Ratusan Pegawai Pajak Miliki Saham di 280 Perusahan Atas Nama Istri

Foto : Repro BidikNews

BidikNews,Jakarta
- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan fakta luar biasa di balik temuan 134 pegawai pajak yang memiliki saham di 280 perusahaan tertutup. Ternyata, banyak dari saham pegawai pajak tersebut disimpan atas nama istri.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan  mengungkapkan bahwa ada kemungkinan 134 pegawai pajak tersebut tidak salah semuanya. Kendati demikian, dia meminta pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menindaklanjuti hal ini.

"Kenapa mereka punya perusahaan ini kan umumnya atas nama istrinya kenapa mereka punya perusahaan, perusahaan apa itu, ada kaitannya tidak dengan jabatan mereka," ungkap Pahala, Jumat (10/3/2023).

Adapun, Pahala mengaku KPK khawatir jika ada pegawai pajak yang punya saham di konsultan pajak, karena hal ini termasuk konflik kepentingan.

"Ini risikonya gede kan dibandingkan perusahaan catering. Kalau catering istrinya hobi misalnya, ya kalau urusan pajak tolong dalemin. Siapa saja kliennya ada urusan tidak dengan urusan jabatan suaminya!" tegas Pahala .

Menurut Pahala, yang dirilis CNBC Indonesia  (10 March 2023 ) pihaknya tidak akan sepusing ini jika perusahaannya bersifat terbuka atau tercatat di bursa. KPK hanya perlu meminta keterangan dari bursa, namun bentuk perusahaan ini adalah tertutup sehingga perlu tindak lanjut pendalaman.

Dia berjanji KPK akan terus mendalami hal ini dan dia yakin Kemenkeu akan berkoordinasi setelah surat pelaporan 134 pegawai pajak tersebut diproses.

Pahala mengungapkan bahwa umumnya saham tersebut dimiliki atas nama istri. Menurutnya, hal ini harus disoroti, mengapa mereka punya perusahaan, apa perusahaan itu dan kaitannya dengan jabatan mereka.

"Kalau ada kaitannya kan konflik kepentingan, di situ itu yang akan kita sampaikan," tambahnya. Dia yakin sesudah surat ini disampaikan, KPK dan Kemenkeu akan berkoordinasi dalam hal tukar menukar informasi.

Dia berjanji KPK akan menindaklanjuti perihal laporan 134 pegawai pajak tersebut minggu ini. Adapun, KPK sudah berkomunikasi kepada Kemenkeu sebelum menyerahkan surat tersebut.  

Namun, Pahala enggan memberikan lebih lanjut informasi mengenai nama perusahaan atau bidang perusahaan tertutup tersebut mengingat jumlahnya yang sangat banyak.

KPK Desak Menkeu Tangani 134 PNS Pajak yang Punya Saham Atas Nama Istri

Guna memastikan terkait temuan 134 pegawai pajak yang memiliki saham di 280 perusahaan tertutup mengatasnamakan Istri tersebut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyampaikan surat kepada Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan 

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan kepada wartawan, Jumat (10/3/2023) mengaku bahwa surat sudah dikirimkan kepada Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenkeu. 

"Tetapi dalam surat tersebut disebutkan tolong ditindaklanjuti, kenapa mereka punya perusahaan," tegas Pahala Nainggolan.

Pewarta: Tim BidikNews


0 Komentar