Ada Tiga Golongan Manusia Menyambut Bulan Ramadhan, Siapa saja..?


BidikNews,Mataram,NTB 
- Hal tersebut disampaikan Ustadz Drs. H. Muhammad Nasikhin, M.Ag, Imam Masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah (GPI) Mataram, ketika memberikan tauziah subuh dihari ke 27 Ramadhan 1444 H di hadapan para jamaah,18 April 2023.

Dalam ceramahnya, Imam Masjid Al Achwan itu menyampaikan bahwa terdapat tiga golongan manusia pada umumnya dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan.

Yang pertama adalah bersemangat diawal awal bulan Ramadhan. 

Semangat beribadah di awal-awal Ramadhan lalu kendor di pertengahan hingga akhir, sudah menjadi cerita lama yang terulang. Hal itu biasanya ditandai dengan barisan (shaf) salat di Masjid yang mengalami 'kemajuan' (sedikit)

Mulai dipertengahan Ramadhan golongan ini malah sibuk mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan untuk hari rara, mereka sibuk berbelanja pakaian-pakaian baru. Dan kebutuhan lain. Berbelanja tidak dilarang,” kata Ustadz Nasikhin tetapi esensi utama dari bulan Ramadhan tidak harus diabaikan. 

Ustadz Muhammad Nasikhin mengatakan, kenapa awalnya orang semangat beribadah di Bulan Ramadhan, dan pada akhirnya tidak. Karena mereka tidak memahami esensi Ramadhan

Ramadhan, adalah bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini Allah mendatangi kita, menebarkan rahmat-Nya, menghapuskan dosa, dan mengabulkan doa. Bulan yang seharusnya sebagai pendulang pahala, bulan yang seharusnya menjadi pencuci dosa dan jiwa yang kelam, tidak harus disia siakan,”ujar Ustadz Muhammad Nasikhin.

Yang kedua adalah golongan yang biasa-biasa saja. 

Golongan ini Tidak tahu dengan keberadaan Ramadhan, tidak tahu bahwa Ramadhan sebentar lagi datang, tidak mau peduli mempersiapkan kesibukan di bulan Ramadhan. 

Mereka tidak benci, tidak pula senang dengan adanya bulan ini, mereka menjadikan Ramadhan layaknya sebelas bulan lainnya, datang dan pergi begitu saja, maka merugilah golongan ini karena mereka melupakan keagungan bulan ini, mereka lupa dengan maghfirah yang begitu luas di dalamnya, maka bagaimana mungkin keagungan itu mau mengingat dan menghampiri mereka sementara mereka melupakannya.

Golongan yang Selalu Rindu dengan Bulan Ramadhan

Golongan ini adalah adalah golongan orang-orang yang begitu rindu dengan bulan Ramadhan, dua bahkan tiga bulan sebelumnya mereka sudah terngiang-ngiang dengan kedatangan bulan ini. Sibuk, semakin sibuk di hari-hari menjelang bulan Ramadhan, sibuk mempersiapkan segala hal agar mereka siap lahir dan bathin di kala Ramadhan tiba. 

"Mereka menyiapkan mushaf untuk mereka khatamkan, mereka siapkan fisik dan kesehatan mereka untuk menghadap rabbnya di hari-hari bulan agung ini, Siapkah fisik untuk sholat Taraweh Karena satu-satunya bulan yang memiliki sunah Taraweh hanya bulan Rramadhan."kata Ustadz, Nasikhin 

Begitu gembira nya mereka dibulan ramadhan. Itulah yang menggambarkan suasana hati mereka yang dipenuhi iman dan kerinduan akan ampunan. 

Target-target besarpun telah mereka susun untuk menjadi insan Ramadhan sejati, tak ada kesedihan bagi mereka melainkan kesedihan atas dosa-dosa dan kesedihan akan ditinggal pergi Ramadhan. 

Mereka faham betul akan tidak adanya bulan lain yang melebihi keagungan bulan ini. Inilah golongan yang dirindukan Ramadhan dan dirindukan syurga.

Adakah kita diantara tiga golongan tersebut? Masih kah hati ini rindu akan RahmatNya? Masihkah hati ini begitu gembira dengan kedatangan bulan Ramadhan? Marhaban.. marhaban.. yaa Ramadhan..,Semoga

Pewarta: Dae Ompu

0 Komentar