Ajang Kreatifitas Peserta Didik, SDN 47 Mataram Tampilkan Kreasi Siswa Bertalenta


BidikNews,Mataram,NTB
- Dalam rangka menggali potensi peserta didik, SDN 47 Mataram, NTB melaksanakan kegiatan Pentas Seni dan Kreativitas anak dari kelas 1 sampai kelas 6. Pelaksanaan Pentas Seni dan kreatifitas tersebut diikuti beberapa kreasi  mulai dari penampilah para hafidz  Qur`an (Zuz yang ke 30)  hingga Ceramah agama dengan judul “Bersyukur”, tari kreasi merah putih, Puisi yang berjudul “Guru” serta pendongeng, maupun kreasi Beladiri karate dan lain-lain. 

Kegiatan Pentas Seni dan Kreativitas siswa yang bertempat di halaman SDN 47 Mataram itu dipandu oleh pembawa acara siswi cantik Almira Tertiana Wibowo dan siswa ganteng Bagas Arya Setya dengan menggunakan bahasa Ingris dan Bahasa Indonesia. 

Acara yang dihadiri orang tua/wali murid, toga, toma serta tokoh pendidikan aparat pemerintah beserta seluruh dewan guru dan TU SDN 47 Mataram NTB itu berlangsung meriah dan sukses.

Dalam sambutannya Kepala SDN 47 Mataram, Zainuddin,S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi anak yang selama ini belum nampak kepermukaan secara keseluruhan. Zainuddin juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia serta guru-guru yang telah melaksanakan kegiatan ini sehingga bisa berjalan dengan lancar dan juga kepada wali kelas serta wali murid yang telah mendukung kegiatan ini.


Dikatakannya, dalam rangka membangkitkan kreativitas dan inovasi siswa dalam seni, yang dipadu dengan kegiatan kemampuan siswa dibidang keagamaan yaitu berupa penampilan para hafidz Al qur’an (zuz 30) yang dipandu oleh Syamil Mauhub, serta ceramah agama yang disampaikan oleh da`i cilik  Muh.Rizki. Mereka-mereka adalah siswa-siswi ASDN 47 Mataram yang memilki talenta untuk terus diasah dan dibina,” ujar Zainuddin.

Kegiatan ini mengambil tema “ Melalui Ajang Kreatifitas Seni Kita Perkuat Pendidikan Karakter Siswa” yang merupakan roh dari undang-undan pendidikan Nasional. Ia juga mengukapkan, pertunjukan pentas seni dan kreatifitas siswa SDN 47 Mataram ini diadakan bukan hanya untuk menghibur, namun semata-mata untuk mengekspresikan kreatifitas siswa siswa-siswi yang ada.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komite Sekolah SDN 47 Mataram, NTB, Drs, H. Zaenal dalam sambutan singkatnya menyampaikan apresisi kepada kepala sekolah dan dewan Guru karena mampu menghasilkan kreasi siswa yang bertalenta sehingga dapat menumbuhkembangkan kreatifitas para generasi bangsa yang berdidedikasi tinggi.

Kegiatan ini juga kata H.Zaenal sebagai ajang untuk mengasah potensi yang terpendam yang dimilki para siswa SDN 47 Mataram sehingga nantinya dapat berkompetisi pada berbagai kegiatan. 

Diharapkannya melalui kegiatan ini menjadikan siswa dan siswi SDN 47 Mataram untuk lebih berani unjuk kemampuan dengan bakat dan kreativitas yg dimiliki, serta dapat menjadi siswa yang memiliki kepercayaan diri dan meningkatkan bakat talenta yg dimiliki untuk berprestasi dalam tingkat yang lebih tinggi. baik di tingkat Nasional maupun Internasional," pesan H.Zaenal.


Sementara itu ditempat yang sama,  Tokoh pendidikan yang juga Ketua Dewan Pengawas Pendidikan Provinsi NTB, H. Lalu Muhammad ismail, S.Pd, M.Pd 
disela-sela acara mengatakan, Salah satu komponen penting dalam kurikulum merdeka (kurma) adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kurikulum merdeka merupakan pengembangan dari kurikulum sebelumnya, yaitu kurikulum 2013.

Melalui P5 ini peserta didik diberikan kesempatan utk mempelajari, menghayati, dan mempraktikkan berbagai nilai luhur yg terkandung dalam Pancasila. Wahana praktik ini diharapkan terus tumbuh dalam diri peserta didik sehinggga ke depan mereka siap menghadapi tatanan kehidupan yg multikultural, majemuk, dan dihiasi dgn kekayaan budaya yg memiliki nilai kearifan lokal.

Terkait dengan hal tersebut, SDN 47, Mataram telah mengambil langkah yg tepat dengan mengadakan "Ajang Kreativitas Seni dalam Memperkuat Karakter Siswa" dgn berbagai kegiatan, baik olahraga, seni, menghafal juz 'amma, dll.

Akhirnya, kami sebagai warga masyarakat di Lingkungan Griya Pagutan Indah Mataram tempat SDN 47 Mataram berada menyampaikan terima kasih kepada Kepala Sekolah Zainuddin, S.Pd. dan seluruh rekan guru SDN 47 Mataram beserta orang tua wali dan komite yang ikut mendukung kegiatan tersebut. 

Pewarta: Dae Ompu

0 Komentar