Ribuan warga Lingkungan GPI Mataram Meriahkan Car Free Day


BidikNews
- Ribuan warga Lingkungan Griya pagutan Indah (GPI) Mataram mendatangi arena Car Free Day (CFD) di jalan Batu Bolong Mataram Minggu (5/5) 2022. Kegiatan Car Free Day yang digelar warga GPI  ini sebagai salah satu cara untuk mengurangi tingkat polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat.

Warga yang telah berkumpul sejak pukul 06.00 WIB pagi tersebut sangat antusias untuk mengikuti acara ini, selain dapat melakukan Senam Sehat, warga juga dapat melakukan kegiatan olahraga lainnya, bahkan tidak sedikit para pedagang Usaha Kecil Menegah (UKM) yang memanfaatkan momen ini untuk menjual produk-produk rumahan mereka.

Beragam kuliner yang dijajakan pedagang serta dapat  memanfaatkan fasilitas yang ada di ruas jalan Batu Bolong Lingkungan GPI. Tak hanya itu momen CFD juga dimanfaatkan untuk kumpul bareng dan silaturahmi warga.

Lurah pagutan Barat, Camat Sekarbela, Baboinkamtibmas Pagutan Barat serta Kaling GPI berpose bersama di arena CFD

Pada kesempatan itu, Lurah Pagutan Barat,Kota Mataram Drs. Nasrullah, AM mengatakan, Car Free Day atau hari bebas kendaraan ini diharapkan menjadi agenda rutin setiap bulan pada hari minggu pagi. Artinya warga dapat berkumpul di area seperti ini dan melakukan berbagai kegiatan berolahraga dan lainnya seperti saat ini” ujar Nasrullah

“Acara ini bertujuan agar warga senantiasa terbebas dari polusi khususnya yang diakibatkan oleh asap kendaraan, sehingga warga Kota Mataram dapat selalu menghirup udara yang bersih dan sehat. Artinya selain menjadi ajang kebersamaan, warga juga dapat terbiasa pola hidup sehat dengan berolahraga”, kata Nasrullah.

Sementara itu Kepala Lingkungan GPI Indra Gunawan, mengajak seluruh warga Lingkungan Griya Pagutan Indah Mataram, untuk gemar berolahraga karena hal tersebut sangat baik untuk kesehatan, dengan kegiatan olahraga Senam Sehat yang dilakukan dalam kegiatan Car Free Day ini adalah sangat bagus bagi warga Kota Mataram pada umumnya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, sehingga dapat kembali semangat dalam beraktivitas.

Car Free Day atau hari bebas kendaraan bermotor yang dilaksanakan di ruas jalan Batu Bolong disambut antusian ribuan warga di Lingkungan Griya Pagutan Indah Kelurahan Pagutan Barat Kota Mataram.


Kegiatan Car Free Day pada Minggu, 5 Mei 2022 yang di gagas "Grup Ngopy" warga Lingkungan GPI tersebut berjalan lancar dan sukses. Turut hadir dalam acara tersebut antara lain, Anggota DPRD Kota Mataram Hj. Baiq Mirdiati, ibu-ibu serta serta anak-anak dan pemuda turut ambil bagian dalam kegiatan yang penuh dengan kegembiraan dalam kebersamaan itu.

Tak ketinggalan Prof. Dr. H. Ahmad Amir Azis, DR.H.Kadri serta Camat Sekarbela Mataram Cahya Samudra dan tokoh masyarakat lain turut meriahkan Car Free Day yang diketuai Lalu Johan Wahyudi  serta dibantu sekretaris Agus Fikriadi itu. 

Kegiatan Car Free Day di Lingkungan Griya Pagutan Indah Mataram merupakan kali yang pertama setelah sejumlah agenda kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya yang digagas warga.


Ada banyak cerita indah dalam kegiatan Car Free Day, selain anak-anak bersuka ria dengan fasilitas bermainnya, para UKM juga ikut kebagian rejeki dari hasil penjaualannya. Ada makanan, minuman serta pakaian dan sembako yang laris manis di area Car Free Day berlangsung.

