Melalui Dirgahayu RI ke 77 Dinas PUPR Kabupaten Dompu Bersama Masyarakat Bertekad Bangun Daerah Dalam Bingkai Kebersamaan


BidikNews,Dompu
- Kabupaten Dompu merupakan salah satu daerah kering yang dengan hanya tiga bulan musim penghujan. Tentunya untuk menjaga ketahanan air dan memenuhi kebutuhan air yang semakin meningkat seiiring dengan pertumbuhan penduduk, karena itu salah satu kunci pembangunan dan peningkatan kesejahteraan di daerah Dompu adalah dengan menjaga ketersediaan air.

Kesinambungan ketersediaan air dapat dipenuhi dengan pembangunan tampungan air. Untuk itulah Pemerintah kabupaten Dompu bersama Pemerintah provinsi melalui Ditjen SDA Kementerian PUPR RI terus meningkatkan jumlah tampungan air di NTB, salah satunya dengan pembangunan bendungan. Salah satunya adalah Bendungan Mila di Tanju di Kabupaten Dompu yang telah diresmikan oleh Presiden RI, di awal tahun 2019 ini,

Bendungan Mila dapat mengairi Daerah Irigasi seluas 1.689 Ha, meningkatkan intensitas tanam dari 186% menjadi 300% pada Bendung Rabbaka, memenuhi kebutuhan air baku sebesar 100 liter per detik untuk Kabupaten Dompu dan mereduksi banjir sebesar 142,57 meter kubik per detik. Bendungan ini juga dimanfaatkan sebagai konservasi dan pariwisata di Kabupaten Dompu.

Sedemikian besarnya manfaat Bendungan Mila, pemerintah berpesan untuk menjaga kualitas iar bendungan, salah satunya dengan mencegah adanya tambak keramba ikan.

Bagi pemerintah dan masyarakat Dompu sendiri, kehadiran mega bendungan di Kabupaten Dompu, tentu akan meningkatkan produktivitas pertanian masyarakat Dompu yang terkenal dengan produksi jagung dan berasnya.


Sebuah kebanggaan bagi rakyat dan pemerintah dompu ketika pemerintah pusat menghadirkan Sistem Irigasi Rababaka Kompleks yang didukung oleh Bendungan Tanju dan Mila yang telah menjadikan sebuah satu mimpi menjadi kenyataan.

Wujud nyata sebuah Negara yang telah merdeka selama 77 tahun benar-benar memberikan kemajuan agar bangsa Indonesia dan khususnya masyarakat kabupaten dompu menikmati hasil kemerdekaan Bangsa melalui perjuangan panjang yang mtelah mengorbankan harta benda nyawa.

Melalui kesempatan ini, Dinas PUPR Kabupaten Dompu melalui Bidang Pengairan mengucapkan Dirgahayu RI ke 77, semoga motto suci “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat” yang penuh makna menjadikan rakyat Dompu terus berinovasi untuk lebih bergairan membangun daerah dalam bingklai kebersamaan
 

Pewarta : Iwan Westom
Editor : BN-007

0 Komentar