Road Show dan Talk Show Gubernur NTB di Dompu, Pastikan Sektor Industri Berkembang, Jembatan Gemilang Makmurkan Rakyat


Tidak mungkin suatu negara maupun suatu daerah  mencicipi  kesejahteraan dari pembangunan tanpa adanya industrialisasi. Program Industrialisasi di NTB ini merupakan salah satu program unggulan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai tambah seluruh sektor ekonomi dengan sektor industri sebagai leading sektor nya. 

BidikNews,Dompu - Hal tersebut disampaikan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah,, ketika menjadi narasumber pada kegiatan Road Show dan Talk Show dalam gelaran "Sinergitas Pengembangan SDM Industri dalam mendukung Industri Prioritas di Kabupaten Dompu" yang diselenggarakan di halaman Kantor Bupati Dompu pada Selasa (18/10). 

"Industrialisasi adalah keberanian daerah kita, berani untuk mengolah bahan baku yang ada sehingga nilai tambahnya menjadi lebih tinggi dan hasilnya lebih baik untuk kemakmuran bersama", tutur Bang Zul. 

Perlu diketahui, mata pencaharian masyarakat Kabupaten Dompu di dominasi oleh 3 faktor yakni, bidang peternakan, pertanian, dan perikanan yang memberikan kontribusi PDRB sebesar 80%. 

Pada kesempatan yang sama, Bupati Dompu, H. Kader Jaelani, mengatakan bahwa jika hal tersebut dimanfaatkan dengan tepat, maka peluang bagi pelaku usaha baru sangat luas sehingga dapat menekan angka pengangguran. 

Dijelaskan, disamping pemanfaatan lembaga ekonomi sebagai penentu harga komoditi, juga dapat memberikan peluang kepada petani untuk memperbaiki sistem budidaya dan peningkatan kemampuan pengelola hasil produksi. Sehingga, harapan kedepannya petani bisa memperoleh keuntungan yang layak. 

Saat ini, Pemda Dompu juga terus mengupayakan bimbingan terhadap masyarakat petani agar tidak hanya menjual produknya, tapi juga memunculkan usaha-usaha kecil yang nantinya akan didorong oleh Bank Indonesia sehingga bisa lebih meningkatkan pendapatan masyarakat. 

"Kita tidak perlu membicarakan industrialisasi yang besar, cukup yang kecil tapi dampak luar biasanya bisa menyerap tenaga kerja yang cukup", kata Gubernur. 

Pada kesempatan yang sama, Bupati Dompu H. Kader Jaelani memaparkan berbagai potensi lokal daerah seperti jagung, ikan, kain tenun dan lainnya yang bila dapat dikembangkan dengan baik melalui sentuhan industrilisasi dipastikan akan memberikan nilai tambah yang baik bagi masyarakat. 


"Nilai tambah dari sebuah produk yang semakin baik, pasti bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Bupati.

Menuju Industrialisasi berbahan lokal tersebut, Pemerintah Kabupaten Dompu secara bertahap dengan skala perioritas akan terus berupaya meningkatkan daya saing produk-produk daerah sehinga semakin baik serta memberikan multi efek bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, ungkap Bupati.

Untuk mewujudkan Industrialisasi pengembangan berbagai produk tersebut, kata Bupati  dibutuhkan kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak, terutama dengan Pemerintah Provinsi NTB, Dunia Usaha, Pelaku Usaha, Perbankan dan pihak terkait lainnya. 

"Kami akan terus berupaya untuk membangun kolaborasi dengan semua pihak", tuturnya.

Dari sejumlah paparan yang disampaikan Gubernur NTB serta Bupati Dompu dalam kegiatan Roadshow dan Talkshow yang bertemakan "Sinergitas Pengembangan SDM Industri dalam mendukung Industri Prioritas di Kabupaten Dompu" ini tentu akan menghantarkah rakyat yang sejahtera sekaligus menuju masyarakat dompu yang gemilang.

Sebagai Moderator kegiatan Roadshow dan Talkshow Gubernur NTB dipandu oleh Ketua STKIP Yapis Dompu DR. Dodo Kurniawan, SE., ME Kegiatan tersebut berjalan dengan aman dan lancar dan dilanjutkan dengan mengunjungi stand UMKM yang menampilkan aneka olahan makanan dan produk lainnya yang berbahan lokal. 


Salah satu produknya hadir dalam road show kunjungan kerja Gubernur NTB. Kunjungan kerja yang dibingkai dengan silaturahmi dengan Muspida dan Kades se-Kab. Dompu ini menghadirkan salah salah satu produk olahan dari komoditas unggulan NTB. JUS JAGUNG. Jus jagung dibuat oleh UD DE ARIKA-Monta Baru Kab. Dompu. Jus ini diolah dari biji jagung pilihan yang masih dikemas secara sederhana. 

Selain Jus jagung masih banyak produk-produk local lainnya yang dirancang oleh IKM-IKM di Dompu yang sampai saat ini membutuhkan hadirnya Negara dan pemerintah untuk memberi dukungan agar menghasilkan produk-produk yang lebih berkwalitas sehingga menjadi produk industri olahan yang digandurngi masyarakat lokal Nasional hingga go – internasional. 

Pewarta : Iwan Westom


0 Komentar