BPKP NTB Terus Berinovasi, Wujudkan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani


Sebagai Badan yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden, BPKP telah diakui ratusan juta penduduk Indonesia sebagai sebuah lembaga yang melaksanakan telah tugasnya dengan baik dan transparan, salah satunya adalah BPKP Perwakilan NTB.

BidikNews, Mataram - Meski baru berdiri efektif pada tanggal 4 Oktober 2011 keberadaan BPKP Perwakilan NTB dinilai banyak pihak telah memberikan kontribusi nyata dalam kegiatan Pengawasan dan pendampingan terhadap pemerintah Daerah dan stakeholder (pemangku amanah) yang ada di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat. 

Dalam mengejewantahkan perannya, BPKP Perwakilan NTB melakukan kolaborasi dengan sejumlah instansi pemerintah, BPKP NTB juga sangat menjunjung tinggi integritas bagi seluruh pegawainya. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya Wilayah Bebas Korupsi di tahun 2020.

Tidak berpuas diri dengan predikat tersebut, BPKP NTB terus meningkatkan budaya integritas, sinergi dan kolaboratif dalam mengawal ankutabilitas negeri melalui pembangunan zona integritas menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani.

BPKP NTB dalam kiprahnya telah banyak memberikan kontribusi positif bagi sejumlah daerah dan lembaga pemerintah di NTB, hal ini ini ditandai dengan penyataan beberapa pihak seperti, pernyataan Kepala Inspektorat Kota Mataram, Baiq Nely Kusumawati  yang diunggah melalui kanal Youtube BPKP NTB.

Dalam Kanal Youtube BPKP tersebut, Baiq Nely mengatakan, bahwa pelayanan BPKP NTB sangat memuaskan, dan sangat responsive ketika pihaknya meminta untuk konsultasi maupun permintaan pendampingan dan bimbingan tehnis terkait kegiatan pengawasan.


Hal yang sama disampaikan, Irban Inspektur Kabupaten Lombok Tengah, Suhada serta Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTB maupun Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) NT I NTB, Hendra Ahyadi.

Dalam pernyataannya, BPKP NTB telah memberikan kontribusi positif dalam rangka pendampingan dan pembinaaan dalam setiap rangkaian kegiatan. Sehingga keberadaan BPKP NTB berpeluang besar untuk didukung guna memperoleh predikat menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), mengingat pelayanan yang diberikan oleh BPKP NTB kepada jajaran pemerintah baik Provinsi maupun kabupaten Kota selama ini dinilai sangat memuaskan.

Sementara itu, Kepala BPKP Perwakilan NTB,  Ilham Nurhidayat dalam penjelasannya, mengatakan, bahwa sesuai amanat PP No.60 Tahun 2008 dan Perpres 192 Tahun 2014 BPKP bertugas untuk membantu terwujudnyaakuntabilitas keuangan pembangunan nasional termasuk keuangan daerah di wilayah NTB.

Ilham Nurhidayat juga mengatakan bahwa BPKP NTB bertekat untuk terus menerus memberikanpelayanan terbaik terhadap stakeholder di NTB. Untuk mewujudkan itu salah satu yang dilakukan jajaran BPKP NTB adalah mewujudkan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Kepala BPKP Perwakilan NTB, didampingi oleh Gubernur NTB, DR. H.Zulkieflimansyah dan Kepala BPK RI, Muhammad Yusuf Ateh. Foto : Repro BidikNews

Selain itu BPKP NTB juga melakukan berbagai inovasi, Inovasi yang dibangun BPKP NTB dengan tajuk “ Budaya Integritas, sinergi dan Kolaborasi untuk Pelayanan Prima”. 

Iniovasi ini kata Ilham Nurhidayat dibangun dalam rangka menumbuh kemba. ngkan integritas sekaligus memberikan pelayanan terbaik pada stakeholder

Gubernur NTB, DR.H. Zulkieflimansyah dalam kanal Youtube yang diunggah BPKP NTB juga mengungkapkan rasa bangga dan bahagianya terhadap kinerja  Kepala BPKP NTB dan seluruh jajarannya, karena selalu bekerjasama dan berkomunikasi dengan baik.

Dikatakannya, Ilham Nurhidayat merupakan sosok yang rendah hati dan selalu hadir disaat kami membutuhkan, sehingga apapun masalah beliau selalu memberikan arahan dan bimbingan.

Mudah-mudahan integritas kami di NTB tetap terjaga sehingga kami semua selamat untuk menjalankan amanah ini dengan baik, dan terima kasih atas pendampingan BPKP NTB yang sangat luar biasa,” tutur Bang Zul panggilan akrab Gubernur NTB ini.

Beragam komentar ditujukan kepada BPKP Perwakilan NTB, Komentar-komentar warga masyarakat tersebut mengarah penilaian positif atas hasil baik yang ditorehkan BPKP NTB.

Saimun Rahman dalam komentarnya di kanal Youtube BPKP NTB,mengatakan bahwa BPKP NTB selalu berinovasi tanpa henti dan ikhtiar mewujudkan dan kembangkan zona integritas dan WBBM. 

Trimaksih pak Kaper beserta semua jajaran atas bimbingan dan pendampingan yang telah banyak membantu kelancaran tugas kami dalam melakukan pengawasan intern atas penyelenggaraan pemerintah di kabupaten Lombok Timur,” katanya

“BPKP NTB luar biasa. Tetap kompak dan semangat dalam berkinerja,” tulis Uji anti dalam komentarnya. Komentar lainnya, “Bravo BPKP NTB, semoga sukses mewujudkan WBBM dan WBK di NTB,” tulis dee dee.

Dan cukup banyak komentar-komentar lain yang memberikan dukungan kepada BPKP NTB agar lebih berinovasi lagi dalam melayani serta melakukan pendampingan dan pengawasan sehingga kedepannya NTB menjadi wilayah yang bersih dari prilaku korup dan menyimpang dalam mengelola keuangan pembangunan. Bravo BPKP NTB

Pewarta : Dae Ompu

0 Komentar