Imam Besar Masjid Al Achwan Pimpin Do`a Bersama Sebelum Penyebelihan Perdana Hewan Qurban

 Imam besar Masjid Al Achwan Drs. H. Muhammad Nasikhin, M.Ag. didampingi Ketua Takmir Masjid DR. H. Maimun Zubair M. Pd laksanakan do`a bersama sebelum pemotongan perdana hewan qurban.

Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban sebagai bentuk kecintaan dan kepatuhan Nabi Ibrahim AS dalam melaksanakan perintah Allah SWT untuk mengorbankan anaknya, Nabi Ismail AS. Namun saat Nabi Ibrahim AS hendak menyembelih Nabi Ismail AS, Allah SWT lantas menggantikannya dengan kambing yang gemuk untuk dikurbankan. Hal tersebut tentu memberikan hikmah kepada Umat Muslim bahwa pengorbanan merupakan sebagai bentuk rasa syukur dan ikhlas. Pengorbanan juga salah satu kunci sukses kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.


BidikNews -  Panitia qurban Masjid Al Achwan Lingkungan Griya pagutan Indah Mataram, Minggu pagi usai shalat id, 10 Dzulhijjah 1443 H bertepatan dengan tanggal 10 Juli 2022 melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan qurban.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan qurban di masjid Al achwan tidak pernah sepi dengan hewan yang akan diqurban. Hal itu didorong oleh niat yang tulus serta semangat iamn sebagai ungkap[an rasa syuykur kepada Allah SWT.

Dengan niat dan keistiqomahan seluruh jamaah selaku pengurban akhirnya pemotongan perdana hewan qurban ini pun dapat di wujudkan dan diawali dengan do`a bersama yang dipimpin oleh Imam besar Masjid Al Achwan Drs. H. Muhammad Nasikhin, M.Ag.

Didampingi Ketua Takmir Masjid Al Achwan, DR. H. Maimun Zubair, M. Pd, Imam Masjid H. Muhammad Nasikhin dalam do`anya agar para pengurban senantiasa diberi keridhaan oleh Allah atas ketulusan sebagai bukti syukurnya pada Allah SWT, sekaligus mendo`akan warga muslim GPI yang tengah melaksanakan ibadah Haji semoga mereka mendapatkan haji yang mabrur.

Dihadapan hewan qurban yang siap untuk disembelih Imam Masjid H. Muhammad Nasikhin terlihat menunduk dengan mimic haru saat membacakan butir-butir do`anya yang yang mustajab.

Penyembelihan perdana hewan qurban (sapi) oleh Ustadz Drs. H. Ahmad Zumri.

Usai do`a bersama, Ustadz Drs. H. Ahmad Zumri telah siap melaksanakan amanah Takmir dan para pengurban untuk melaksanakan penyembelihan perdana hewan qurban berupa sapi di halaman masjid Al Achwan.

Ketua Takmir Masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah Mataram  ketika menyaksikan proses qurban menyebutkan bahwa jumlah hewan qurna sebanyak 22 ekor, terdiri dari sapi sebanyak 16 ekor dan kambing sejumlah 6 ekor.

Hal tersebut tentu memberikan hikmah kepada Umat Muslim bahwa pengorbanan merupakan sebagai bentuk rasa syukur dan ikhlas. Pengorbanan juga salah satu kunci sukses kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.” Ujar H. maimun Zubair diusela-sela kegiatan qurban.

“Alhamdulillah warga Muslim Gritya pagutan Indah  dapat melaksanakan penyembelihan sebanyak 22 ekor hewan qurban di tahun ini, karena ini merupakan suatu momentum kebersamaan dalam melaksanakan ibadah qurban seluruh warga muslim di GPI dengan penuh keikhlasan,”ujar Maimun Zubair.

Lebih lanjut, Maimun Zubair mengatakan bahwa nantinya daging-daging hewan qurban tersebut akan bagikan kepada seluruh warga muslim GPI serta masyarakat sekitar.

Ketua Takmir juga mengapresiasi kepada jamaah muslim sebagai pengurban yang dengan penuh keikhlasan menyisihkan sebahagian hartanya untuk berqurban atas niatnya yang tulus untuk beribadah qurban,”tutur Maimun.

Pewarta : Dae Ompu
Editor  : 007

0 Komentar