Atasi Pengangguran, Disnakertrans Provinsi NTB Adakan Job Fair Akbar 2022

Kadisnakertrans Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi. Foto : Repro BidikNews

BidikNews
– Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bekerja sama dengan Pusat Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI akan menggela Gelar Virtual Job Fair Akbar pada tanggal 10-11 Agustus 2022 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Kadisnakertrans Provinsi NTB, I Gede Putu Aryadi, kepada wartawan di mataram, selasa (2/8/2022). Dijelaskan Gede Aryadi, kegiatan Virtual Job Fair 2022 yang diselenggarakan oleh Kemnaker ini, hanya 10 Provinsi yang terpilih termasuk Provinsi NTB, karena itu Aryadi meminta seluruh pihak dapat memmanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya.

Dari data yang dirilis BPS Tahun 2021, jumlah angkatan kerja NTB sebesar 2,7 juta. Sementara jumlah angka pengangguran  NTB sebesar 3,01 persen atau sekitar 82 ribu.

Dari data tersebut kata Aryadi, Disnakertrans Provinsi NTB menargetkan pengangguran bisa menurun menjadi 2,4 persen atau sebanyak 64 ribu pengangguran. Dengan adanya Job Fair ini diharapkan dapat menurunkan angka pengangguran di Provinsi NTB.

Melalui Job Fair ini perusahaan dapat memberikan informasi terkait tren pasar kerja, sehingga pemerintah bisa menyiapkan kompetensi tenaga kerja agar matching dengan kebutuhan dunia industri.” Kata Aryadi.

Menurut Aryadi, Informasi ini sangat penting agar pemerintah mengetahui kondisi perusahaan beserta karyawannya dan dapat menganalisis tren kebutuhan dunia industri," Lanjut Aryadi.

Pada Virtual Job Fair tahun ini, Disnakertrans bakal menghadirkan 50 perusahaan. Acara yang gratis tanpa dipungut biaya ini mensyaratkan pesertanya melakukan pendaftaran secara online di  https://siapkerja.kemnaker.go.id

Pada website tersebut para pelamar kerja diminta untuk membuat akun kemnaker baru dengan mengisikan data diri berupa Nomor Induk Kependudukan (No. KTP), Nama lengkap, dan Nama ibu kandung.

Setelah melakukan pendaftaran akun kemnaker para pelamar kerja dapat memilih perusahaan yang diminati. Nantinya, lowongan pekerjaan dari 50 perusahaan tersebut juga bisa dilihat melalui laman https://jobfair.kemnaker.go.id/

Pewarta : Tim BidikNews
Editor    : BN-007

0 Komentar