Personil Polres Dompu Kawal Mimbar Bebas Mahasiswa di Hari Sumpah Pemuda

Suasana aksi mimbar bebas Mahasiswa di dompu yang berlangsung damai ditengah pengawalan Polres Personil Dompu

BidikNews, Dompu – Polres Dompu dalam tugasnya senantiasa diharapkan mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga masyarakat yang melakukan berbagai aktifitas di wilayah hukumnya. 

Kali ini tugas yang dijalaninya yakni mengawal kegiatan Mimbar Bebas Mahasiswa didaerah itu dalam rangka Hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun yang digelar Himpunan Mahasiswa Islam (HMI-MPO) Cabang Dompu Raya, di Komplek Bundaran Taman Kota, Dompu berjalan lancar, aman dan tertib.

Kegiatan bertajuk ""Gerakan Pemuda Menolak Lupa, Ambigu Dalam Narasi Penguasa" itu diwarnai pembakaran 1.000 lilin disertai orasi oleh masing-masing koordinator mahasiswa, Jum'at (28/10/2022) sekira pukul 20.40 Wita.

Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.I.K., melalui Kasubbag Kerma Bag Ops AKP Rudolfo M De Araujo memimpin langsung anggota mengawal kegiatan yang dilakukan sejumlah mahasiswa yang dipimpin oleh Arjunnafis, dan kawan-kawannya.

"Pengawalan tentunya untuk mengantisipasi gangguan lalulintas pengguna jalan di sekitar lokasi kegiatan, tidak terhambat oleh kegiatan adik-adik mahasiswa," kata Rudolfo dalam keterangannya, Sabtu (29/10) pagi.

Suasana Mimbar bebas mahasiswa Dompu dalam pengawalan aparat Polres Dompu

Terkait mimbar bebas para mahasiswa, Rudolfo menjelaskan inti dari kegiatan tersebut merupakan bentuk ungkapan isi hati, para pemuda dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 1928 silam. 

Tak hanya itu, lanjutnya, mahasiswa yang jumlahnya sekitar lebih kurang 20 orang itu juga meluapkan aspirasi dalam bentuk puisi serta orasi yang ditujukan pada pemerintah, juga penyampaian bunyi ikrar (sumpah pemuda).

"Sebagai bentuk partisipasi aparat, kepolisian dalam hal ini Personil Polres Dompu, menggalang para mahasiswa termasuk pengguna jalan untuk tidak melakukan hal-hal yang mengganggu sitkamtibmas," jelas Rudolfo.

Pasca mimbar bebas para mahasiswa bubar secara tertib, situasi lalulintas dan kamtibmas kembali kondusif.

Pewarta : Iwan Westom

0 Komentar