Forum Kasama Weki Desa DoreBara Realisakan Program Keserasian Sosial dari Kemensos


BidikNews,Dompu,NTB
-Program Keserasian Sosial dari Kementrian Sosial ( Kemensos ) di kabupaten Dompu, yang hanya di peruntukan untuk dua desa, Yakni Desa Dorebara kecamatan Dompu dengan Anggaran Sebesar Rp. 150. 000.000 ( seratus lima puluh Juta Rupiah ) dan Desa DoroMelo Kecematan Manggelewa, tahun anggaran 2022.

"Program ini di rintis dan di ajukan sejak bulan 12 tahun 2021 melalui Dinas Sosial Kabupaten Dompu dan Realisasinya pada Bulan 11 tahun 2022."ungkap Ketua Forum kasama Weki Desa Dorebara, Abdul Aziz. S. Pd. M.Pd."

Menurutnya Program ini dari kementerian sosial melalui usulan kami, lalu di rekomendasi oleh Dinas Sosial Kab. Dompu dengan Anggaran sebesar 150 juta, yang di peruntukan untuk Empat Item kegiatan.

"Empat Item kegiatan tersebut antara lain, untuk pembangunan sekretariat sebesar 105 juta, ekonomi produktif 30 juta, dialog tematik dan penguatan kapasitas ekonomi produktif dan untuk operasional forum 10 juta, total keseluruhan Anggaran 150 juta."terang Abdul Aziz.

Jadi Alhamdulillah ke empat kegiatan tersebut sudah di realisasikan dan ada dokumentasinya sebagai bukti pelaksanaan kegiatan itu bahkan di muat beritanya lewat media lokal daerah sesuai perintah kementerian sosial.

"Untuk kegiatan ekonomi produktif 30 juta itu sendiri dibagi sesuai RPU yang dibuat forum, yaitu pembagian induk ayam kampung yang sudah di realisasikan untuk 3 kelompok dan perkelompok 100 ekor khusus Desa Dorobara dan dokumentasinya ada."jelasnya.

Tujuannya untuk meredam terjadinya Covidsial, dan untuk simply nama kelompok yang mendapatkan bantuan itu, salah satunya kelompok di Dusun Dorebara utara dan kelompok itu di panggil dengan dasar pemuda-pemuda yang tidak memiliki pekerjaan dimasa Pandemi Covidsial.

Harapan kedepannya, agar program ini berkelanjutan, supaya tidak ada lagi hal-hal yang timbul dalam dinamika sosial yang terjadi lebih khususnya di Desa Dorobara yang sama-sama kita cintai ini,"ujarnya.

Pewarta: Iwan Westom

0 Komentar