Sejak pagi pukul 6.00 wita, wanita dan pria serta anak-anak dan pemuda melakukan senam sehat bersama dipandu para pelatih senam yang cantik dengan menampilkan goyangan nan aduhai diiringi dentuman music yang menggelegar membuat suasana makin meriah.

Yang jelas, di sepanjang ruas jalan Batu Bolong Lingkungan Griya pagutan Indah pada minggu, 5/5/22 pagi hingga jam 10.00 wita tersebut dipenuhi ribuan warga hadir di acara yang penuh keceriaan dan berbahagia itu.

Dengan menyelenggarakan Car Free Day mendatangkan banyak manfaat baik yang bagus untuk kesehatan manusia dan juga lingkungan. Selain bermanfaat untuk lingkungan, adanya CFD juga dapat menumbuhkan interaksi sosial antar masyarakat.,” ungkap Ketua Panitia Penyelenggara, Lalu Johan Wahyudi kepada media ini di area CFD.

Ada kenangan indah yang tercipta dalam kegiatan CFD ini, kita mampu menjadi warga yang paling bahagia, kita bisa bemain bersama, bergembira bersama, perbedaan yang kadang muncul akan menjadi perekat kebersamaan." kata Johan Wahyudi

warga membludak dalam acara CFD di Lingkungan Griya pagutan Indah Mataram

Kedepannya kegiatan seperti ini diusahakan dapat terlaksana setiap bulannya sehingga akan terbangun, persahabatan yang dilandasi oleh keihlasan dan kasih sayang, yang pada gilirannya akan melahirkan keabadian dalam kebersamaan". Kata Johan

Ia juga mengharapkan agar melalui CFD ini maka kebahagiaan akan selalu datang di tengah kebersamaan. Apa pun itu, lakukanlah bersama-sama. Hidup ceria dan bahagia ketika senyum bersama".kata Lalu Johan dengan nada puitis.

DR. H. Kadri di arena CFD mengaku bangga kepada panitia pelaksana karena dengan CFD ini warga dapat saling berbaur dan bersama dalam suasana yang penuh kehangatan dalam kerbersamaan. Semoga berikutnya kegiatan seperti ini dapat terlaksana di Lingkungan GPI,” harapnya.

Politisi Gaek H.L. Darma Setiawan Turut Bahagia meriahkan CFD di GPI


Tokoh Politik dan tokoh masyarakat Pagutan Barat HL.Darma Seiawan nampaknya turut hanyut dalam kebahagiaan ketika Car Fre Day yang dilaksanakan di Lingkungan Griya pagutan Indah Mataram, Minggu,5/5/22. Ini.

Pada kesempatan itu mantan anggota DPRD itu bersama ribuan warga lainnya berbaur bergembira bersama dan saling bersenda gurau sekaligus melepas kerinduan untuk dapat dirajut kembali.

Senyum bahagia nampak jelas di wajah mantan Politisi Golkar NTB ini. Ia mengaku berbahagia dapat berkumpul dengan ribuan warga lainnya yang turut meriahkan kegiatan CFD ini. Bagi HL.Darma Seiawan kesempatan ini merupakan momentum untuk merajut kembali silaturrahmi yang sempat tersumbat.

Kegiatan CFD yang gagas warga Griya Pagutan Indah ini kata Politisi gaek yang kini berlabuh di Partai PKS ini diakuinya sebuah langkah besar dalam merajaut kebersamaan antar warga di Lingkungan Griya pagutan Indah Mataram serta warga Pagutan Barat sekitarnya.

Ia berharap kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara terus menerus meski sebulan sekali. Ia tak dapat mebayangkan jika bulan berikut CFD dilaksanakan ditempat ini akan lebih banyak lagi warga yang turut hadir memeriahkannya.”ujar pokitisi yang telah hengkang dari partai berlambang pohon beringin ini.

