K3S Kec.Dompu Adakan Pelatihan Bimbingan Teknis Penyusunan Rapor Intrakurikuler dan Rapor Projek


Bidiknews, Dompu, NTB
Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kec. Dompu adakan kegiatan Pelatihan Bimbingan Teknis Penyusunan Rapor Intrakurikuler dan Rapor projek yang diikuti oleh 80 orang guru dari 35 SD se- kec.Dompu yang dilaksanakan di Ruang Kelas SD 16 Dompu pada Sabtu, 26/11/22.

Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) merupakan kegiatan rutin setiap bulan dengan bahasan permasalahan sekolah dan cara penyelesaianya, selain itu juga dilakukan pembahasan mengenai tenaga didik dan peserta didik. Sasaran kegiatan K3S adalah semua Kepala Sekolah Dasar Negeri/Swasta di wilayah Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Dompu.

Peranan K3S terhadap sekolah sendiri adalah untuk menyamakan persepsi, merekomendasikan hal-hal yang telah disepakati dan sebagai penanggungjawab Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam melaksanakan program kerja KKG. Hadir pada kegiatan tersebut Ketua K3S Kec. Dompu Suriansyah, SPd.,MPd, bendahara K3S kec. Dompu, Pembibing dan guru-guru peserta Pelatihan.

Ketua K3S Kec. Dompu Suriansyah, SPd.,MPd memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan salah Satu dari program K3S dan untuk bulan ini ada 3 kegiatan yaitu penyusunan soal ulangan semester dimana kita perembukan bersama satu Kecematan samakan soal dalam upaya menguji kemampuan kita sudah seberapa jauh.

"kemarin sudah dilaksanakan di SDN 1 Dompu yaitu kegiatan Bimbingan Teknis lanjutan penyusunan kurikulum PSB adalah patokan dimana Bapak/ibu membawa sekolah ini"terang Suriansyah,

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Rapor, karena sekarang ada kurikulum baru, kurikulum merdeka yang ini menggunakan 2 cara yaitu Rapor Intrakurikuler dan Rapor projek atau Rapor P5 nya.

"Jadi kemarin kita sudah melaksanakan kegiatan IKM, selama 3 hari, ini tindak lanjut dimana Dalam kegiatan ini melibatkan seluruh guru kelas 1 dan kelas 4 yang ada di kecamatan Dompu dan yang memulai pelaksanaan kegiatan IKM ini adalah kelas 1 dan kelas 4."jelas Suriansyah yang biasa juga disapa guru Yan.

Tadi juga sudah disebutkan bahwa Rapor sendiri ini ada 2, Rapor Intrakurikuler dan Rapor projek, rapor sekarang menggunakan aplikasi, dengan menggunakan aplikasi inilah harapannya kedepan Bapak dan Ibu, mau tidak mau dengan kemajuan IT ini harus bisa menggunakan komputer.

Kegiatan ini juga atas dasar kesepakatan kita menggunakan Dana Swadaya yang bersumber dari dana Bos, kebetulan didana Bos ada Pos untuk peningkatan kompetensi guru dan kepala sekolah dan memang program pemerintah mengaktifkan KKG dan KKS. Untuk pelatihan ini, kita dahului Kecematan Dompu, karena Kecematan Dompu Metro nya Dompu dan untuk Kecermatan lain juga akan melaksanakan kegiatan seperti ini." Ujar Suriansyah yang juga Kepala Sekolah SDN 16 Dompu.

Pewarta : Iwan Westom

0 Komentar