Pantau Lonjakan Harga Sembako, Dinas KP Dompu Lakukan Inspeksi Pasar

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu, Ilham, SP

BidikNews, Dompu, NTB
- Dinas Ketahanan Pangan Dompu melakukan Inspeksi mendadak di pasar bawah Kec. Dompu Kab. Dompu untuk mengetahui langsung harga Pangan, Sembako. Senin, 20/02/23.

Dalam Inspeksi tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dompu beserta seluruh kepala bidang dalam rangka melaksanakan tugas rutin untuk mengetahui harga pasar khususnya beras yang naik melambungkan tinggi (terjun bebas).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu, Ilham, SP dalam keterangannya mengatakan bahwa hari ini, setelah acara di DPRD, saya mengajak semua kepada Bidang (Kabid) untuk melakukan Inspeksi mendadak dipasar bawah Dompu. 

"Tujuan kami ingin mengetahui secara langsung stabilisasi harga pangan khususnya yang kaitan dengan harga beras yang informasinya terjun bebas, dari harga 10 ribu/kg naik menjadi 12-13 ribu/kg." kata Ilham 

Lanjut Ilham, berkaitan dengan harga beras, kami coba mengambil langkah cepat, untuk berkoordinasi dengan bulog bima untuk sikronkan harga Bulog dengan harga pasar.

"Insyaallah sudah ada sinyal dari teman-teman bulog bima untuk segera melakukan pendataan kios-kios yang bisa bermitra dengan bulog dalam hal ini sembilan bahan pokok, salah satunya adalah beras,"jelasnya.

Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini, kami dari dinas ketahanan pangan mewakili pemda dompu, akan coba melakukan operasi pasar, minggu depan kita bisa eksen dipasar berkaitan dengan stabilisasi harga tadi

Jadi untuk harga beras medium sekarang dibulog, harganya sebesar 9450/kg, kita arahkan jual berdasarkan harga eceran tertinggi (het).

"Kalaupun ada unsur di atas harga het yang ditentukan, misalnya harga 10.000/kg, kami mohon agar disampaikan langsung pada ketahanan pangan, kami akan tindak lanjuti."harapnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu, Ilham, SP ketika melakukan inspeksi di pasar bawah Dompu.

Sebenarnya itu tugas dari satgas pangan yang kami usulkan ke Bupati, satgas pangan yang kami usulkan itu, terdiri dari unsur, kepolisian, TNI, dan pihak Pemda sendiri. 

Termasuk teman-teman dari media, baik itu media cetak maupun media online, kami kira sangat membantu sekali kaitan dengan khususnya terkait informasi harga pasar/masyarakat.

Ilham menambahkan semoga SK satgas ini bisa cepat berlaku, karena kami sudah usulkan lebih dari sebulan untuk satgas pangan dan kami berharap semoga bapak bupati cepat menandatangani tim satgas pangan itu

Karena ini kegiatan rutin, bukan karena faktor mendekati bulan suci ramadhan, disamping ada fenomena kaitan dengan kestabilan harga, "tetapi ini kewajiban kami, karena ini merupakan tupoksi kami dipemda kaitan dengan sembilan bahan pokok,"pungkas Kadis.

Selain itu khusus kami di dinas ketahanan pangan, kami punya misi kedepannya, yang pertama kami sudah laksanakan ini, operasi pasar dengan melibatkan teman-teman kios dipasar.

Disamping kami punya Cadangan pangan pemerintah (CPP), dan kami harap kegiatan ini dilaksanakan 3x setahun, selanjutnya kami akan laksanakan sebelum puasa, sebelum lebaran dan pada saat musim kemarau, "ini kaitan dengan pasar murah, nanti kami coba adakan untuk lokusnya 1 Kecematan, 1 kegiatan,"

Ilham bertekad kedepannya akan berupaya maksimal, bagaimana cara bisa memberikan harga sembako dengan harga murah untuk masyarakat dan fungsi kontrol ini, bukan hanya disini tetapi berkelanjutan," ujar Kadis diakhir penyampaiannya.

Pewarta : Iwan.Westom

0 Komentar