu dan bertatap muka dibarengi canda dan tawa. Mereka saling bertukar ucapan maaf dan mempererat tali silaturahmi dalam suasana yang penuh keakraban.

Hadir dalam acara hala Bihalal RKBPL tersebut antara lain, Penjabat Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, mantan Gubernur NTB, DR. Zulkieflimansyah, Pj. Sekda NTB, Ibnu Salim,M.Si, H.Mohan Roliskana (Walikota Mataram), Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, Pj. Walikota Bima, H. Muhammad Rum, DanPOM Mataram serta para pejabat lainnya seperti Plt. Kadis PUPR Provinsi NTB, Hj. Lis Nurkomalasari. 


Hadir pula para tokoh masyarakat Bima, seperti DR. H. Arsyad Gani, H. Muhammad Nur (mantan Sekda NTB), H. Abdul Malik (mantan Sekda NTB), anggota DPR RI, anggota DPD RI dan anggota DPRD NTB serta tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat lain yang berasal dari Bima.

Ibu-ibu RKBPL pun tumpah ruah dalam acara Halal Bihalal yang diselenggarakan pada kamis, 9 Mei 2024 itu. Nampak Ibu-ibu RKBPL tampil memukau dan menawan dengan berbagai atraksi budaya islami yang membuat suasana halal Bihalal makin semarak. Nampak ibu-ibu tua dan muda turut hanyut dalam kebahagiaan ditengah suasana Halal Bihalal.

Ditambah lagi dengan lantunan ayat suci Al Quran dikumandangkan Qori Internasional Ustadz Syamsusri Firdaus dan Ustadz Ardianzyah, S.PdI dengan suara merdu dan alunan nada nada indahnya menambah kesyahduan suasana Halal Bihalal RKPL. Yang dirangkai dengan uraian hikmah Halal Bihalal dengan pesan yang syarat makna disampaikan oleh Prof.DR. H.Abdul Fatah M. Ag.


Dalam ceramah singkatnya, Prof.DR. H.Abdul Fatah M. Ag. Menguaraikan makna Halal Bihalal sebagai langkah ummat untuk kembali kepada fitrah.

Prof.DR. H.Abdul Fatah M. Ag. Menjelaskan, Halal Bihalal yang dilaksanakan RKBPL bertujuan memperbaiki dan untuk menyambung kembali hubungan yang terputus, mendekatkan yang jauh dengan berjabat tangan untuk saling memaafkan untuk memulai hari-hari kedepan dengan fitri guna menuju pribadi-pribadi yang lebih baik.

Prof.DR. H.Abdul Fatah M. Ag juga mengungkapkan rasa bangganya kepada orang Bima karena kebersamaannya yang tinggi sembari mengisahkan tentang isi buku yang ditulis oleh seorang peneliti bernama Profesor Marshal.


Dalam bukunya tersebut kata Prof.DR. H.Abdul Fatah M. Ag, bahwa Prof Marshal menyebutkan ada tiga bangsa yang dikaguminya. Tiga Bangsa tersebut antara lain, Bangsa Eropa yang diwakili Prancis, Asia diwakili Cina dan Bangsa Arab.

Orang Prancis menurut Prof Marshal dikenal sebagai bangsa yang kemampuan befikirnya yang keras, sedangan Cina memilki kelebihan pada kreatif tangannya, sementara Arab memiliki kelebihan lidahnya untuk berpantun tilawah dan berbahasa.

Berangkat dari tiga bangsa tersebut, Prof.DR. H.Abdul Fatah M. Ag menilai bahwa orang NTB memilki tiga kelebihan yang dimiliki tiga bangsa yang dikagumi Prof Marshal itu.

Buktinya, Dari segi tilawah, orang NTB memiliki qori yang menggeparkan dunia dengan menjuarai musabaqah Quran tingkat internasional, Orang NTB juga trampil dalam berbagai hal dan pemikiran kedepannya sangat keras. Karena itu, NTB mahir dalam ketiganya,” Tutur Prof.DR. H.Abdul Fatah M. Ag.


Dikahir uaraian hikmah Halal Bihalal, Prof.DR. H.Abdul Fatah M. Ag mengajak hadirin untuk memaknai halal bihalal sebagai sebuah tuntunan baik, sekaligus menyenangkan. Hal ini bermakna bahwa Al-Qur'an menuntut umat Islam agar setiap aktivitas yang dilakukan adalah sesuatu yang baik dan menyenangkan bagi semua orang.

Hikmah Halal bihalal juga mengajarkan kepada kita arti sejati dari memaafkan, memperbaiki hubungan yang terputus, dan menjalin tali silaturahmi yang lebih erat.

Halal bihalal juga dapat menghadirkan kekuatan untuk memperbaiki kesalahan dan membangun kembali kepercayaan. Dalam halal bihalal, memaafkan menjadi langkah pertama untuk menyembuhkan luka dan merajut kembali hubungan yang retak.” Kata Prof.DR. H.Abdul Fatah M. Ag.


