DR. KH. M. Zaidi Abdad, MA Sampaikan Uraian Hikmah Nuzulul Qur`an dengan Tema “Mencapai Kemuliaan Bersama Al Qur`an” di Masjid Al Achwan GPI


Bulan Ramadhan memiliki keistimewaan dan berjuta nikmat. Hal ini tentunya dikarenakan kitab suci Al-Quran diturunkan pada malam “lailatul qadar” yang penuh rahmat. Kitab suci Al-Quran adalah kitab suci yang memiliki kemuliaan yang berisi tentang petunjuk kehidupan, pengarah langkah, pijakan setiap amal, tolok ukur, serta barometer dalam segala hal. Petujuk Al-Quran digaransi “terjamin” kesempurnaannya dan terjaga kemurniannya. 

Demikian intisari hikmah dari tema “Mencapai Kemuliaan Bersama Al Qur`an” pada peringatan Nuzulul Qur`an yang disampaikan DR.KH.M. Zaidi Abdad, MA pada Sabtu 18 Ramadhan 1444 H / 17 April 2023 M di Masjid Al Achwan Griya Pagutan Indah Mataram Nusa Tenggara Barat.

Peringatan Nuzulul Qur'an, yang dilaksanakan Panitia Ramadhan tersebut diawali sambutan Ketua Takmir masjid Al Achwan DR. H. Masimun Zubair, M.Pd.

Dalam sambutannya, DR. H.Maimun Zubair menguraikan bahwa peringatan Nuzulul Qur`an setiap tahun yang dilaksanakan sebagai bentuk penegasan kita bahwa kita ini adalah yang diwariskan Al Qur`an oleh Allah SWT kepada hamba-hamba yang terpilih. Mudah-mudahan kita semua yang berada dimajelis ini adalah orang-orang yang terpilih untuk mewarisi al Qur`an sebagai pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari, baik kegiatan Ibadah kepada Allah maupun kegiatan sosial kemasyarakatan lainnya.” Tutur H. Maimun Zubair.

Selain itu, H.Maimun Zubair juga menyampaikan terimakasih atas kesempatan DR.KH. M.Zaidi Abdad, MA untuk memberikan ceramah peringatan Nuzulul Qur`an di masjid Al Achwan Lingkungan Griya Pagutan Indah Mataram, NTB.

DR. KH. M. Zaidi Abdad, MA, ketika memberikan uraian hikmah Nuzulul Quran di masjid Al Achwan GPI Mataram

Pada kesempatan itu, DR. KH. M. Zaidi Abdad, MA dalam uraian hikmah Nuzulul Qur`an menyampaikan bahwa Al Qur`an diturunkan oleh Allah mengandung maksud dan tujuan yakni sebagai pedoman hidup manusia dalam menata kehidupan, karena Al Qur`an mengandung banyak pokok ajaran sehingga seluruh hidup dan kehidupan ini menjadi teratur. 

Hikmah penting yang dipetik dari uraian KH. M. Zaidi  Abdad antara lain, bahwa Al Quran adalah kitab suci yang diwahyukan Allah SWT kepada Nabi Muhammad Saw sebagai rahmat dan petunjuk bagi manusia yang beriman dan bertakwa dalam hidup dan kehidupannya. 

Hal ini dapat terlihat bagi siapa saja (manusia) yang mengikuti petunjuk Al Quran akan mendapatkan kemuliaan, kejayaan, keselamatan, dan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. 

Hikmah lain dari uraian Peringatan Nuzulul Qu`an yang disampaikan KH.M.Zaidi Abdad bahwa Al Quran adalah pengajaran bagi manusia. Karena itu manusia dapat mengetahui jalan yang hak dan batil, antara yang benar dan yang sesat dan lainnya. 

Al Qur`an juga mengajarkan bagaimana seorang anak berbakti kepada orang tua. Sebagai salah satu orang yang dapat membuat seseorang masuk ke surga, adalah berbakti kepada orang tua. Orang tua rela melakukan yang terbaik bagi anak-anaknya.

Sehingga berbakti pada keduanya adalah balasan yang harus dilakukan anak demi membahagiakannya. Allah SWT juga dengan tegas melarang untuk membentak orang tua, meskipun dengan perkataan yang ringan. 

Selain itu Hikmah Peringatan Nuzulul Qur`an yang disampaikan DR.KH M.Zaidi Abdad menyebutkan bahwa Al-Qur’an bertujuan untuk membimbing manusia di dalamnya termasuk kepada generasi muda, untuk selalu berada dijalan-Nya, dan tidak terjebak dalam kesesatan. 

DR. KH. M. Zaidi Abdad, MA, ketika memberikan uraian hikmah Nuzulul Quran di masjid Al Achwan GPI Mataram

Karena generasi muda adalah kekuatan sekaligus kebanggaan umat Islam. Solusi untuk menyelamatkan generasi muda Islam saat ini setidaknya ada pengaruh Al-Quran yang membekas kepada generasi muda Islam setelah mempelajarinya.

Dikahir uraiannyahikmah Nuzulul Qur`an tersebut, KH. M. Zaidi Abdad mengajak seluruh jamaah masjidAl Achwan Griya Pagutan Indah Mataram untuk sentantiasa mencntai al Qur`an dengan terus membacanya, dalam setia denyut nadi kehidupan, semoga Allah SWTselalu meberikan hidayah dan memberikan pengampunan pada kita semua.

Turut hadir dalam peringatan Nuzulul Qur`an tersebut antara lain, Prof.DR.H. Ahmad AmirAziz, M. Ag, Prof. DR. H. Kadri serta tokoh agama, tokoh masyarakat serta ratusan jamaah muslim dan Muslimah Lingkungan Griya pagutan Indah Mataram.

Pewarta: Dae Ompu 


0 Komentar