Kampung KB Teluk Saleh Desa Soro Terbaik 1 Lomba Kampung KB Tingkat Provinsi NTB


Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Teluk Saleh Desa Soro Kec. Kempo Kab. Dompu keluar sebagai Pemenang Terbaik 1 (satu) dengan perolehan nilai 98,08 pada Lomba Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2023.

BidikNews,Dompu,NTB - Pemenang Kampung KB Terbaik tersebut berdasarkan hasil Verifikasi 7 orang Tim Penilai Pemilihan Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada tanggal 31 maret 2023 lalu, dan hasilnya ditetapkan oleh Tim Penilai pada tanggal 17 April April 2023.

Hal itu dipertegas Kepala Dinas PPKB Kabupaten Dompu, Hj. Iris Juwita Kastanti SKM,. M. Kes pada Media Bidiknews melalui Via telepon seluler, sore tadi Minggu 23/04/23.

Kepala Dinas PPKB Kabupaten Dompu, Hj. Iris Juwita Kastanti SKM,. M. Kes, menyampaikan bahwa berdasarkan surat masuk dari BKKBN Provinsi NTB, Nomor : 226/KK.01/J/2023 tanggal 17 April 2023.

"Alhamdulillah, Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Teluk Saleh Desa Soro Kec. Kempo Kab. Dompu keluar sebagai Pemenang Terbaik 1 (satu) dengan memperoleh nilai 98,08, Kado terindah Masyarakat Dompu lebih khususnya Masyarakat Desa Soro, dimomentum hari raya Idul Fitri ini" Kata Kadis PPKB Dompu.

Disusul Pemenang terbaik ke 2 (Dua) diraih kampung KB Sinar mulia Desa Embung kandong Kec. Terara Kab. Lombok Timur dengan perolehan nilai 96,25 sedangkan Terbaik 3 (tiga) dengan perolehan nilai 90 Kampung KB Generasi Berkarya Desa Bilabante Kec. Pringgarata Kab. Lombok Tengah.

Dikatakannya, ini adalah hasil dari kerja keras masyarakat Desa Soro, Karena Masyarakat Desa Soro Mau dan mampu merubah diri dimana angka stunting di Desa Soro khususnya itu," Alhamdulillah Penurunannya dratis mulai dari tahun 2018 sampai tahun sekarang penurunan luar biasa,"ucap Umi Iris biasa disapa.

Mudah-mudahan Desa-desa yang lain bisa mengikuti apa yang sudah dihasilkan oleh Desa Soro ini dan semoga kedepannya Kami bisa membawa desa/kelurahan lainnya, bisa seperti Desa Soro ini

Jadi apa yang diraih ini, sesuai dengan harapan bapak Presiden melalui impres Nomor 3, diharapkan semua Desa/kelurahan untuk tahun 2024, bisa 100 porsen menjadi keluarga berkualitas dengan tujuan akhir Percepatan Penurunan Stunting.

Kemudian kedepannya angka stunting dikabupaten Dompu diharapkan bisa menurun. "sesuai dengan amanat presiden, melalui Pepres nomor 72 tahun 2021, Percepatan Penurunan Stunting pada tahun 2024 nanti, diharapkan bisa mencapai pada angka 14 porsen sesuai dengan target, karena di Indonesia ini, masih darurat stunting, "ungkap Umi Iris. 

Dikesempatan yang berbahagia ini, tidak lupa juga Hj. Iris Juwita Kastanti, menyampaikan ucapan Terimakasih yang sebesar-besarnya, kepada semua pihak, terutama masyarakat Desa Soro, kepala Desa Soro dan Camat Kempo yang sudah berkontribusi penuh, berperan peran aktif dalam lomba ini. terutama OPD yang erat hubungannya dengan stunting dan khususnya teman-teman dari dinas kami (Teamworknya) kerjasama yang sangat luar biasa.

"Lebih Spesialnya Kami ucapkan terimakasih yang tak terhingga Kepada Bupati Dompu H. Kader Jaelani beserta Istri Lilis Suryani dan Wakil Bupati Dompu selaku Ketua PPS serta Sekda Dompu yang sudah luar biasa berpartisipasi terutama dalam hal penegasan terhadap  OPD-OPD terkait."ucap Umi Iris.

Diakhir Hj. Iris Juwita Kastanti, berharap Kontribusi dari semua pihak untuk terlibat dalam upaya Percepatan Penurunan stunting yang ada di kabupaten Dompu ini, terutama keperdulian masyarakat itu sendiri, agar kedepannya angka stunting semakin menurun dan mencapai target yang diharapkan bersama.

Kedepannya kami juga berharap agar di Desa-desa itu, terbentuknya wadah Rumah Data ku, sebagai wadah untuk menyimpan data-data dan menyajikan data-data yang dikontribusikan oleh semua pihak, jadi semua data-data dari OPD dan lainnya harus ada di rumah data ku di Desa/Kelurahan kampung Keluarga Berkualitas itu nantinya," ujar wanita karir yang murah senyum ini.

Pewarta: Iwan Westom

0 Komentar