Ketua Panitia Halal Bihalal, Muslim, ST, M. Si dalam laporannya menyampaikan, ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kehadiran Bapak dan Ibu pada acara silaturahmi dan halalbihalal ini. 

Acara yang kita gelar setiap tahun ini sungguh merupakan kegiatan penting untuk bersilaturahmi dan bermanfaat bagi kita untuk saling maaf memaafkan atas segala kesalahan dan kealpaan.” Tutur Muslim

Kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras menyiapkan acara Halal Bihalal, saya ucapkan banyak terima kasih. 

Ucapan yang sama juga saya sampaikan kepada Pj.gubernur,Pj Sekda, Walikota Mataram, Bupati Bima, Pj. Walikota Bima serta seluruh undangan yang hadir sehingga acara ini dapat berlangsung dengan sebaik-baiknya.” Tutup Muslim, ST, M. Si.


Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum RKBPL, DR.H. Muhammad Irwan Husain, MP menyampaikan betapa pentingnya momen Halal Bihalal ini dalam mempererat hubungan antara warga Bima yang mendiami pulau Lombok.

"Halal Bihalal merupakan tradisi yang telah lama dijunjung tinggi sebagai sarana untuk membersihkan hati dan mempererat silaturahmi. Melalui acara ini, kami ingin memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan di antara seluruh warga Bima di Pulau Lombok," ujar Akademisi Universitas Mataram itu.

Pada kesempatan tersebut DR.H. Muhammad Irwan Husain, MP mengungkapkan sejumlah agenda kegiatan yang telah dilaksanakan RKBPL antara lain pengadaan tanah pemakaman dan pembangunan gedung Sekretariat RKBPL.

Hasil yang telah dicapai ini merupakan buah dari pengabdian tulus dalam bingkai kebersamaan warga Bima yang ada di pulau Lombok, meski demikian pembangunan gedung sekretariat yang menjadi tempat kita berkumpul ini masih memerlukan sejumlah dana untuk penyelesaian. ” ujar pria yang murah senyum itu. 


Karena itu, kata DR.H. Muhammad Irwan Husain, MP kami selaku pengurus mengetuk hati keluarga besar “Mbojo” agar turut memberikan dukungan sehingga sekretariat yang akan dijadikan sebagai monument penting warga Bima pulau Lombok ini dapat segera diselesaikan dengan baik.” Ujar Dosen FEB Universitas Mataram itu.

Do`a dan Harapan Ketua Umum RKBPL tersebut nampaknya mendapat sambutan baik dari para dermawan. Salah satu tokoh masyarakat Lombok Barat yang akrab disapa Mamiq Dar yang turut hadir memenuhi undangan panitia Halal Bihala tak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk membantu dengan memberikan sumbangan untuk kelanjutan pembangunan gedung Sekrerariat RKBPL. Melalui orang kepercayaannya, Mamiq Dar (suami Bupati Lombok Barat Hj. Sumiatun) itu menyerahkan bantuan secara langsung disambut bangga dan haru ribuan warga Bima dicara halal Bihalal itu. 

Sementara itu, Pj Sekda NTB Ibnu Salim yang mewakil Pj Gubernur NTB dalam sambutan singkatnya menyampaikan salam takjim dan terima kasih seluruh jajaran pemerintah Prov NTB atas partisipasi RKBPL untuk ikut serta dalam membangun daerah.


Ibnu Salim juga menyampaikan rasa bangga dan bahagia bisa berada ditengah ribuan warga Bima Pulau Lombok yang melaksanakan Halal Bihalal mewakili pemerintah provinsi NTB. Pada kesempatan itu pula Ibnu Salim menyatakan sikap pemprov NTB untuk membantu penyelesaian pembanguna gedung secretariat RKBPL ini.

Momen yang penuh kegembiraan dan bahagia ini pula Ibnu Salim  atas nama Pemprov NTB melepas secara resmi Jamaah Calon Haji asal Bima yang berdomisili di Pulau Lombok.

“ Atas nama pemperintah Provinsi NTB secara resmi kami melepas keberangkatan Jamaah Calon Haji semoga menjadi haji yang Mabrur,” tutr Ibnu Salim dengan nada haru.


Ribuan warga Bima Pulau Lombok menyambut hangat momen Halal Bihalal ini sebagai kesempatan untuk mempererat hubungan. Mereka mengungkapkan harapannya agar semangat kebersamaan yang terjalin dalam acara ini dapat terus terpelihara dalam kehidupan sehari-hari.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram, DR. H. Arsyad Abdul gani mengaku sangat mengekspresikan rasa syukurnya atas terselenggaranya acara Halal Bihalal ini. 

Acara ini memberi kesempatan kepada kita semua untuk mempererat hubungan dengan sesama sehingga kita mengambil hikmah tentang pentingnya memaafkan dan menjaga silaturahim.

Dengan acara Halal Bihalal ini, diharapkan semangat persaudaraan dan kebersamaan yang tercipta dapat terus menginspirasi seluruh warga Bima yang bernaung dalam wadah RKBPL untuk terus membangun hubungan yang harmonis.” Tutur H. Arsyad Gani 

Pewarta : Dae Ompu


0 Komentar