TNI Dihati Rakyat, Motto Suci TNI AD di Hari Juang ke 77

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman (kiri),  Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo, S.Sos., M.M. (kanan), Foto: Repro BidikNews

Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian. Makna yang terkandung pada tema tersebut adalah TNI tumbuh dan berkembang, serta berjuang bersama rakyat sebagai ciri kesejatian TNI yang tidak boleh pudar di tengah tengah arus globalisasi. 

BidikNews, Mataram - NTB  - Kesejatian tersebut harus ditumbuh kembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan rakyat terhadap TNI akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dengan motto suci TNI Dihati Rakyat tentu akan menambah serta mengokohkan semangat para prajurit satgas Maritim TNI untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam menunaikan misi sebagai duta bangsa Indonesia dengan selalu memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI serta Trisila TNI AL.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman bersama seluruh jajaran kodam di Indonesia menggelar doa bersama di Hari Juang TNI AD ke 77 Tahun 2022 ini. Kegiatan doa bersama itu dilaksanakan di Markas Besar Angkatan Darat, Gambir, Jakarta Pusat.

KSAD Dudung dalam sambutannya, mengatakan Hari Juang TNI AD ini merupakan bentuk introspeksi dan evaluasi perjalanan panjang TNI untuk meningkatkan nasionalisme dan patriotisme dalam melaksanakan tugasnya ke depan.

Foto: Repro BidikNews

Jenderal Dudung juga menegaskan, dengan Momentum Hari Juang TNI AD ini juga seekaligus memantapkan komitmen untuk melakukan yang lebih baik di masa depan dalam melestarikan tradisi TNI AD dalam rangka meningkatkan motivasi, semangat, jiwa kejuangan, serta nasionalisme dan patriotisme dalam melaksanakan tugas dan tantangan ke depan.

Dudung mengatakan tema hari juang kali ini ialah 'TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat'. Tema ini, lanjut Dudung, merepresentasikan kesejatian jiwa prajurit TNI AD yang tidak pudar di tengah arus globalisasi.

"Kesejatian tersebut harus ditumbuhkembangkan dan diselaras-serasikan dengan pola pikir kehidupan masyarakat yang semakin modern, sehingga kecintaan akan tetap terbangun sebagai modal pokok, karena bersama rakyat TNI AD kuat dalam menjaga dan melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia," tutur Dudung.

Dudung berpesan agar TNI AD meningkatkan profesionalisme keprajuritan dan motivasi pengabdian untuk menjaga kesatuan negara. Dia juga berpesan soal kepedulian dan empati untuk mengatasi kesulitan masyarakat sekitar.

Ditempat terpisah, Dalam rangka mengenang hari Juang AD ke 77  15 Desember 2022 ini Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo, S.Sos., M.M., memimpin ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Majeluk kota Mataram, Rabu (14/12/2022). 

Ziarah rombongan dalam rangka memperingati Hari Juang Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) ke-77 diawali dengan penghormatan kepada arwah Pahlawan dilanjutkan peletakan karangan bunga dan tabur bunga. 

Pada kesempatan itu Danrem 162/WB mengatakan, ziarah di makam pahlawan ini untuk mengenang jasa-jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah membawa kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. 


“Sudah semestinya kita generasi penerus bangsa bersama-sama memanjatkan doa untuk arwah para pahlawan yang telah berjuang dengan mengorbankan jiwa raga maupun harta benda miliknya demi merebut, mempertahankan, dan menjaga tetap tegaknya NKRI,” tutur Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo. 

Dari lubuk hatinya yang paling dalam Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo, menyampaikan bahwa dirinya beserta seluruh jajaran Koren 162/WB sebagai generasi penerus para pejuang yang telah gugur untu terus mendoakan para pahlawan semoga dimuliakan dan mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT,” ucapnya dalam keharuan.

Jenderal Bintang Satu ini juga akan selalu hadir ditengah masyarakat serta senatiasa setia berjuang bersma rakyat, karena kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat merupakan sentral pertahanan semesta yang melibatkan seluruh potensi bangsa

Pewarta : Tim BidikNews

0 Komentar