Ini Kata Bupati Dompu, Ketika Menerima Kunker dan Silaturrahmi Pangdam IX/Udayana


BidikNews,Dompu
– Kunjungan kerja dan Silatuirrahmi Pangdam IX Udayana dan rombongan pada Rabu 24/8/2022 lalu dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh jajaran pemkab Dompu. Bupati Dompu H.Kader Jaelani pun tak menyia-nyiakan momen tersebut untuk menyampaikan profil kabupaten dompu yang sampai saat ini tengah melaksanakan berbagai kegiatan untuk mewujudkan masyarakat yang dompu yang sejehtera.

Dalam kesempatan iitu, Bupati Dompu H.Kader Jaelani di dampingi Wakil Bupati Dompu H Syahrul Parsan, ST.MT, mengatakan Kunjungan kerja dan silaturrahmi Pangdam IX Udayana Bapak Sonny Aprianto, SE.MM dan rombongan di kabupaten Dompu diakuinya sebagai sebuha momentum dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Dompu pada umumnya.

Turut hadir dalam menyambut kunjungan Pangdan IX Udayana tersebut antara lain, Ketua dan Anggota DPRD Dompu, Anggota Forkompinda Kabupaten Dompu, Sekda Dompu Gatot Gunawan PP, Skm. M.Kes, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Setda, Pimpinan OPD, Ketua dan Anggota KPU, Ketua dan Anggota BAWASLU, Ketua dan Anggota Legiun Veteran lndonesia Kabupaten Dompu, Para Camat, Lurah/Kades, Ketua TP PKK Kabupaten Dompu, Ketua Persit Kartika Candrakirana, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, lnsan Pers dan Undangan lainnya.

Dihadapan Pangdam IX Udayana dan rombongan Bupati Dompu, menyampaikan  Profil Kabupaten Dompu kondisi daerah dan masyarakatnya yang mayorotas bekerja sebagai petani maupun sebagai nelayan.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Dompu juga memaparkan potensi lain yang digarap dua perusahan besar yang tengah beraktifitas di Kabupaten Dompu, antara lain PT SMS sebagai perusahan penghasil Gula yang ada di Kecamatan Pekat. Hadirnya Pabrik Gula di Kecamatan Pekat ini dalam rangka memenuhi kebutuhan Gula bagi masyarakat wilayah lndonesia Timur.


Selain itu di Wilayah selatan yaitu di Kecamatan Hu,u dengan PT Sumbawa Timur Maining yang bergerak dibidang Tambang Tembaga, yang saat ini masih melaksanakan proses eksplorasi di wilayah Tambang Hu`u.

Tambang Tembaga ini juga dikhabarkan memiliki kandungan tembaga terbesar dunia dengan dengan mineral ikutan berupa cadangan emas yang cukup menjanjikan kemakmuran rakyat dompu kedepannya. Tambang Tembaga ini diperkirakan dalam beberapa tahun kedepannya akan memasuki tahap ekploitasi.

Dua perusahaan besar yang ada di wilayah kabupaten tersebut nantinya dihaprapkan mampu menanmpun ribuan tenaga kerja serta mampu memberikan kontribusi yang besar bagi daerah dan sehingga dapat  meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Bupati H.Kader Jaelani juga menyampaikan terkait situasi Kantibmas diwilayah Kabupaten Dompu, yang tetap terjaga konduktifitasnya, meski masih terjadinya aksi memanah yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab dan sangat meresahkan masyarakat. Namun berkat kesigapan aparat TNI dan POLRI dan seluruh elemen masyarakat maka, aksi memanah akhir-akhir ini sudah mulai berkurang secara perlahan ungkap.

Sementara itu, Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M dihadapan jajaran muspida beserta seluruh elemen masyarakat yang turut menyambut kunjungan kerja tersebut menyampaikan terima kasih serta rasa bangganya atas sambutan yang cukup meriah dengan suasana yang damai dalam bingkai kebersamaan yang indah dari seluruh lapisan masyarakatnya.

Dalam kesempatan itu pula Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M menyebut bahwa Wilayah kerja Kodam Daerah IX Udayana sangatlah luas. Oleh karena demikian wilayah-wilayah kerja tersebut harus dikunjungi untuk mengetahui kondisi dan keadaan wilayah kerja tersebut.

Dalam kunjungan kerjanya tersebut Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M juga menyempatkan diri mengecek lokasi bantuan pengeboran air dari Pompa Hidran yang berlokasi di desa Karamabura. Pengeboran air dengan Pompa Hidran ini dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan untuk mengaliri areal pertanian masyarakat.


Dikatakan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M dalam kesemptana itu mengatakan, kegiatan pengeboran air Hidran ini sebagai bentuk upaya bersama agar masyarakat dapat meningkatkan produksi pertaniannya. mengingat areal pertanian di Kabupaten Dompu cukup luas dan perlu digarap agar pendapatan masyarakat terus meningkat.

Karena itu kata, , Tugas pemerintah adalah memfasilitasi pemenuhan kebutuhan masyarakat termasuk didalamnya untuk menghadirkan air agar lahan yang luas tersebut bisa digarap.

Diakhir Silaturrahmi, Bupati dompu H. Kader Jaelani dan Pangdam Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M melakukan serah terima cendera mata.

Pewarta : Iwan Westom
Editor : BN-007

0 Komentar