Niat Berinvestasi, Salim Grup Corp. Kunjungi BIB NTB


Sebagai salah satu UPTD yang memiliki peran dan  fungsi dalam pengembangan Bioteknologi Reproduksi Balai Inseminasi Buatan Daerah NTB pada tanggal 14 September 2022 lalu BIB NTB mendapat kunjungan dari Salim Group Corp. 

BidikNews, Mataram -  Dalam kunjungan tersebut Salim Grup Corp didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. NTB beserta jajaran. Demikian diungkapkan, Kepala Balai Inseminasi Buatan Daerah NTB, Muhammad Nur kepada media ini. 

Dijelaskannya, kunjungan Salim Group Corp ini dimaksudkan untuk menjajaki potensi pengembangan Investasi sektor peternakan di NTB, karena peran Balai Inseminasi Buatan Daerah NTB dianggap memiliki keterwakilan sebagai Pusat Keunggulan Bioteknologi Reproduksi untuk mengembangkan jenis Pejantan/Bull  sebagai penghasil Semen Beku.

Muhammad Nur mengatakan, rencana pengembangan jenis Pejantan Eksotik yang dinginkan adalah sapi Belgian Blue/BB dengan keunggulan tersendiri karena jenis ini sangat diminati oleh konsumen sebagai jenis sapi potong dengan  type double muscle.

Sementara saat ini jenis sapi pejantan eksotik yang dimiliki BIBD NTB adalah Simental, Limousine dan Brangus, di samping jenis  lokal sapi Bali sebagai plasma Nutfah dengan tingkat produktifitas tinggi. 

Asisten II (Perekonomian dan Pembangunan) Setda NTB Dr. Ir. Amry Rakhman, M.Si., kepada wartawan mengungkapkan, dalam kunjungannnya tersebut, Tim Salim Group diterima Gubernur NTB, Dr.H.Zulkieflimansyah didampingi Kepala OPD terkait, sekaligus diberikan penjelasan terkait lokasio-lokasi yang akjan dikunjungi di NTB.


Keinginan Salim Group untuk berinvestasi dan mengambil potensi dari NTB nampaknya akan mengisi produk-produk makanan kemasan yang selama ini banyak menghiasi pasar Indonesia, seperti produk-produk Indofood yang lebih banyak di bidang makanan.” Terang Amry Rakhman.

Tentunya untuk mengisi ini, maka Salim Grup Corp harus menjalin kerjasama dengan petani, nelayan dan juga peternak, baik secara perorangan atau kelompok untuk memenuhi pesanan yang sudah ditetapkan.”katanya.

Selain itu, Kata Asisten II (Perekonomian dan Pembangunan) Setda NTB Dr. Ir. Amry Rakhman, M.Si., jika sudah menjalin hubungan ini, diharapkan mampu memberdayakan peternak, petani dan nelayan, sehingga produk atau komoditi asal NTB memiliki pangsa pasar jelas. Terlebih jika melihat, banyak produk asal NTB yang siap memenuhi kebutuhan untuk industri yang dimiliki Salim Group.

Mengenai rencana pembangunan pabrik oleh Salim Group di NTB tergantung dari hasil kunjungan tim ke lapangan. Jika pihak Salim Group dari hasil kunjungan lapangan ini melihat potensi yang dimiliki NTB cukup besar, maka kemungkinan mereka untuk membangun pabrik tinggal menunggu waktu.  

Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah pada kesempatan tersebut mengatakan, jika Salim Group ingin berinvestasi di NTB, maka upaya mewujudkan industrialisasi di bidang perikanan, kelautan, peternakan, pertanian dan perkebunan memiliki pemain besar. Artinya, jika mereka jadi berinvestasi, Salim Group tinggal menjalin kerjasama dengan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan yang diinginkan.


Sekarang ini, ujarnya, Salim Group menginginkan jumlah lahan di NTB yang berpotensi untuk pengembangan investasi. Sebagai contoh, Salim Group ingin tahu berapa jumlah lahan di NTB yang bisa ditanam kopi, jagung, termasuk ikan yang bisa disediakan petani atau nelayan dalam memenuhi kebutuhan perusahaan yang berada di bawah Salim Group.

Dikatakan Gubernur Zulkieflimansyah, jika Salim Group hanya menjadi pengepul dengan menggumpulkan hasil panen ikan atau komoditi lain dari NTB dan dikirim ke beberapa daerah atau negara, NTB tidak perlu lagi mengirim komoditi ke Surabaya Jawa Timur untuk diekspor. 

Cukup dengan keberadaan Salim Group ini, potensi pemasaran komoditi dari NTB ini sudah jelas dan tinggal memerlukan keseriusan dari semua pihak dalam membantu menyediakan fasilitas yang dibutuhkan investor. 

Apabila Salim Group sepakat untuk melakukan investasi, Zulkieflimansyah berharap agar hal tersebut dapat menjadi pemantik agar proses industrialisasi NTB tidak lagi memiliki masalah yang terlalu berarti.

Gubernur NTB juga bepesan apabila suatu daerah ingin maju, Pemerintah daerah mesti selalu membuat dunia usaha menjadi nyaman, Serta tingkatkanlah kualitas pelayanan. Semangat melayani merupakan hal yang penting.  Mari kita layani investor-investor itu agar selalu nyaman di daerah kita,” ajak Zulkieflimansyah. 

Semoga dengan kunjungan Salim Group Corp ini memberikan gambaran akan peluang investasi yang menjanjikan sebagai perwujudan NTB Gemilang. Investasi aman, NTB pasti Gemilang 

Pewarta : Dae Ompu


0 Komentar