Hj. Baiq Mirdiati Tumpahkan Rasa Bahagia di CFD

Hj. Baiq Mirdiatibersama suami tercinta me;lakukan senam sehat bersama ibu-ibu di acara CFD

Anggota DPRD kota Mataram Hj. Baiq Mirdiati yang dikenal sebagai wakil rakyat yang merakyat ini, sejak pagi hadir di area CFD. Bersama suami tercinta Hj. Baiq Mirdiati berbaur bersama ibu-ibu dalam suasana yang penuh kehangatan.

Hj. Baiq Mirdiati bagi warga Griya Pagutan Indah bukanlah orang baru, meski dirinya berdomisili di PKelurahan Pagesangan tetapi hati dan perasaannya selau tertuju di seluruh warga GPI Mataram.

Ia telah dianggap sebagai saudara sendiri oleh warga GPI karena berbagai program kegiatan pembangunan sebagai wakil rakyat telah sedang dan akan di  terus digelontorkan di Lingkungan Griya Pagutan Indah Mataram. 

Sebagai wakil rakyat Hj. Baiq benar-benar menumpahkan segala kemampuannya untuk warga masyarakat termasuk warga Griya pagutan Indah Mataram. Loyalitasnya pada rakya tak diragukan, sehingga tak salah jika sosok Hj. Baiq Mirdiati akan melenggang mulus menjadi wakil rakyat untuk periode berikutnya.

Bhabinkamtibmas bersama Babinsa TNI Laksanakan Pengamanan


Bhabinkamtibmas Kelurahan Pagutan Barat Polsek Pagutan Aiptu Arya, bersama Babinsa TNI M. Lutfi melaksanakan Pengamanan Kegiatan acara “Car Free Day" warga Lingkungan Griya pagutan Indah Mataram pada Minggu, 5 Mei 2002.

Kegiatan warga Lingkungan Griya pagutan Indah Mataram yang dikemas dalam bentuk Car Free Day (CFD) tersebut adalah pertama kali yang digelar. Hadir dalam kegiatan tersebut adalah, warga Lingkungan Griya pagutan Indah dan sekitarnya dari usia anak-anak sampai usia tua dan juga para Tokoh Masyarakat, dalam rangka menyemarakkan lingkungan sekaligus bermain, joging dan berolah raga pagi.

Bhabinkamtibmas Aiptu Saptiawan Riyadi dan Babinsa TNI M. Lutfi pada kegiatan tersebut, melakukan Sambang dan Pengamanan Kegiatan mengantisipasi terhadap potensi terjadinya gangguan kamtibmas dengan menyampaikan pesan-pesan dan himbauan kepada warga masyarakat pengunjung, antara lain, Agar semua pengunjung Car Free Day turut menjaga keamanan dan ketertiban serta kebersihan di lingkungan atau area Car Free Day.

Selain itu Arya dan Lutfi juga menghimbau kepada para pengunjung Car Free Day untuk mengamankan barang bawaan masing-masing dengan tujuan untuk keamanan dan kenyamanan bagi para pengunjung sendiri.

Pedagan Kuliner dan UKM Mengais Rejeki di CFD


Kebahagiaan bukan saja dirasakan ribuan warga GPI, tetapi para UKM juga turut ambil bagian untuk memburu rupiah di acara CFD. Berbagai macam barang jualan UKM turut meramaikan CFD, termasuk sarana bermain anak-anak kebagian rejeki di arena CFD.

Berbagai macam jenis makanan, minuman dan bahkan pakaian juga turut dijual para UKM di lokasi CFD. Sebuah pemandangan yang benar-benar indah untuk dikenang, bahwa CFD bukan saja untuk menikmati bersihnya udara dan lingkungan tetapi ada banyak limpahan rejeki lain bagi parta UKM untuk mengais rejeki.

Pewarta : Dae Ompu
Editor : BN-007

0 Komentar