Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari Kunjungi BIDB NTB, Perkuat Sinergi Majukan Peternakan di NTB


Pembangunan peternakan merupakan rangkaian kegiatan yang berkesinambungan untuk mengembangkan kemampuan masyarakat petani khususnya masyarakat petani peternak agar mampu melaksanakan usaha produktif dibidang peternakan secara mandiri.

BidikNews,Matatam,NTB - Kaitan dengan itu, dalam rangka Membangun sinergi dan sebagai upaya memperkuat koordinasi antara Pusat dan Daerah, Kamis 9 Maret 2023, Balai Inseminasi Buatan (BIB) Daerah NTB mendapat kunjungan dari Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Malang.

Demikian disampaikan Kepala Balai Inseminasi Buatan (BIB) dDaerah NTB, Muhammad Nur ketika menerima kunjungan Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari Malang tersebut.

Kunjungan ini kata Muhammad Nur, disamping sebagai bentuk pendampingan dari BBIB Singosari kepada BIBD NTB sebagai sesama produsen semen beku juga dihajatkan sebagai wadah dalam menjalin silaturahmi dalam tugas dan tanggung jawab yang sama.” ujarnya. 

Muhammad Nur, menjelaskan, dalam kunjungan itu BBIB Singosari dipimpin oleh Kepala Bagian Tata Usaha dan diterima secara langsung oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. NTB Drh. Khairul Akbar , M.Si..

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov. NTB Drh. Khairul Akbar , M.Si. dihadapan 63 tamu BBIB Singosari Malang tersebut mengatakan, tanggung jawab besar Pemerintah Prov. NTB dalam pembangunan peternakan dilakukan melalui peningkatan populasi ternak khususnya Sapi dan Kerbau.”paparnya. 

Drh. Khairul Akbar , M.Si, juga mengakui bahwa upaya tersebut tidak terlepas dari peran strategis BBIB Singosari yg selama ini menyiapkan Semen Beku dalam mendukung Program Sikomandan di NTB, disamping ketersediaan Semen Beku produksi BIBD NTB." Katanya.

Berpose bersama, Peserta BBIB Singosari Malang berposes bersama Kadisnakkeswan NTB, Drh. Khairul Akbar , M.Si dan Kepala BIBD NTB, Muhammad Nur

Kunjungan BBIB Singosari Malang ini kata Drh. Khairul Akbar , M.Si diharapkan dapat menjadi pijakan awal bagi para stakeholder untuk merumuskan dan merekomendasikan masukan, serta untuk mengambil langkah konkrit dalam memajukan pembangunan peternakan dan kesehatan hewan di NTB khusnya.

Semoga sinergitas, koordinasi dan kolaborasi tetap terbangun sebagai wujud untuk saling memperkuat  posisi masing masing dalam mewujudkan pembangunan peternakan yang Maju, Mandiri Dan Modern,” tutup Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB itu.

BBIB Singosari memiliki motto “Setetes Mani Sejuta Harapan”

Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) Singosari merupakan Unit Pelaksana teknis (UPT). Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. 

Dengan pengalaman lebih dari dua puluh delapan tahun BBIB Singosari telah memproduksi semen beku dari bangsa sapi (Limousin, Simental, Aberdeen Angus, Brangus, Brahman, Ongole, Madura, Bali, Friesien Holstein dan Wagyu) dan bangsa kambing (Peranakan Ettawa, Boer, Saanen dan Senduro). 

BBIB Singosari memiliki motto “Setetes Mani Sejuta Harapan”.  Dengan motto tersebut BBIB Singosari senantiasa memproduksi semen beku berkualitas sesuai dengan SNI 01-4869,1-2008, dengan menggunakan bahan pengencer yang berkualitas dan mesin – mesin modern. 

Sebagai jaminan terhadap kualitas semen beku produksi BBIB Singosari, Laboratorium Uji Mutu Semen BBIB Singosari telah terakreditasi yang ke dua kali pada tanggal 19 Pebruari 2010, menerapkan dan memelihara Sistem Mutu sesuai ISO/IEC 17025:2005. 

BBIB Singosari memiliki komitmen yang kuat untuk memajukan dunia peternakan di Indonesia. Hal ini diwujudkan dalam bentuk Program Progeny Testing / Uji Zuriat yang telah dilaksanakan bekerjasama dengan pemerintah Jepang dalam proyek ATA – 233 (The Strengthening of Singosari AI Centre). 

Program ini telah menghasilkan FH Elite Indonesia yang memiliki mutu genetic yang tinggi dan mampu beradaptasi dengan baik terhadap iklim tropis.

Pewarta: Dae Ompu


0 Komentar