HUT Kelurahan Potu Ke 89, AKJ-SYAH Ikut Lomba Tapa Gala dan Tarik Tambang


BidikNews Dompu NTB
- Bupati Dompu dan Wakil Bupati Dompu ( AKJ-SYAH ), didampingi Camat Dompu Menghadiri Momentum Hut Kelurahan Potu ke - 89, yang berlangsung diperempatan Gapura Kel. Potu, Kec. Dompu Kabupaten Dompu, Minggu, 05/03/23.

Pada momentum Hut Kelurahan Potu ke- 89 tersebut, dilaksanakan berbagai jenis kegiatan diantaranya, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, UMKM, dan diwarnai sejumlah perlombaan Tradisional, antara lain, lari karung, tarik tambang, dan lainnya.

Turut Hadir pada momentum Hut tersebut antara lain, Lurah Potu, Ketua Panitia Ketua PKK Lilis Suryani, Ketua GOW Hj. St. Faridah Syahrul Parsan, Ketua Panitia Hut Potu 89 Miftahul Suadah, ST, Camat Dompu Ardiansyah SE, Lurah Potu Agus Sofyan, Tokoh Pemuda Potu Munawir SH, MKn besrta masyarakat Kelurahan Potu yang ikut memeriahkan momentum Hut Potu ke- 89 tersebut.

Pada Momentum tersebut Bupati Dompu H. Kader Jaelani menyampaikan Alhamdulillah, tadi kita sudah melaksanakan berbagai perlombaan dalam rangka memeriahkan momentum Hut Kelurahan Potu ke-89.

"Tapa gala dan tarik tambang ini merupakan budaya tradisional daerah kita, mungkin daerah manapun juga melakukan hal yang sama,"kata Bupati Dompu.

Disamping itu, ini adalah momentum ajang silaturahmi kita masyarakat Potu yang diinisiasi oleh ibu kabag Administrasi Pembangunan Kab. Dompu selaku ketua panitia, serta masyarakat Kelurahan Potu.

"Maka kami mengucapkan selamat Hut Kelurahan Potu yang ke-89, semoga kelurahan Potu, semakin jaya kedepannya."ucapnya.


Diakhir H. Kader Jaelani berharap pada kelurahan/Desa lainnya agar bisa melaksanakan acara seperti ini juga, "terutama 4 pilar kelurahan yang sejak awal ada di daerah kita kabupaten Dompu yaitu Kel. Potu, Bada, karijawa dan Kel Balisatu." harapnya.

Dikesempatan yang sama Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST,.MT, secara pribadi dan mewakili pemerintah Daerah kabupaten Dompu sangat mengapresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Lurah Potu dan Panitia pelaksana Hut Potu ke-89 ini.

Dimana Hut Potu ini, tentunya merajut dan  memupuk kebersamaan, "kenapa saya bilang merajut, jadi kita menyatukan kembali warga-warga potu, mungkin yang sudah pindah ke kelurahan/Desa lain, sehingga kita bisa berkumpul dan bersilaturahmi." ungkap wakil Bupati Dompu.

Kemudian ada tradisi yang lama, kita kembalikan lagi, "kegiatan ini ini diawali oleh kelurahan Potu dan kelurahan/Desa yang lain akan mengikuti kegiatan semacam ini, bisa juga menggunakan Anggaran Desa/Kelurahan untuk mendapatkan Hut seperti ini."jelasnya.

"Karena dengan kebersamaan ada hal-hal yang tadinya, mungkin tidak kita ketahui, menjadi kita ketahui, ada saudara kita yang tadinya tidak kenal sekarang menjadi kenal, ini momen yang sangat Pas untuk bersilaturahmi." terang H. Syahrul Parsan.

Tetapi bukan berarti kami selama ini tidak pernah turun, namun ini kesempatan kita dapat mendekatkan diri pada semua warga, sehingga pengalaman-pengalaman mungkin bisa kita dapatkan disini.

Selanjutnya untuk kemajuan Dompu berikutnya sesuai dengan "misi AKJ-SYAH agar bisa mewujudkan Dompu yang Mashur yaitu mandiri, sejahtera, unggul dan religius."pungkasnya 

Dalam pelaksanaan ini ada unsur sehatnya, unsur religius dan ada lomba-lomba ayat pendek, termasuk lomba azhan, lalu lomba kebersihan lingkungan," ujar H Syahrul Parsan.

"Karena ini akan menunjang STBM, karena kemarin, kita baru tiga pilar masih dua pilar lagi, mungkin dengan adanya kegiatan ini bisa mencapai lima pilar."ucapnya.


