Lingkungan GPI Mataram Pasang CCTV, Solusi Menekan Tindakan Kejahatan

Salah satu CCTV di LingkunganGriya Pagutan Indah (GPI) Mataram

BidikNews
- Pemasangan CCTV sebagai sebuah jaringan kamera pemantau bertujuan untuk memastikan keamanan suatu area tertentu, baik area publik maupun area privat, dari berbagai gangguan. Umumnya, gangguan tersebut berupa pencurian, kekerasan, dan bentuk kejahatan lainnya. Hal ini sejalan dengan salah satu asas dasar dalam UU 1/2011, yaitu keselamatan, keamanan, ketertiban, dan keteraturan.

Terlepas dari itu semua, memasang CCTV di lingkungan perumahan, kantor maupun di sekolah, ternyata memberikan dampak yang signifikan terhadap keamanan di sekitarnya.”ujar Agus Fikriadi salah seorang Ketua RT di Griya Pagutan Indah Mataram pada BidikNews.

Menurut Agus, Pemasangan CCTV dapat Mencegah tindakan pencurian dan perampokan, sebab pencuri atau perampok biasanya akan berpikir dua kali saat mengetahui tempat yang akan menjadi sasaran kejahatannya dipasang kamera pengawas dan atau terdapat papan peringatan yang memberi tahu bahwa daerah tersebut berada di bawah pengawasan CCTV.

Selain itu keberadaan CCTV, akan memudahkan pihak berwenang untuk mengidentifikasi serta melacak pergerakan para penjahat. Hal ini juga mampu untuk mencegah insiden yang tidak diinginkan, sebelum semuanya benar-benar terjadi.

Manfaat berikut memasang CCTV dapat mencatat bukti untuk membantu memudahkan pihak berwenang ketika menganalisis sebuah kejadian berdasarkan hasil rekaman yang tertangkap CCTV. Hal ini bisa bisa dijadikan sebagai barang bukti untuk melawan para penjahat di pengadilan.” Ujar Agus.

Camera camera pemantau cctv di Lingkungan GPI Kota Mataram-NTB

Agus Fikriadi yang sehari hari bertugas di BID TIK Polda NTB berpangkat Brigadir ini menjelaskan, Keberadaan CCTV juga terbukti ampuh membantu kita untuk mengawasi berbagai aktivitas yang terjadi. Bahkan sudah banyak kasus kejahatan yang dilakukan penjahat terungkap berkat kehadiran kamera pengawas. Sehingga dengan CCTV yang terpasang kita tidak perlu terlalu khawatir, karena kita juga bisa mengawasi situasi rumah dan lingkungan kita dari jarak jauh melalui ponsel.”lanjut Agus.

Berhubung manfaat pemasangan CCTV yang begitu signifikan, makanya warga Lingkungan Griya Pagutan Indah (GPI) Mataram memutuskan untuk memasang kamera pengawas di beberapa titik yang dianggap strategis meski hanya beberapa RT saja dulu. Nantinya RT RT lain yang ada di Lingkungan GPI diharapkan dapat memasang CCTV.”pesan Agus.


Sejumlah Tokoh Masyarakat Griya Pagutan Indah Mataram -NTB sangat mengapresiasi langkah warga yang telah memasang cctv di Lingkungan BTN Griya Pagutan Indah Mataram. Berkat CCTV yang dipasang wilayah perumahan, akan jadi lebih mudah mengawasi para pelaku yang berniat jahat dan bahkan anak-anak yang bermain di luar rumah dapat di monitor, selama tidak keluar dari area pantau kamera.


Pewarta : dae ompu
Editor    : BN-007

0 Komentar