Membaca Al Qur`an Sebagai Penawar Sakit dan Penyejuk Hati

Drs. H. Muhammad, Nasikhin, M.Ag

Al Quran berisi wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhamad SAW satu persatu melalui malaikat Jibril. Salah satu keistimewaan Alquran yakni kemurnian Al Quran terjaga hingga akhir zaman. Keistimewaan Al Quran yakni sejak diturunkan hingga akhir zaman kelak kemurnian dan keotentikan Al Quran akan senantiasa terjaga.


BidikNews – Hal itu disampaikan Drs. H. Muhammad, Nasikhin, M.Ag kepada jamaah sholat Subuh Masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah Mataram bertepatan dengan hari ke 16 Ramadhan atau Senin, 18April 2022.

Dijelaskan H. Muhammad Nasikhin, Al-Qur'an menurut bahasa berarti bacaan atau yang dibaca. Al-Qur'an adalah wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril sebagai petunjuk bagi umat manusia. Al-Qur'an diturunkan untuk menjadi pegangan bagi mereka yang ingin mencapai kebahagian dunia dan akhirat.

Diuraikan Dosen Senior Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram ini, bahwa Membaca Al-Qur'an mampu menjadi penuntun ke jalan kebenaran, kebaikan dan keselamatan. Sebagai pedoman hidup umat islam, Aquran adalah tuntunan kita mendekatkan diri kepada Allah SWT. Keberkahan dan manfaat akan didapatkan apabila kita ikhlas, rutin dan mampu mengamalkan isi kandungannya dalam kehidupan sehari-hari.” Kata H.Muhammad Nasikhin.

Jamaah Muslim Masjid Al Achwan Griya pagutan Indah sedang membaca Qur`an

Selain itu, Kata H.M.Nasikhin, manfaat membaca Al-Quran juga dapat menjadi penawar penyakit dan menentramkan hati. Allah SWT berfirman:

“Dan Kami turunkan di dalam al-Qur’an suatu yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman” (QS al-Israa’: 82).

Dijelaskan H. nasikhin, Belajar dan mengamalkan al-Qur'an sangatlah penting, karena tidak ada satu ayatpun dari al-Qur'an yang membuat si pelajar, pembaca, dan pengamal mengalami kerugian. Karena al-Qur'an adalah mukjizat satu-satunya yang sangat luar biasa dan tidak ada satu orangpun yang dapat membuat 1 ayat al-Qur'an.” Terangnya.

Didalam al-qur'an juga terdapat pedoman hidup. Seperti akidah, ibadah, akhlak, hukum hukum, peringatan, sejarah, dan dorongan untuk berfikir.

Membaca Alquran juga mendatangkan pahala. Rasulullah ﷺ bersabda:  

“Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya.” (HR. At-Tirmidzi).

Diakhir uraiannya, Drs. H. Muhammad Nasikhin, M. Ag menyampaikan beberapa keuntungan bagi Orang yang selalu baca Qur'an, sebagaimana Hadis diriwayatkan dari sahabat Mu'adz bin Jabal. antara lain, akan mendapat: 1. Hidup bahagia 2. Mati syahid 3.Selamat dan mendapat perlindungan di Padang Mahsyar 4. Selalu mendapat petunjuk Allah. 5. Al-Qur'an akan melindungi dari godaan syetan. 6. Timbangan amal kebaikannya semakin berat.” Tutup H.Muhammad Nasikhin yang diamini ratusan jamaah dengan khusu` mengikuti ceramah subuh itu.


Pewarta : dae ompu
Editor  : BN-007

0 Komentar