Giat Warga Griya Pagutan Indah Mataram, Gotong Royong Bersihkan Lingkungan


Lingkungan yang bersih adalah dambaan semua warga. Dengan bersih, warga dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan aman dan nyaman. Kebersihan memiliki manfaat positif bagi masyarakat yang menjaganya.

BidikNews, Mataram, NTB – Menyikap hal tersebut, maka warga di Lingkungan Griya Pagutan Indah setiap saat bergotong royong untuk melakukan pembersihan wilayahnya. Kegiatan gotong royong semacam ini kerap dilakukan agar lingkungan tetap bersih dan asri sehingga terasa nyaman.

Demikian dijelaskan Erlan Darmadji, ketua RT 12 Lingkungan Griya Pagutan Indah disela-sela gotong royong berlangsung. Kegiatan Gotong royong ini dilaksanakan pada, Minggu,  26 Februari 2023.

Selain itu, kata Erlan, hal terpenting dari kegiatan ini sebagai bentuk kesiapan warga untuk mengantisipasi serangan penyakit seperti DBD, diare, dan tipes serta penyakit lainnya yang tiba-tiba menyerang akibat dari lingkungan yang kotor.”katanya.

Dengan melakukan pencegahan-pencegahan seperti memelihara kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan dan lain sebagianya, kita mampu untuk menghindari penyakit-penyakit tersebut. Lingkungan yang bersih akan membuat kita hidup aman, nyaman, dan tetram.” Ujar Erlan.

Selain melakukan pembersihan tanaman liar, dan membersihkan got-got kata Erlan, warga juga membuat portal di jalan lingkungan untuk meminimalisir gangguan keamanan dan kenyamanan warga dari kencangnya laju pengendara motor yang tak terkendali. 


“Kita melakukan pemasangan portal ini guna memberi rasa aman dan nyaman warga dari hiruk pikuk para pengendara dengan kecepatan tinggi, karena dilingkunagn ini banyak anak-anak bermain. Apalagi ada motor-motor dengan knalpot broong yang setiap waktu menggangu kenyamanan warga yang sedang beristrahat.” Terang Erlan sembari meminta agar warga pengguna jalan serta para pengendara memaklumi adanya pembuatan portal yang oleh warga ini.

Selain itu, dengan cara pembuatan portal ini dapat mengurangi tindakan kejahatan yang sewaktu-waktu dapat terjadi kapan saja di lingkungan kita, sehingga dengan cara seperti ini diharapkan nantinya para pelaku kriminalitas tidak lagi leluasa melakukan aksi jahatnya" tutur Erlan. 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Lingkungan Griya Pagutan Indah Mataram, Indra Gunawan mengatakan, Gotong royong seperti ini sudah menjadi identitas budaya di lingkungan Griya Pagutan Indah Mataram karena banyak manfaatnya, diantaranya kebersamaan, kepedulian, keserasian.” Ujarnya.

“Gotong royong bersih-bersih ini bukan hanya bertujuan untuk membuat lingkungan menjadi lebih cantik dan nyaman, namun di sisi lain kegiatan ini dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan karena adanya kerjasama dari seluruh warga Griya Pagutan Indah Mataram yang sangat heterogen ini,” tuturnya. 

Pewarta: Dae Ompu


0 Komentar