Disela waktu Ketua Panitia Hut Potu ke-89, Miftahul Suadah, ST menyampaikan ini adalah Hut Kel. Potu yang ke - 89 dan memang perayaan ini, kita buat tidak seperti biasanya, karena kita ingin, pada setiap rundown kegiatan.

Kita upayakan Bupati dan Wakil Bupati, bisa tetap mengikuti kegiatan yang kita laksanakan. karena memang Bupati dan wakil Bupati Dompu tanah leluhurnya adalah dukelurahan Potu, "ake ke, ka sakaka kasama dana ra rasa" kata ketua panitia Hut. dengan bahasa logat daerah.

Sehingga silaturahmi ini, terutama yang disampaikan Bapak Bupati dan Wakil Bupati, silaturahmi itu yang harus ditingkatkan oleh para pemimpin dengan masyarakatnya.

Bahkan yang eksodus yang sudah tidak bertempat tinggal di potu lagi, seperti kami ini, datang kembali lagi, mengingat memori lama dan tidak melupakan tanah kelahirannya.

Kemudian kegiatan ini," kita integrasikan dengan Visi-Misi Dompu Mashur, dengan tema 'Sabtu Pagi Bersih Lingkungan Anda (Sapa Berlian)." ucap Acha Suad sapaan akrabnya.

Disamping itu juga ada kegiatan Periksa Kesehatan Gratis, senam bersama untuk menjaga fisik kita tetap selalu bugar dan hidup sehat.

Selain itu dalam rundown ini juga, kita melaksanakan kegiatan religius, yaitu Lomba adzan dan membaca ayat-ayat pendek untuk anak-anak kita usia 6-12 tahun.

Miftahul Suadah menambahkan kembali ke Sapa Berlian tadi, kita melaksanakan lomba kegiatan kebersihan lingkungan pesertanya perwakilan di setiap RT.

Di acara puncak nanti kita rencanakan adakan Lomba Ua Pua kabou mantoi, kegiatan panjang pinang ini bukan hanya dilaksanakan di 17 Agustus saja.

Tetapi "dimomen Hut Potu pun diadakan lomba Ua Pua. Insyaallah dilaksanakan hari Minggu, 12/03/23, karna Hut Potu itu adalah tanggal 12 maret, " terang Ibu Kabag Administrasi Pembangunan Kab Dompu.

Jadi puncak acaranya tanggal 12 maret Sedangkan Loucingnya kemarin hari Jum'at, 02/03/23, untuk rangkaian kegiatan mulai tanggal 02 sampai 12 maret 2023.

Miftahul Suadah berharap kedepannya, untuk tahun-tahun berikutnya kita tetap melaksanakan memperingati Hut Kelurahan Potu dengan kegiatan yang lebih baik lagi, "kegiatan ini, sejak 10 tahun baru dilaksanakan lagi dan tahun depan kita lebih mempersiapkan lagi dan bisa sukses lagi, "ujar Acha suad.

Mudah-mudahan dengan adanya keterlibatan unsur masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada dikelurahan Potu, apa yang kita inginkan bisa tercapai."ucap wanita karir ini.


Sementara Lurah Potu, Agus Sofyan, S. Sos Menyampaikan ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada Bupati dan Wakil Bupati Dompu yang sudah berpartisipasi memerintahkan momentum Hut Potu ke-89 ini. Khususnya ketua panitia sehingga kegiatan ini terlaksana dengan lancar.

Kemudian berkaitan dengan "hari jadinya keluarahan Potu ini, sejak tahun 1955, sudah masuk yang ke 89 tahun sejak dipimpin H M Yakub MT, kegiatan semacam ini baru dua kali dengan ini kegiatannya. pertama kali dilaksanakan pada tahun 2013, "kata Lurah Potu 

"Momen Hut Potu ini intinya, silaturahmi, dimana Pemimpin kita, Bupati dan Wakil Bupati adalah orang potu Asli, ini momen yang sangat tepat, memperat/memperluas hubungan masyarakat Potu yang lebih banyak dengan pemimpinya."pungkasnya.

Maka sekarang ini, lewat momentum ini, Bupati dan Wakil Bupati Dompu atau pemimpin kita, lebih bisa mendekatkan diri lagi dengan masyarakat kelurahan Potu pada umumnya. "agar Bupati dan Wakil Bupati Dompu bisa menyapa warga Kelurahan Potu semuanya." ujar Agus Sofyan.

Pada pelaksanaan kegiatan Hut Kelurahan Potu tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Dompu beserta Ketua PKK Dompu dan Ketua GOW Dompu, Camat Dompu ikut memeriahkan lomba lari karung, tarik tambang dan kegiatan ini berlangsung meriah dan berjalan lancar.

Pewarta : Iwan.Westom.

0 Komentar