Wabub Dompu Tebar 15 Ribu Bibit Ikan Nilam di Embung La Nangga Desa Tembalae


BidikNews
- Upaya pemerintah meningkatkan ketahanan pangan serta mendatangkan manfaat bagi masyarakat, Wakil Bupati Syahrul Parsan menebar bibit ikan Nilam sebanyak 15 ribu ekor di embung La Nangga Desa Tembalae Kecamatan Pajo  pada Rabu ,18 Mei 2022.

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud keseriusan Bupati dan Wakil Bupati Dompu untuk membuktikan bahwa program Jara Pasaka AKJ-SYAH benar-benar bersentuhan langsung dengan masyarakat di daerah itu.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST, MT mengatakan, Penebaran benih ikan di embung tersebut diharapkan dapat meningkatkan produksi ikan untuk kebutuhan masyarakat di kecamatan Pajo Dompu.

Selain itu kata Wabub, dengan pelepasan bibit ikan ini, diharapkan bisa menyeimbangkan ekosistem di air tawar, serta memberikan harapan kepada masyarakat di desa untuk mengkonsumsi ikan segar setiap harinya. 

Selain itu untuk mendukung program pemerintah dalam gerakan makan ikan, mengingat Ikan merupakan sumber protein yang tinggi sehingga dapat meningkatkan asupan gizi pada anak dan mendukung perkembangan otaknya.” ujar Wabub.


Di Embung La Nangga ini relative cukup untuk memelihara ikan. Ia berharap benih ikan dijaga dan dirawat bersama,” kata Syahrul Parsan yang disambut gembira warga Desa Tembalae kecamatan Pajo dan sekitar.

Dengan adanya penebaran benih ikan ini ujar Syahrul, kedepan bisa membantu masyarakat untuk terus mengkonsumsi ikan serta bisa memproduktifkan peranan embung tidak hanya sebagai pengairan, namun juga sebagai lahan produktif untuk mengelola ikan.

Selain menjaga keseimbangan ekosistem sungai, juga dapat menciptakan wisata alam yang murah melalui kegiatan memancing."kata Wabub.

Wakil BuPati mengharapkan ke pada muspika kec Pajo dan masyarakat Pajo untuk sama sama menjaga ikan di embung La Nangga ini dan melarang keras kepada masyarakat agar tidak melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan pukat pukat apalagi doi racun pakai potas agar perkembangan biak ikan di embung ini bertahan lama untuk dinikmati masyarakat.


Wakil Bupati Syahrul Parsan menganjurkan jika warga masyarakat yg membutuh kan ikan di embun ini agar mendapatkan dgn cara yang baik” pesannya.

Penebaran benih ikan ini merupakan salah satu ketahanan pangan di Kabupaten Dompu, maka masyarakat harus menjaganya dengan baik, dan harus dipastikan ini bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Wabup yang selalu perpenampilan sederhana ini.

Turut mendampingi Wakil Bupati dalam kegiatan pelepasan bibit ikan tersebut antara lain, pejabat Dinas Perikanan pemkab Dompu, Camat pajo, Kades Ranggo dan Kades Tembale, Danposramil Pajo serta aparat kepolisian dan sejumlah tokoh masyarakat setempat maupun warga masyarakat lainnya.

Diakhir pesannya, Wabub mengatakan, Sosialisasi harus terus dilakukan agar penebaran bibit ini dipastikan aman, jangan sampai ada orang yang melakukan penangkapan ikan dengan cara meracuni maupun dengan mengunakan strum, agar ikan bisa tumbuh dengan baik dan terjaga kelestariannya.” Tutupnya.

Pewarta : Ahmad
Editor  : BN-007


0 Komentar