FAD, Berperan Bantu Teman Menggapai Impiannya


BidikNews, Dompu
- Dimasing-masing daerah telah terbentuk Forum Anak Daerah (FAD). FAD dalam komposisi kepengurusannya diisi oleh sosok muda dengan kelebihan dalam banyak bidang terutama dalam hal kepemimpinan.

Personil yang tergabung atau yang duduk dalam FAD ini berperan penting menyampaikan inspirasi kawula muda di suatu daerah. Apa yang menjadi kebutuhan dan harapan para tunas muda daerah melalu FAD bisa disuarakan untuk kemudian melalui mekanisme yang tepat diprogramkan di kegiatan pembangunan daerah.

Dikutip dari laman https://dp3a.kaltimprov.go.id Forum Anak merupakan salah satu pelaksanaan peran anak sebagai pelopor dan pelapor serta berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan. 

Dijelaskannya Kunci keberhasilan Forum Anak dalam menjalankan peran dan fungsinya adalah adanya kemauan dan kemampuan anak untuk berperan sebagai pelopor dan pelapor serta berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan.

Dalam laman yang sama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengatakan Forum Anak adalah salah satu bentuk upaya pemerintah dalam melaksanakan pemenuhan hak-hak dasar anak dan pelindungan khusus anak yang diamanatkan dalam Konvensi Hak Anak dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Masih di laman yang sama Menteri P3A R.I, menyebut Forum Anak Nasional adalah mitra pemerintah yang penting dan berharga untuk mewujudkan pembangunan nasional yang inklusif, implementatif, dan berperspektif pada pengalaman hidup anak. 

Di daerah Kabupaten / Kota FAD melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas P3A) sudah dibentuk dan menjadi mitra pemerintah daerah untuk menyuarakan hal-hal yang dibutuhkan oleh para tunas muda daerah untuk diprogramkan dalam berbagai kegiatan pembanguna daerah.

Di perjalanannya keberadaan forum anak sebagai wadah partisipasi anak  memiliki andil besar dalam pembangunan generasi emas bangsa. Partisipasi forum anak melalui kegiatan-kegiatan positif memiliki dampak yang besar dan luas dalam upaya pemenuhan dan melindungi hak-hak anak sehingga mereka diberikan ruang untuk ikut dalam kegiatan musrenbang daerah.

Berikutnya Forum Anak menjadi wadah dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak yang dibentuk secara berjenjang, mulai tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan dengan keanggotaan dari berbagai kelompok anak. 

Forum Anak  dibutuhkan peran dan partisipasinya agar dapat berperan mendukung upaya pemerintah sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak, serta aktif dalam proses pembangunan, termasuk aktif dalam musyawarah perencanaan pembangunan di daerahnya.

Dengan besarnya peran Forum Anak, guna meningkatkan daya gunanya mereka hendaknya dapat diberikan ruang yang baik seperti dalam peningkatkan kapasitas dalam memahami permasalahan anak remaja dengan segala dinamikannya. 

Dengan demikian Forum Anak dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik paling tidak mereka dapat menjadi pelopor bagi tunas muda untuk mengembangkan pribadi yang baik dan positif dan mampu ikut ambil bagian dalam pembangunan.

Bekali Forum Anak Dengan Keterampilan Konseling

Definisi dari Konseling sebagaimana dikutip dari Wren dalam laman https:// dosen.ung.ac.id adalah suatu relasi antara pribadi yang dinamis, antara dua orang yang berusaha untuk memecahkan sebuah masalah dengan mempertimbangkannya secara bersama-sama, sehingga pada akhirnya orang yang lebih muda atau orang yang mempunyai kesulitan yang lebih banyak diantara keduanya dibantu oleh yang lain untuk memecahkan masalahnya berdasarkan penentu diri sendiri.

Sebagai seorang pelopor bagi tunas muda lainnya dalam banyak hal untuk mengembangkan diri secara positif dan sesuai dengan harapan lingkungan Forum Anak perlu dibekali dengan kererampilan konseling sederhana.

Keterampilan konseling tersebut dibutuhkan forum anak untuk dapat memahami berbagai persoalan yang dihadapi anak ditengah kekhawatiran banyak pihak munculnya perilaku negatif dikalangan anak remaja seperti penyalahgunaan narkoba, pemanahan liar oleh oknum anak remaja, pemalakan, tawuran, pergaulan bebas dan banyak lagi yang lainnya, sangat penting untuk diupayakan.

Dengan keterampilan konseling sederhana tersebut Forum Anak dibanyak kesempatan dan ketika berintersksi sosial di tengah masyarakat bisa menjadi model perilaku tagguh, cerdas, kreatif, inovatif, berkarakter bagi para tunas muda disekitarnya untuk menjadi sosok yang hebat, kreatif, inovatif, cerdas, sehat dan berkarakter dan mampu berkontribusi dalam derap pembangunan yang berlangsung.

FAD Bantu Teman Menggapai Impiannya

Setiap manusia pasti memiliki banyak mimpi, harapan dan cita-cita dalam menjalani kehidupannya. Setiap langkah dilakukan dengan sungguh-sungguh dan setiap aktivitas dijadikan motivasi dalam menggapai impiannya. Menjadi yang lebih baik lagi, serta menggenggam kesuksesan di masa depan adalah impian terbesar setiap manusia.

Dalam menggapai impian yang ingin diwujudkan sudah pasti tidak dengan mudah untuk diwujudkan akan banyak tantangan dan hambatan yang harus dihadapi yang kadang bila seseorang tidak memiliki strategi yang mumpuni impian yang ingin diwujudkan dapat gagal untuk diraih, untuk sukses menggapai impian tersebut seseorang tentu membutuhkan bantuan dari orang lain.

Membantu para tunas muda lainnya untuk sukses dalam menggapai impian dan harapan Forum Anak dapat berperan untuk membantu mereka menemukan solusi, cara atau strategi dalam mewujudkan harapan dan impian yang ingin diraihnya sehingga kemudian mampu membangun kehidupan yang berbahagia dan sejahtera.

Demikian, mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua terutama dalam meningkatkan peran semua pihak tidak terkecuali Forum Anak untuk membantu masyarakat khususnya tunas muda tidak hanya dalam menyelesaikan berbagai persoalan hidupnya namun mampu mewujudkan dengan baik apa yang menjadi impiannya.

Penulis Firmansyah, S.Psi., M.MKes, adalah :

  • Konsultan Psikologi pada Lembaga Konsultasi dan Bimbingan Psikologi "Buah Hati".
  • Koordinator Sub Bagian Komunikasi Pimpinan Setda Dompu 
  • Anggota Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Dompu

Pewarta: Iwan Westom






0 Komentar